search-button

Sep 10, 2021

5 Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi aplikasi terbuka sendiri di HP Android, cara – cara ini juga bisa kamu coba sebagai cara mengatasi aplikasi yang terbuka sendiri di laptop. Pengguna Android sering kali menemukan bahwa seiring waktu perangkat mereka akan melambat, ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu yang sering menjadi penyebabnya adalah aplikasi yang tidak diinginkan berjalan di latar belakang.


Aplikasi – aplikasi yang berjalan di latar belakang, bisa jadi karena kamu tidak menurupnya dengan benar, atau juga karena aplikasi terbuka sendiri. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara untu dapat menghentikan peluncuran atau terbukanya aplikasi dengan sendirinya. Cara – cara mengatasi aplikasi terbuka sendiri di HP Android ini, juga bisa kamu coba sebagai cara mengatasi browser terbuka sendiri di laptop.

Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android


1. Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android Marshmallow

Pertama kamu harus mengaktifkan mode pengembang, caranya klik Settings > About Phone lalu klik bagian Build Number berulang kali hingga kamu melihat pesan 'You are now a Developer!'. Sekarang kembali ke Pengaturan dan pilih opsi Pengembang > Layanan yang berjalan. Di sana kamu akan melihat rincian aplikasi yang saat ini aktif. Pilih satu dan klik Berhenti. Bagaimana? cara ini semudah cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di HP kan!


2. Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android Doze Feature

Android Marshmallow memiliki fitur untuk meminimalkan dampak aplikasi latar belakang, yaitu fitur Doze. Fitur ini pada dasarnya membekukan aplikasi agar tidak berjalan ketika layar perangkat mati. Untuk memeriksa apakah ada aplikasi jahat yang mengaktifkan Doze Feature, bukalah Pengaturan > Baterai > lalu klik tiga titik di sudut kanan atas. Klik Pengoptimalan Baterai, jika kamu melihat aplikasi yang bermasalah dalam daftar, klik dan pilih opsi Optimalkan dan klik Selesai. Cara ini memang semudah cara menghilangkan pop up iklan di Android.


3. Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android Versi Lama

Android versi lama memiliki opsi berbeda dalam hal mematikan aplikasi, untuk ini, buka Pengaturan > Aplikasi, lalu geser ke daftar ke bagian Menjalankan atau Running. Jika kamu melihat aplikasi di sana, cukup pilih salah satu aplikasi dan klik tombol Force Stop untuk mematikannya. Hal yang sama dapat dilakukan dari layar Beranda dengan mengklik tombol Aplikasi Terbaru, tombol dengan ikon kotak biasanya di sebelah kanan tombol Beranda lalu hapus dari latar belakang aplikasi yang dimaksud. Cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan malware di Android juga.


4. Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android dengan Greenify

Jika cara – cara di atas tidak efektif, kamu bisa mencoba aplikasi pihak ketiga Greenify. Ini mungkin pilihan terbaik untuk mengatasi aplikasi terbuka sendiri di perangkat, ini juga efektif di laptop buka aplikasi sendiri. Greenify ini bekerja dengan cara yang mirip dengan fitur Android Marshmallow Doze yang menangguhkan aktivitas aplikasi saat perangkat tidak digunakan. Ada sejumlah fitur tambahan yang tersedia di aplikasi ini, yang bisa kamu gunakan.


5. Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android dengan Purify


Cara Mengatasi Aplikasi Terbuka Sendiri di HP Android


Cara ini bisa kamu jadikan cara blokir iklan di Chrome Android juga, jadi silakan langsung unduh aplikasi Purify. Kemudian pasang, dan gunakan di perangkat Android kamu. Aplikasi ini, sama seperti aplikasi sebelumnya, dari segi kegunaannya. Yang berbeda dari aplikasi ini dengan aplikasi sebelumnya, adalah fitur – fitur yang tersedia pada aplikasi dan bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan fungsinya.


Gengs, selain cara – cara di atas, masih ada banyak cara lainnya untuk mengatasi aplikasi – aplikasi pada perangkat Android kamu yang sering terbuka sendiri. Saran sedikit, jika aplikasi yang sering terbuka sendiri itu tidak terlalu penting, lebih baik dihapus saja. Cara – cara di atas juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghapus notifikasi di Chrome, dan notifikasi dari aplikasi lainnya. Sekian panduan cara mengatasi aplikasi terbuka sendiri di HP Android ini, have a nice day!