search-button

Jan 25, 2022

2 Cara Ganti Password Email di Android dan iOS

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara ganti password Email di Android dan iOS, cara ganti password email di HP iPhone dan di HP lainnya. Seperti yang semua orang tahu, password adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga keamanan juga privacy penggunanya di dunia maya. Dan untuk meningkatkan keamanannya, sangat disarankan untuk mengubah password dalam kurun waktu tertentu.


Kamu harus memperbarui password atau kata sandi secara teratur untuk menjaga akun kamu seaman mungkin. Dan dalam artikel kali ini, kami akan menjelaskan kepada kamu cara mengubah kredensial email kamu di aplikasi untuk Android 4.4 atau lebih baru dan iOS 11 atau versi yang lebih baru. Tutorial ini, akan menggunakan email Google atau gmail sebagai contohnya. Simak cara ganti password Email di Android dan iOS berikut ini.

Cara Ganti Password Email di Android dan iOS

Cara Mengganti Password Gmail di iPhone dan Android


1. Cara Mengubah Kata Sandi Google di Perangkat Android

  1. Pertama buka aplikasi Google di perangkat Android kamu, lalu klik menu hamburger atau tiga garis horizontal yang terletak di sudut kiri atas aplikasi Gmail.
  2. Klik pada opsi Pengaturan/Settings di menu tarik-turun. Pada layar Pengaturan, klik pada alamat Gmail yang akan kamu ubah password-nya.
  3. Klik pada opsi Kelola Akun Google Anda/Manage your Google Account. Pada layar Akun Google, klik Info Pribadi/Personal Info.
  4. Klik pada bagian Kata Sandi/Password di Gmail, kemudian masukkan kata sandi Gmail kamu saat ini, lalu klik Berikutnya/Next.
  5. Masukkan kata sandi baru yang kamu inginkan di bidang Kata sandi baru/New Password. dan masukkan lagi di bidang Konfirmasi kata sandi baru.
  6. Sekarang, klik Ubah Kata Sandi/ Change Password untuk menyelesaikan proses. Jika berhasil, akan ada pop up unutk itu.


2. Cara Mengubah Kata Sandi Gmail di iPhone

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Gmail dan masuk ke akun Gmail kamu. Klik menu hamburger atau tiga garis horizontal yang terletak di sudut kiri atas.
  2. Saat menu muncul, gulir ke bawah dan klik Pengaturan/Settings. Klik alamat email Google kamu yang terletak di dekat bagian atas layar Pengaturan.
  3. Di bagian Akun, pilih Kelola Akun Google Anda/Manage your Google Account. Pada layar Akun Google, klik opsi Keamanan/Security.
  4. Sekarang, klik pada opsi Kata Sandi/Password di bawah opsi Masuk ke Google/ Signing in to Google. Masukkan kata sandi Gmail kamu saat ini, lalu klik Berikutnya/Next.
  5. Masukkan kata sandi baru kamu di bagan New Password/Kata sandi baru dan masukkan sekali lagi di bidang Konfirmasi kata sandi baru, lalu klik Ubah Kata Sandi/Cahnge Password.
  6. Jika proses penggantian selesai dan berhasil. kamu akan melihat layar konfirmasi yang mengatakan bahwa kata sandi kamu telah diubah.


Gengs! Cara ini tidak bisa kamu jadikan sebagai cara mengganti password email yang lupa, karena kamu harus memasukan kata sandi saat ini terlebih dahulu untuk mengubahnya. Jika memang kamu ingin mengubah kata sandi karena lupa, silakan cari tahu cara mengganti password Gmail yang lupa. Cara ini juga tidak bisa kamu jadikan cara ganti password Gmail di PC, meskipun langkah – langkahnya memang hampir sama. Dan sekali lagi cara ganti password Email di Android dan iOS ini untuk pengguna Gmail saja, jika kamu menggunakan layanan email lain seperti Yahoo dan lainnya, silakan cari tahu cara ganti password email Yahoo. Have a nice day!