search-button

Jan 15, 2022

9 Cara Agar WiFi Tidak Mudah Dibobol

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Agar WiFi Tidak Mudah Dibobol, cara agar WiFi tidak dibobol. Jika kamu menggunakan perute di rumah dan mulai menggunakannya tanpa konfigurasi apa pun, kemungkinan besar perute atau WiFi kamu tidak terlalu aman. Perangkat lain yang tidak punya izin kamu, mungkin bisa terhubung kapan saja ke WiFi kamu. WiFi tanpa keamanan seperti lubang menganga yang dengan mudah dimasuki siapa pun.


Untuk mengurangi kemungkinan masalah keamanan jaringan WiFi ini, dari tetangga yang mencuri bandwidth kamu hingga penyerang lainnya yang membobol jaringan WiFi kamu, maka kamu harus mengikuti cara - cara mudah yang kami rangkum di artikel Cara Agar WiFi Tidak Mudah Dibobol ini untuk mengunci keamanan jaringan nirkabel kamu. Cara – cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode.

Cara Agar WiFi Tidak Mudah Dibobol

Cara Agar WiFi Tidak Mudah Dibobol


1. Selalu Akses Panel Admin Router Dengan Ethernet


Cara Agar WiFi Tidak Mudah Dibobol


Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang pertama adalah dengan selalu akses panel admin router dengan ethernet, cara ini semudah cara membatasi pengguna WiFi indihome. Saat masuk ke panel admin melalui koneksi nirkabel, kredensial masuk tersebut dikirim melalui udara, yang berpotensi intersepsi. Sambungan kamu ke halaman manajemen perute kamu tidak dienkripsi, sehingga perangkat jahat dapat melihat kata sandi, jika masuk secara nirkabel.


2. Ubah Kredensial Login Router Default

Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang kedua adalah dengan mengubah kredensial login router default, cara ini semudah cara mengetahui WiFi kita dibobol. Setiap router dilengkapi dengan kombinasi nama pengguna dan kata sandi default untuk panel administrasi, jadi, jika kamu masih menggunakan nama pengguna dan kata sandi default, silakan segera ubah. Ada situs web untuk mencari kredensial admin default berdasarkan model router-nya, loh.


3. Ubah SSID Default

Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang ketiga, selain dengan menggunakan password WiFi yang tidak bisa dibobol adalah dengan mengubah SSID default (nama publik WiFi). Banyak router datang dengan SSID default berupa merek dan/atau model-nya. Jika seorang calon peretas mengetahui jenis router apa yang kamu miliki, mereka akan lebih mudah untuk membobolnya.


4. Gunakan Standar Enkripsi Modern

Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang keempat adalah dengan menggunakan standar enkripsi modern, cara ini semudah cara memblokir pengguna WiFi. Enkripsi adalah fitur yang harus digunakan pada router, mengabaikan penggunaan enkripsi sama saja dengan membiarkan semua pintu dan jendela rumah WiFi kamu terbuka sepanjang waktu. Istilahnya, semua yang kamu katakan dan lakukan dapat dilihat secara bebas oleh siapa saja.


5. Aktifkan Firewall Router

Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang kelima adalah dengan mengaktifkan Firewall router, cara ini semudah cara mematikan WPS WiFi. Firewall ini akan memeriksa data jaringan yang masuk dan memblokir apa pun yang dianggap tidak aman. Kebanyakan router punya firewall bawaan, yang sering disebut SPI Firewall. Ini membandingkan bagian dari semua data jaringan yang masuk dengan database dan hanya mengizinkan lalu lintas yang lolos pengujian saja.


6. Nonaktifkan Fitur WPS

Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang keenam adalah dengan menonaktifkan fitur WPS, cara ini semudah cara menukar password WiFi. WPS, atau Wi-Fi Protected Setup, memudahkan penambahan perangkat baru ke jaringan. WPS juga memiliki metode yang memungkinkan penggunaan PIN untuk menghubungkan perangkat. Pada beberapa router, PIN ini tidak dapat diubah. Dan ternyata, cukup mudah untuk dibobol. Karena itu, sebaiknya nonaktifkan WPS.


7. Nonaktifkan Fitur UPnP

Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang ketujuh adalah dengan menonaktifkan fitur UPnP atau Universal Plug and Play, fitur ini memungkinkan semua perangkat di jaringan kamu untuk berkomunikasi satu sama lain untuk tujuan apa pun yang mereka butuhkan. Meskipun nyaman, sayangnya, UPnP dapat dieksploitasi, jadi kamu harus menonaktifkannya untuk alasan keamanan.


8. Tetap Perbarui Firmware Router

Cara agar WiFi tidak mudah dibobol yang kedelapan adalah dengan terus memperbarui firmware router, karena router adalah perangkat yang menangani semua lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar, kamu harus menjaganya tetap aman dengan menjalankan patch terbaru. Jika tidak, router mungkin memiliki ‘lubang’ keamanan yang belum ‘ditambal’ yang dapat dieksploitasi oleh penyerang.


9. Bersihkan Jaringan yang Tidak Diperlukan dari Preferred Network List


Cara Agar WiFi Tidak Mudah Dibobol


Cara agar WiFi tidak mudah dibobol terakhir adalah dengan menghapus jaringan – jaringan yang tidak diperlukan dari Preferred Network List atau PNL. PNL ini adalah daftar nama jaringan Wi-Fi yang dipercaya secara otomatis oleh perangkat, daftar ini dibuat dari jaringan yang kamu sambungkan dari waktu ke waktu, tetapi PNL ini tidak dapat membedakan antara jaringan yang memiliki nama dan jenis keamanan yang sama.


Tweak atau cara - cara agar WiFi tidak mudah dibobol ini hanya membutuhkan beberapa menit untuk dilakukan, dan tidak akan memengaruhi kelancaran jaringan WiFi kamu. Melindungi jaringan WiFi kamu dari penyusup adalah satu hal penting, dan upaya itu akan jauh lebih baik dengan menerapkan tweak ini. Sekarang jaringan WiFi kamu akan sangat aman dari para pencuri! Have a nice day!