search-button

Feb 22, 2022

4 Cara Menggunakan Berbagi Lokasi di WhatsApp

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menggunakan Berbagi Lokasi di WhatsApp, cara share lokasi yang mudah. WhatsApp adalah salah satu alat yang hebat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, di mana pun di seluruh dunia. Karena kehebatannya, kini WhatsApp telah digunakan oleh hampir semua orang yang menggunakan Smart Phone di Indonesia khususnya.


Meskipun WhatsApp dikenal untuk mengirim pesan atau menelepon, perlu kamu tahu, bahwa kamu juga dapat menggunakannya untuk membagikan lokasi kamu. Fitur yang disediakan WhatsApp ini memang sangat membantu saat kamu ingin memberitahukan keberadaan pasti kamu kepada seseorang. Ingin tahu caranya? Berikut adalah cara menggunakan Berbagi Lokasi di WhatsApp, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara share lokasi Google Map ke WA.

Cara Menggunakan Berbagi Lokasi di WhatsApp

Cara Share Location di WA


1. Cara Menggunakan ‘Berbagi Lokasi Langsung’ di WhatsApp

Fungsi live location di WhatsApp adalah untuk membagikan lokasi pengguna secara langsung, pada saat out juga. Untuk menggunakan fitur ini, kamu harus mengaktifkan izin lokasi untuk WhatsApp di Pengaturan ponsel kamu terlebih dahulu. Setelah itu, silakan buka WhatsApp kamu dan buka obrolan individu atau grup di sana. Klik Lampirkan > Lokasi > Bagikan lokasi langsung, lalu pilih jangka waktu pembagian lokasi langsung kamu dan klik Kirim.


2. Cara Menggunakan ‘Berbagi Lokasi’ di WhatsApp dengan iPhone

Jika live location WhatsApp tidak jalan dengan cara di atas, silakan coba cara ini. Langsung saja buka WhatsApp di iPhone kamu, lalu klik ‘Obrolan’. Klik grup atau orang yang ingin diajak berbagi lokasi, kemudian klik tanda plus di sudut kiri bawah. Klik ‘Lokasi/Location’, pilih apakah kamu ingin selalu membagikan lokasi kamu atau ‘Hanya Saat Menggunakan Aplikasi’ saja. Jika sudah memilih, klik ‘Kirim Lokasi Anda Saat Ini’ atau ‘Bagikan Lokasi Langsung’.


3. Cara Menggunakan ‘Berbagi Lokasi’ di WhatsApp dengan Android

Pertama, sialakan buka WhatsApp di perangkat Android kamu. Klik ‘Obrolan’, jika belum dipilih. Kemdian, klik grup atau orang yang ingin kamu ajak berbagi lokasi lalu klik ikon penjepit kertas yang ada di bagian bawah layar. Selanjutny, klik ikon Lokasi dan sama seperti di iPhone, kamu dapat memilih "Kirim Lokasi Anda Saat Ini" atau "Bagikan Lokasi Langsung", yang akan memperbarui lokasi kamu saat kamu bergerak pindah, lalu klik ‘Kirim.’


4. Cara Menggunakan ‘Berbagi Lokasi’ di WhatsApp dengan Google Maps

Silakan buka aplikasi Google Map di perangkat yang kamu gunakan, dan klik titik biru yang mewakili lokasi kamu. Kemudian klik ‘Bagikan lokasi Anda’. Di sini kamu akan melihat berbagai aplikasi untuk membagikan lokasi kamu, silakan geser ke kanan, cari dan pilih WhatsApp. Sekarang pilih cara untuk membagikannya, lewat Status atau mengirimkannya ke salah satu kontak WhatsApp kamu. Setelah memilih, tinggal Kirim saja.


Gengs! Jika live location WhatsApp tidak update, mungkin itu karena sinyal yang buruk atau mungkin karena GPS di perangkat kamu tidak aktif atau error. Cara terakhir dalam panduan ini bisa kamu gunakan sebagai cara share location di WA iPhone atau di Android atau di perangkat apa pun ya. Cara terakhir juga bisa kamu gunakan sebagai cara share lokasi rumah, kamu hanya perlu memilih lokasi rumah kamu di Google Map, kemudian bagiakan dengan cara yang sama, seperti yang tertulis di atas. Ok, sekian panduan cara menggunakan Berbagi Lokasi di WhatsApp ini, have a nice day!