search-button

Oct 5, 2021

11 Cara Mencari Sinyal 4G LTE di HP Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android, dapat digunakan sebagai cara mengaktifkan 4G LTE telkomsel dan di provider lainnya. Cara mencari sinyal 4G dapat sedikit berbeda tergantung versi Android dan pabrikan ponsel yang kamu gunakan, tapi seperti yang disebutkan, perbedaannya hanya sedikit. Selebihnya, cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android itu hampir sama.


Jadi intinya, apa pun HP Android yang kamu gunakan saat ini, kamu bisa menggunakan cara – cara yang kami cantumkan di sini untuk mencari sinyal 4G LTE. Ada 5 cara yang paling kami sarankan, karena tingkat kebrhasilannya sangat tinggi. Kamu bisa mencoba satu per satu cara di sini, atau langsung saja ke cara yang paling sesuai dengan kondisi. Di artikel cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android ini, kamu juga akan tahu penyebab kenapa 4G tidak muncul.

Cara Mencari Sinyal 4G LTE di HP Android

Cara Mengubah Jaringan H+ Ke 4G


1. Pengaturan


Cara Mencari Sinyal 4G LTE di HP Android


Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android yang pertama adalah lewat pengaturan, ini adalah cara mengubah 3G ke 4G Samsung dan ponsel dari brand lainnya. Pertama, geser ke atas pada layar beranda dan klik ikon Pengaturan, lalu klik pilihan Jaringan & Internet. Kamu kemudian harus mengklik menu Jaringan Seluler, lalu klik opsi Lanjutan. Terakhir, klik opsi LTE untuk akses 4G di HP Android kamu.


2. Mode Pesawat

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android yang selanjutnya adalah dengan mode pesawat, cara ini bisa dilakukan jika sebelumnya kamu sudah mengaktifkan mode 4G. Jika belum dan tidak tahu caranya, silakan cari tahu cara setting 3G ke 4G. Setelah itu, buka Pengaturan > Nirkabel & jaringan > Mode pesawat lalu nyalakan setidaknya selama beberapa detik, lalu nonaktifkan. Kemudian, aktifkan kembali jaringan internet dan lihat apakah sudah 4G atau belum.


3. Periksa Data Seluler

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya adalah dengan memeriksa apakah jaringan internet di HP kamu benar –benar sudah aktif atau belum, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara menguatkan sinyal 4G Telkomsel dan provider lainnya. Jika biasanya kamu mengaktifkan jaringan data lewat tombol cepat di Notifikasi, coba kali ini aktifkan lewat pengaturan di HP kamu.


4. Mulai Ulang Perangkat

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya adalah dengan memulai ulang perangkat kamu, kamu bisa menggunakan cara ini jika kamu sudah mengatur jaringan 4G only sebelumnya. Jika belum diaktifkan atau tidak tahu caranya, silakan cari tahu cara setting 4G only lalu aktifkan. Setelah itu, silakan mulai ulang atau restart HP Android kamu. Caranya mungkin akan berbeda tergantung brand HP yang kamu gunakan.


5. Keluarkan dan Masukkan Kembali Kartu SIM

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya adalah dengan melepas kartu SIM yang kamu gunakan untuk mengakses internet dan kemudian memasangkannya kembali, cara ini juga bisa kamu gunakan sebegai cara merubah sinyal 3G ke 4G iPhone. Silakan copot kartu SIM, kemudian jangan dulu langsung dipasang kembali, setidaknya tunggu beberapa menit, kemudian baru pasang kembali.


6. Aktifkan Mode Jaringan Yang Tepat


Cara Mencari Sinyal 4G LTE di HP Android


Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode jaringan yang tepat, maksudnya adalah dengan mengatur atau memilih SIM yang tepat, yang biasa digunakan untuk jaringan internet 4G. Misalnya, kamu biasa menggunakan Telkomsel sebagai SIM 1 untuk mengakses jaringan 4G, jangan mengatur atau mengaktifkan SIM 2 untuk internet. Jika memang menggunakan Telkomsel, cari tahu cara mengaktifkan 4G LTE Telkomsel.


7. Periksa Batas Data Seluler

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya adalah dengan memeriksa batas data seluler di HP kamu, batas data seluler yang diatur atau diaktifkan bisa menjadi penyebab kenapa 4G tidak muncul di HP Android kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur ulang batas data seluler di HP kamu agar 4G bisa muncul. Atau, kamu juga bisa menonaktifkan batas data seluler ini.


8. Setel Ulang APN

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya adalah dengan menyetel ulang APN di HP kamu, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengubah jaringan H+ ke 4G dengan sangat mudah. Untuk menyetel ulang APN, caranya bisa berbeda – beda tergantung brand dan seri yang kamu gunakan. Juga tergantung provider yang akan kamu gunakan juga. Agar lebih pasti, silakan cari tahu cara setel ulang APN yang sesuai dengan HP dan provider yang kamu gunakan.


9. Setel Protokol APN ke IPv4/IPv6

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya ini masih berhubungan dengan APN, yaitu dengan menyetel atau mengatur protokol APN jadi IPv4 atau IPv6. Jika kamu sudah tahu cara untuk mengakses APN di HP kamu, kamu akan dengan mudah mengotak – atik bagian ini. Jadi, silakan langsung ubah saja protokol APN jadi IPv4 atau IPv6. Cara setting 3G ke 4G ini bisa kamu gunakan pada semua HP.


10. Cek Kompabilitas 4G LTE di HP

Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android selanjutnya adalah dengan mengecek kompabilitas HP terhadap jaringan 4G, jika HP kamu Samsung lama misalnya, akan percuma tahu cara mengubah 3G ke 4G Samsung, jika HP Samsung kamu tidak menyediakan jaringan 4G. Untuk ini, buka Pengaturan > Seluler + Sim > Kecepatan koneksi tertinggi. Di sini kamu akan melihat apakah LTE muncul dalam daftar.


11. Reset Pengaturan Jaringan


Cara Mencari Sinyal 4G LTE di HP Android


Cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android yang terakhir ini juga adalah cara menguatkan sinyal 4G Telkomsel dan provider lainnya dengan mudah, tentunya. Beberapa bentuk masalah 4G LTE yang tidak berfungsi dikaitkan dengan konfigurasi jaringan yang buruk. Coba atur ulang pengaturan jaringan di HP, caranya, dari layar Beranda, geser ke atas di tempat kosong untuk membuka baki Aplikasi. Klik Manajemen Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan.


Gengs! Selain cara – cara yang telah kami cantumkan di atas, masih ada banyak cara lainnya untuk mencari sinyal 4G LTE di HP Android kamu.Tapi, cara – cara di atas akan sangat cukup membantu. Selain untuk Android, cara – cara di atas juga bisa kamu gunakan pada HP iPhone kamu. Hanya mungkin, beberapa langkah akan berbeda sedikit. Sekian panduan cara mencari sinyal 4G LTE di HP Android ini, have a nice day!