search-button

Sep 30, 2021

Cara Mengatasi Video Tidak Didukung di iPhone

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi video tidak didukung di iPhone, semudah cara mengatasi codec video tidak didukung PC. Terkadang, iPhone kamu mungkin tidak mengizinkan penggunannya memutar video dengan memunculkan pesan kesalahan ‘Tidak Dapat Memutar Video’ atau ‘Video ini tidak dapat diputar karena format file tidak didukung’. Biasanya solusi untuk masalah seperti itu adalah dengan menggunakan pemutar video lain.


Selain denga menggunakan aplikasi video lain, biasanya pengguna juga mengonversi video ke format lain, agar bisa diputar di iPhone. Tapi, solusi itu tidak akan berhasil jika masalah sebenarnya yang menyebabkan kesalahan ‘Tidak Dapat Memutar Video’ muncul di iPhone kamu adalah Penyimpanan. Ya, masalah penyimpanan bisa jadi penyebab kenapa video tidak bisa dibuka. Simak solusinya, di panduan cara mengatasi video tidak didukung di iPhone ini.

Cara Mengatasi Video Tidak Didukung di iPhone

Cara Mengatasi Video Tidak Didukung di iPhone Karena Masalah Penyimpanan

Langsung saja, di iPhone kamu, buka Umum > Penyimpanan dan penggunaan iCloud, atau dalam bahasa inggris, buka General > Storage and iCloud usage. Setelah itu, cari ruang yang tersedia. Jika memang karena masalah penyimpanan, maka kamu akan melihat bahwa Penyimpanan di iPhone kamu penuh atau hampir penuh. Untuk memperbaiki kesalahan ‘Tidak Dapat Memutar Video’ di iPhone kamu, cukup kosongkan beberapa ruang di penyimpanan.

Jika memang masalah penyimpanan, setelah mengosongkan ruang penyimpanan, kamu akan dapat merekam dan melihat video lagi tanpa masalah. Jika masalahnya bukan karena penyimpanan yang hampir habis atau sudah habis, kamu bisa menggunakan cara perbaikan biasa seperti cara untuk mengatasi codec video tidak didukung di TV atau cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android.

Kamu dapat mengubah codec video yang digunakan iPhone untuk merekam video di pengaturan Kamera. Di tab Kamera, cari pengaturan Format. Jika kamu memiliki video yang kamu ambil dalam mode "Efisiensi tinggi" di iOS 10, video tersebut tidak akan dapat diputar di iPhone kamu yang menjalankan iOS11 atau lebih tinggi. Untuk ini, kamu bisa menggunakan cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di laptop dengan mengubah formatnya.


Fyi gengs, iOS itu mengkodekan video yang direkam dalam format .h265 sementara iOS10 dan di bawahnya menggunakan .h264 yang lebih lama untuk format video MP4, MOV, atau M4V. Di PC kamu, kamu dapat menggunakan pemutar VLC untuk memutar video secara normal tanpa masalah. Tapi jika ingin memutarnya di iPhone, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, silakan ubah formatnya. Sekian panduan cara mengatasi video tidak didukung di iPhone ini, have a nice day!