search-button

Sep 17, 2021

20 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi SIM Card tidak terbaca, atasi segera slot SIM Card tidak terdeteksi!. Apakah kamu baru saja mengalami kesalahan "Tidak Ada Kartu SIM" atau "Kartu SIM Tidak Terdeteksi" di ponsel kamu, dan itu terjadi meskipun kartu SIM udah terpasang? Jika iya, pasti itu membuat frustrasi karena itu dapat menghentikan semua aktfitas kamu menggunakan ponsel.


Jika ponsel kamu kesulitan membaca SIM Card, tentu saja pasti ada penyebabnya. Ada banyak penyebab yang mungkin terjadi, dan sebagian besar kesalahan deteksi SIM di ponsel disebabkan oleh penyisipan kartu yang tidak tepat. Di panduan ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengatasi SIM Card tidak terbaca oleh berbagai penyebab. Cara – cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi SIM Card tidak terbaca iPhone atau di Android.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki SIM Card Tidak Terbaca


1. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Nyalakan Ulang Ponsel

Jika SIM Card Telkomsel tidak terbaca atau SIM Card dari provider lainnya juga tidak terbaca, maka yang perlu kamu lakukan adalah memmulai ulang ponsel kamu. Jika kamu baru saja memasukkan SIM baru, banyak ponsel tidak akan membaca SIM Card sampai kamu me-restart ponsel. Metode ini mungkin adalah cara paling sederhana untuk menyelesaikan masalah kecil dalam bentuk apa pun ketika di ponsel.


2. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Melepaskan Baterai

Cara ini hanya bisa dilakukan, jika baterai memungkinkan untuk dilepas, dan ara ini dapat mengatasi kartu SIM tidak terbaca di Samsung dan di ponsel lainnya juga. Untuk ini, silakan matikan telepon dan cabut dari sumber listrik apa pun yang terhubung. Setelah itu, keluarkan baterai dan tunggu 30 detik atau lebih. Kemudian, pasang kembali baterai dan hidupkan perangkat ponsel.


3. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Menyesuaikan kartu SIM

Kartu SIM harus terpasang dengan benar di ponsel kamu agar bisa terbaca, pemasanagn yang tidak benar bisa jadi penyebab kartu SIM tidak terbaca di HP OPPO atau di HP lainnya. Jika kamu tidak sengaja menjatuhkan ponsel, posisi SIM dapat menjadi tidak sejajar, atau mungkin tidak terpasang dengan benar sejak awal. Pastikan untuk menempatkan SIM dengan aman ke ponsel kamu ya.


4. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Perekat

Jika SIM tidak pas di slot ponsel, kamu dapat mencoba menempatkan perekat atau karton, atau kertas ke dalam baki agar lebih pas. Meskipun mungkin tampak seperti perbaikan murah untuk masalah SIM ini, metode ini berfungsi dengan baik pada banyak ponsel. Berhati-hatilah dalam menyisipkan karton atau perekan, hindarilah kerusakan pada ponsel atau SIM Card. Jika rusak, mungkin kamu harus mencari cara memperbaiki SIM Card rusak.


5. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Pilih Operator Atau Jaringan Secara Manual


Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca


Terkadang, pengaturan akan berubah secara tiba-tiba karena pembaruan. Perubahan ini, terkadang dapat menyebabkan jaringan terputus dan membuat SIM Card tidak terbaca di Xiaomi atau di ponsel lainnya. Untuk ini, buka Pengaturan atau Settings. Cari opsi Nirkabel dan Jaringan atau Wireless and Networks, lalu klik pada opsi Jaringan Seluler atau Mobile Networks Terakhir klik Operator Jaringan atau Network Operators dari cari jaringan secara manual.


6. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Mengubah Mode Jaringan Menjadi Otomatis

Mengubah Mode Jaringan ke Otomatis akan memungkinkan ponsel memilih jaringan terbaik secara otomatis, kamu tidak perlu mencari tahu cara bersihkan SIM Card dengan ini. Untuk mengaturnya, silakan buka Pengaturan atau Settings. Kemudian klik Jaringan Seluler atau Mobile Networks. Selanjutnya klik pada opsi Mode jaringan atau Network Mode. Terakhir, klik LTE/3G/2G (koneksi otomatis) atau (auto connect).


7. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Membersihkan Kartu SIM

Periksa kartu SIM kamu, apa itu kotor? Apa bagian emasnya bersih? Jika iya, maka kamu harus segera membersihkannya, karena itu bisa jadi penyebab slot SIM Card tidak terdeteksi. Bersihkan konektor pada kartu SIM dan pembaca dengan udara atau kain kering yang lembut, jangan tambahkan cairan apa pun, lakukan pembersihkan ini dengan hati-hati agar tidak merusak kartu secara tidak sengaja.


8. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Mengganti Kartu SIM

Beberapa ponsel, terutama yang terbaru, cenderung memiliki baki SIM Card yang lebih kecil. Jika SIM Card tidak terbaca iPhone atau di ponsel lainnya, mungkin kamu harus mengurangi ukuran kartu SIM standar yang kamu gunakan. Jika demikian, silakan potong kartu SIM ke ukuran yang paling sesuai dengan baki SIM pada ponsel. Kamu bisa memotongnya menggunakan alat khusus atau secara manual dengan hati – hati.


9. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Mengeluarkan dan Masukkan Kembali Kartu SIM

Pastikan untuk mematikan ponsel sebelum memasang atau melepas kartu SIM, jika tidak, kamu dapat merusak perangkat atau kartu tersebut. Pastikan untuk tidak menggores atau menekuk kartu SIM juga. Untuk sebagian besar ponsel, baki SIM terletak tepat di samping tombol volume atau daya. Untuk ponsel lama, kamu dapat mengakses SIM dengan menggeser penutup belakang dan melepas baterai. Cara ini bisa mengatasi SIM Card telkomsel tidak terbaca.


10. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Menguji Pembaca Kartu SIM


Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca


Penyebab kartu SIM tidak terbaca di Samsung atau di ponsel lainnya, mungkin karena pembaca kartu SIM di ponsel error. Untuk ini, gunakan kartu SIM lain di ponsel dan lihat apakah SIM Card bisa terbaca atau tidak. Jika ya, maka kartu SIM kamu rusak. Untuk mengatasinya, silakan gunakan kartu SIM lain saja. Jika tidak terbaca juga, maka pembaca kartu SIM di ponsel kamu memang rusak.


11. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Beralih ke Mode Penerbangan

Jika kartu SIM tidak terbaca di HP OPPO atau di HP lainnya, penyebabnya mungkin hanya karena error kecil pada jaringan HP. Untuk ini, kamu bisa mengaktifkan lalu nonaktifkan Mode Penerbangan atau Flight Mode. Opsi ini akan menonaktifkan semua siaran dan menghapus penerimaan sel saat kamu mengaktifkannya. Sebagian besar ponsel menyediakan akses mudah melalui di bilah Pengaturan untuk mengaktifkan ini.


12. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Hapus Cache Ponsel

Terkadang, solusi untuk masalah ini bukanlah mencari cara memperbaiki SIM Card rusak, tetapi menghapus data cache pada ponsel kamu. Untuk membersihkan cache pada ponsel, mungkin akan memerlukan waktu sedikit lebih lama. Kamu mungkin harus masuk ke semua aplikasi di ponsel kamu lewat pengaturan, untuk kemduian mengapus cache masing – masing aplikasi yang ada.


13. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Hapus Data Ponsel

Jika setelah menghapus data cache ponsel kamu tidak berhasil, mungkin kamu juga harus menghapus bagian data pada setiap aplikasi. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi SIM Card tidak terbaca di xiaomi. Langsung saja ikuti seperti langkah – langkah menghapus cache, tapi kali ini hapus datanya. Ingat! Hanya hapus data dari aplikasi – aplikasi yang aman untuk di hapus datanya seperi aplikasi online shop atau media sosial.


14. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Memeriksa Baki SIM

Tidak perlu tahu cara bersihkan SIM Card, jika baki SIM yang rusak. Baki SIM yang rusak bisa menjadi penyebab ponsel menampilkan kesalahan "Tidak Ada Kartu SIM Terdeteksi", tapi jangan khawatir! Dengan mengganti wadah kartu SIM akan memperbaiki masalah ini. Atau, kamu bisa menggunakan bantalan yang kami sebutkan di cara 3, itu juga dapat digunakan untuk menyesuaikan baki dengan menggunakan sepotong busa untuk memberikan tekanan.


15. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Menghubungi Layanan Pelanggan


Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca


Jika kartu SIM yang kamu gunakan sudah ada di ponsel kamu, atau telah disediakan sebelumnya di ponsel, mungkin itu adalah penyebab slot SIM Card tidak terdeteksi. Jika ponsel kamu masih dalam batas waktu masa garansi, maka kamu bisa membawa ponsel kamu ke pusat layanan ponsel kamu. Petugas akan membantu masalah ini, mungkin dengan mengganti kartu SIM, pembaca slot, atau bahkan ponselnya, tergantung pada sifat masalahnya.


16. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Mencopot Pemasangan Aplikasi Pihak Ketiga

Satu hal yang mungkin menyebabkan masalah "Tidak Ada Kartu Sim yang Terdeteksi di Ponsel Android" atau SIM Card tidak terbaca iPhone adalah karena aplikasi pihak ketiga. Untuk memverifikasi bahwa aplikasi pihak ketiga tidak menyebabkannya, aktifkan Safe Mode. Jika berhasil dan SIM Card terbaca ketika Safe Mode diaktifkan, maka aplikasi mungkin menjadi penyebab masalah. Silakan copot!


17. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Menyembunyikan Notifikasi

Jika SIM Card Telkomsel tidak terbaca itu hanyalah pesan kesalahan saja, dalam arti, SIM Card yang terpasanag sudah terdeteksi dan bisa digunakan dengan normal dan sangat baik, kami sarankan untuk menyembunyikan notifikasi dari pesan kesalah itu. Ini bisa dilakukan juga, jika kamu tidak menggunakan SIM dan hanya ingin pesan kesalahan tersebut hilang, untuk ini, kamu dapat membuka Play Store dan mencari aplikasi pemblokiran notifikasi.


18. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Menyetel Ulang Pengaturan Jaringan

Perbaikan kartu SIM tidak terbaca di hp oppo mudah lainnya, adalah dengan melakukan pengaturan jaringan kamu kembali ke default. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan atau Settings > Cadangkan & Atur Ulang atau Backup & Reset > Atur ulang pengaturan jaringan atau Network Settings Reset. Langkah – langkah untuk  ini bisa berbeda, tergantung dari tipe ponsel yang kamu gunakan.


19. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Pembaruan OS Ponsel

Jika cara memperbaiki SIM Card rusak tidak berhasil karena SIM Card tidak rusak, mungkin masalah ini disebabkan oleh OS ponsel yang tidak up to date. Periksalah pembaruan OS yang tersedia dengan masuk ke Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak > Unduh pembaruan secara manual. Atau Settings > Software Updates > Download updates manually. Jika tidak ada pembaruan, lanjut ke cara selanjutnya.


20. Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dengan Reset Pabrik


Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca


Jika cara – cara untuk mengatasi kartu SIM tidak terbaca di Samsung atau di ponsel lain di atas tidak berhasil, kamu dapat melakukan Pengaturan Ulang Pabrik pada ponsel kamu. Namun perlu diingat bahwa ini akan menghapus semua data yang ada dan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik default. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk melakukan full backup terlebih dahulu.


Pemberitahuan yang menerangkan kartu SIM tidak ada atau tidak terdeteksi, berarti bahwa ponsel kamu tidak dapat mendeteksi kartu SIM di dalam baki kartu SIM-nya. Jika penyebabnya adalah baki SIM yang rusak, kamu bisa menggantinya. Baki SIM di jual bebas  di toko – toko ponsel, kamu bisa berkunjung ke toko tempat kamu membeli ponsel itu. Jangan lupa untuk membawa serta ponsel ya. Sekian panduan cara mengatasi SIM Card tidak terbaca ini, have a nice day!