search-button

Oct 9, 2021

20 Cara Ampuh Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara - cara ampuh mengatasi game Android keluar sendiri, cara mengatasi aplikasi keluar sendiri. Akan sangat mengesalkan jika game yang sedang asik kamu mainkan, malah tiba – tiba keluar sendiri atau force closed. Apalagi jika game itu kelaur sendiri di saat – saat yang penting, seperti ketika kamu sedikit lagi akan memainkan pertandingan, itu pasti sangat mengesalkan.


Perlu kamu ketahui gengs, ada banyak sekali penyebab aplikasi termasuk aplikasi game yang kamu mainkan, tiba – tiba keluar sendiri atau force closed. Untungnya, semua penyebab itu bisa kamu atasi sendiri dengan mudah. Kamu hanya perlu mencoba satu – per satu cara yang kami cantumkan di panduan cara - cara ampuh mengatasi game Android keluar sendiri ini, cara – cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi aplikasi sering keluar sendiri di iPhone juga.

Cara Ampuh Mengatasi Game Android Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri


  1. Hentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, kecuali game yang kamu mainkan. Atau hentikan semuanya termasuk game yang kamu mainakan, lalu buka kembali game dan lihat apakah game kembali normal.
  2. Hapus cache game yang kamu mainkan, caranya buka Pengaturan, kemudian buka manajemen aplikasi. Di sana cari dan klik game yang tiba – tiba keluar sendiri itu, gulir ke bawah dan tekan tombol hapus cache.
  3. Hapus semua cache di Android. Caranya sama seperti cara sebelumnya, tapi bukan hanya cache game yang dihapus tetapi semua aplikasi yang terpasang di Android kamu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penghapus cache.
  4. Restart atau mulai ulang Android kamu, ini adalah cara paling gampang. Untuk memulai ulang perangkat Android, caranya berbeda – beda. Tergantung dari brand dan juga tipe ponsel Android yang kamu gunakan.
  5. Matikan koneksi internet kemudian hidupkan kembali setelah beberapa menit,cara ini bisa kamu gunakan jika game yang kamu mainkan dan yang keluar sendiri itu adalah sebuah game online.
  6. Hidupan mode pesawat dan matikan kembali setelah beberapa menit, sekali lagi, cara ini bisa kamu coba jika game tersebut adalah jenis game online. Hidupkan mode pesawat setelah kamu mematikan data internet.
  7. Cari spot dengan sinyal yang kuat. Jika kamu sudah mencoba mematikan dan menghidupkan sambungan data internet atau mencoba trik dengan mode pesawar, tetapi sinyal masih kurang dan membuat game menutup sendiri, coba bawa Android ke spot dengan sinyal yang kuat.
  8. Gunakan aplikasi turbo boost, aplikasi ini biasanya menjadi aplikasi bawaan untuk perangkat Android keluaran terbaru. Jika perangkat Android kamu tidak memiliki aplikasi ini, silakan unduh dari Play Store
  9. Hapus beberapa data aplikasi di perangkat Android kamu, caranya sama seperti cara menghapus cache, tapi kali ini tekan tombol hapus data. Pilihlah aplikasi yang terlalu penting, seperti aplikasi belanja online atau media sosial.
  10. Kosongkan penyimpanan di Android mu. Untuk mengosongkannya, kamu bisa memindahkan sebagian besar file seperti foto dan video yang ada ke penyimpanan lain seperti flashdisk atau penyimpanan online.
  11. Perbarui aplikasi game, versi aplikasi game yang ketinggalan, bisa menyebabkan aplikasi menutup sendiri. Karena itu, segera perbarui. Silakan unduh pembaruan di Play Store. Jika tidak ada pembaruan, coba cara selanjutnya.
  12. Hapus data aplikasi game. Caranya sama seperti menghapus cache aplikasi game, tapi kali in, tekan tombol hapus Data. Ingat! Dengan menghapus data aplikasi game, progres kamu di gae tersebut akan ikut hilang, dan kamu mungkin perlu login kembali ke akun game.
  13. Copot aplikasi game. Silakan copot atau uninstall aplikasi game yang menutup sendiri, setelah itu, silakan unduh kembali aplikasi game dari Play Store dan mainkan seperti biada. Jika masih menutup sendiri coba cara selanjutnya.
  14. Hapus aplikasi – aplikasi yang tidak digunakan sama sekali, atau yang mungkin jarang digunakan. Tindakan ini dilakukan untuk mengosongkan penyimpanan pada Android, dan junga mengosongkan RAM.
  15. Hapus aplikasi game lain. Jika kamu mengoleksi banyak aplikasi game, lebih baik hapus sebagian. Simpan saja aplikasi game yang sering kamu mainkan, tapi kami sarankan satu saja, agar ketika dibuka, itu tidak crash dengan game lain.
  16. Jangan gunakan aplikasi game yang telah dirilis secara resmi. Jika kamu menggunakan aplikasi game yang belum dirilis atau versi aplikasi beta, masalah force closed ini mungkin akan sering terjadi. Jadi, gunakan aplikasi yang sudah resmi dirilis saja.
  17. Download aplikasi game dari platform resmi, seperti Play Store. Jika kamu mengunduh aplikasi game tersebut sembarangan dari internet, ada kemungkinan aplikasi game tersebut cacat dan menyebabkannya sering menutup sendiri.
  18. Perbarui versi operasi sistem Android perangkat kamu. sama seperti versi aplikasi game yang ketinggalan, versi operasi sistem yang ketinggalan juga bisa membuat sebagain besar aplikasi termasuk game menutup sendiri.
  19. Lakukan factory reset atau reset pabrik pada perangkat Android kamu. Sebelum menggunakan cara ini, kami sarankan kamu untuk mencadangkan semua data dan file penting dari perangkat, karena tindakan ini akan menghapus semuanya.
  20. Ganti perangkat Android kamu, ini adalah cara terakhir di daftar ini yang kami sarankan. Cara ini bisa kamu gunakan, jika kamu benar – benar ingin memainkan game itu. Karena game yang menutup sendiri bisa jadi karena tidak kompatible dengan perangkat yang digunakan.


Gengs! Silakan coba satu per satu cara yang kami cantumkan di atas, secara berurutan. Karena kami telah menyusun cara – cara di atas dari mulai yang paling mudah dilakukan dan tidak beresiko, ke cara yang lebih kompleks dan beresiko seperti kehilangan data. Semoga, kamu bisa mengatasi masalah game menutup sendiri itu dengan cara pertama saja. Sekian panduan cara ampuh mengatasi game Android keluar sendiri ini, have a nice game!