search-button

Sep 20, 2018

10 Cara Mengatasi “Sayangnya Gmail Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti”. Kesalahan seperti ini tidak hanya terjadi pada aplikasi Gmail saja tapi juga sering terjadi pada aplikasi – aplikasi lainnya. Dan penyebabnya juga bermacam – macam, biasanya terjadi ketika kamu baru saja memperbarui sistem operasi Android kamu ke versi yang lebih baru, ya karena alasan kompabilitas tentunya.


Ini juga umum terjadi pada perangkat dengan flash ROM kustom dan paket GAPPs yang salah. Karena ketidaksinkronan inilah, aplikasi Gmail menutup setiap kali kamu mencoba membukanya. Untuk mengatasi Gmail yang error karena itu dan karena penyebab lainnya, berikut kami telah kumpulkan beberapa cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti” yang dapat kamu coba.

Cara Mengatasi Sayangnya Gmail Telah Berhenti

Cara Mengatasi “Sayangnya Gmail Telah Berhenti”


1. Restart Perangkat

Cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti” pertama adalah dengan me-restart perangkat. Dengan me-restart perangkat juga akan memperbaiki bug - bug kecil lainnya yang mungkin terjadi pada aplikasi – aplikasi di perangkat kamu.

2. Kosongkan Cache dan Data Gmail

Kami tidak menyarankan untuk melakukan ini pada aplikasi lain selain untuk Gmail. Yups tindakan itu aman karena email disimpan di kotak masuk dan dengan membersihkan cache, data aplikasi di ponsel tidak akan menghapus email di akun kamu. FYI, prosedur ini juga akan mengatur ulang aplikasi itu sendiri dan kamu hanya perlu log in kembali setelah prosedur selesai untuk mendapatkan kembali akses ke pesan kamu.

3. Hapus Cache Sistem Melalui Mode Recovery

Cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti” selanjutnya adalah dengan menghapus cache sistem, FYI ini akan meningkatkan kinerja perangkat kamu karena menggantikan semua cache termasuk yang mungkin telah rusak atau usang. Kamu dapat melakukan ini dengan mem-boot perangkat kamu ke Mode Pemulihan lalu pilih opsi Hapus Partisi Cache.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika masalah Gmail masih berlanjut alias masih belum teratasi, kamu dapat mencoba aplikasi email pihak ketiga yang biasanya disediakan di perangkat atau jika tidak ada kamu bisa mengunduhnya di play store. Memang tidak memperbaiki aplikasi Gmail kamu tapi bisa membantu kamu mendapatkan email – email kamu dengan cepat.

5. Update Aplikasi


Cara Mengatasi Sayangnya Gmail Telah Berhenti

Dalam kurun waktu tertentu Play Store selalu memberitahukan jika ada pembaruan pada aplikasi – apaliksi di perangkat kamu. Nah cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti” karena mungkin kamu melewatkan pembaruan untuk aplikasi Gmail, adalah dengan segera memperbaruinnya. Karena aplikasi yang versinya ketinggalan dapat menyebabkan berbagai masalah pada aplikasi itu sendiri.

6. Reboot Ponsel dalam Mode Aman

Booting dalam mode aman akan secara sementara menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga, jadi tindakan ini akan mengisolasi aplikasi yang mungkin menjadi penyebab masalah pada gmail. Tinggal cek saja, jika setelah ini gmail berjalan dengan normal berarti kamu harus menghapus salah satu aplikasi  yang mungkin jadi penyebabnya.

7. Setel Ulang Preferensi

Cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti” selanjutnya adalah dengan membuka Pengaturan lalu gulir ke daftar untuk Aplikasi dan klik Manajer aplikasi. Geser lagi ke tab Semua lalu klik Gmail, klik Nonaktif kemudian klik Setel ulang preferensi aplikas tunggu beberapa menit lalu klik Aktifkan lagi.

8. Untuk pengguna ROM khusus (Cyanogenmod, SlimROM, Paranoid Android dll)

Pertama, unduh paket GAPPs yang asli untuk sistem operasi Android kamu. Selanjutnya, boot ke pemulihan dan flash paket GAPPS kemudian buka Advanced dan Hapus Dalvik cache, hapus partisi cache-nya, juga "perbaiki izin" jika ada.

9. Hubungi Layanan Pelanggan Gmail

Jika cara – cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti” sebelumnya belum berhasil membuat Gmail kamu kembali normal. Kamu bisa langsung menghubungi Layanan Pelanggan Gmail. Dengan menghubungi layanan pelanggan Gmail kamu bisa mendapatkan solusi untuk semua jenis masalah Gmail dengan cepat dan mudah.

10. Lakukan Master Reset


Cara Mengatasi Sayangnya Gmail Telah Berhenti

Baca Juga :
Cara Setting Email Kantor Di Android
Cara Mengetahui Email Yang Terkirim Sudah Di Baca Atau Belum
Mengatasi Google Gmail Temporary Error (500)

Pesan kesalahan "Sayangnya, Gmail telah berhenti" adalah masalah yang juga bisa diperbaiki oleh tindakan Master Reset. Namun, kamu harus mencadangkan file dan data kamu jika tidak ingin kehilangannya. Sebelum itu kamu perlu menonaktifkan fitur anti-pencurian untuk mencegah ponsel terkunci.


Sekian panduan cara mengatasi “sayangnya Gmail telah berhenti” ini, Semoga salah satunya bisa berhasil memperbaiki Gmail kamu yang error dan memunculkan pesan tersebut ya. Silahkan share panduan ini pada teman – teman yang mungkin mengalami masalah yang sama.