search-button

Dec 19, 2020

6 Cara Mengatasi Kartu SIMTidak Terbaca, Terdeteksi, Error di Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca, Terdeteksi, Error di Android. Ada berbagai alasan atau penyebab mengapa perangkat Android kamu tidak dapat membaca kartu SIM. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah mungkin kamu tidak memasukkan atau memasang kartu SIM dengan benar, penyebab HP tidak bisa membaca SIM card lainnya adalah mungkin karena perangkat Android kamu mengalami masalah software.

 

Apa pun penyebabnya, solusi harus segera ditemukan saat ponsel memunculkan pesan "Tidak ada kartu SIM yang terdeteksi" atau “No SIM card detected.” Dalam panduan Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca, Terdeteksi, Error di Android ini, kami telah merangkum solusi – solusi yang bisa kamu coba untuk memperbaikinya. Cara – cara yang kami cantumkan, bisa kamu gunakan ketika kartu SIM tidak terbaca di xiaomi atau ponsel Android lainnya.

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca, Terdeteksi, Error di Android

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca, Terdeteksi, Error di Android

 

1. Booting Ulang

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca, terdeteksi, error di Android yang pertama adalah dengan memulai ulang ponsel, terkadang dengan booting ulang sederhana, bisa memperbaiki masalah. Tekan dan tahan tombol daya hingga jendela pop-up muncul, klik opsi "Mulai Ulang". Tunggu hingga proses booting ulang selesai dan ponsel hidup kembali. Silahkan matikan lagi, lalu coba pasang kartunya. Cara ini juga bisa mengatasi slot SIM Card tidak terdeteksi.

 

2. Matikan Ponsel

Jika cara mengatasi kartu sim tidak terbaca, terdeteksi, error di Android diatas tidak berhasi, maka kamu harus coba fix SIM Card tidak terdeteksi dengan mematikan ponsel Android kamu. Kamu juga bisa membuka baterai, kartu memori dan SIM Card lainnya.  Biarkan ponsel Android mu dalam keadaan mati untuk beberapa saat, 10 menitan atau lebih. Setelah itu, coba pasang kembali semuanya dan lihat apakah ponsel sudah bisa mendeteksi atau belum.

 

3. Aktifkan Kartu SIM di Pengaturan

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca, terdeteksi, error di Android sederhana lain adalah  dengan melihat apakah kartu SIM kamu sudah dihidupkan di Pengaturan atau belum. Untuk melakukan ini, bukalah Pengaturan > Jaringan & Internet > Kartu SIM, lalu klik penggeser di samping kartu SIM di Pengaturan tersebut sehingga menjadi "Aktif". Cara ini berlaku untuk ponsel yang memiliki penyetelan SIM ganda.

 

4. Ubah Mode Jaringan ke Otomatis

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca, terdeteksi, error di Android selanjutnya adalah dengan mengubah mode jaringan ke mode otomatis, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi SIM Card tidak ada layanan juga. Kamu hanya perlu membuka Pengaturan di ponsel Android kamu, kemudian pilih opsi  Jaringan Seluler. Setelah itu, silahkan klik pada opsi Mode Jaringan dan memilih opsi pertama, yaitu LTE / WCDMA / GSM (koneksi otomatis).

 

5. Pilih Operator Jaringan yang Benar

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca, terdeteksi, error di Android selanjutnya adalah dengan memilih operator jaringan yang benar. Untuk ini silahkan pastikan kamu mengaturnya atau memilih operator SIM dengan benar, bukalah Setelan > Jaringan Seluler > Operator Jaringan > Jaringan Penelusuran. Setelah perangkat Android Anda selesai mencari dan menampilkan hasilnya, klik pada operator SIM yang kamu gunakan.

 

6. Masukkan Pengaturan APN Jaringan Secara Manual

Jika semua cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca, terdeteksi, error di Android di atas tidak berhasil, mungkin kartu SIM kamu kehilangan kontak dengan jaringan yang seharusnya disambungkan. Jika itu terjadi, kamu mungkin perlu memasukkan setelan APN operator jaringan yang digunakan secara manual. Untuk itu, buka Pengaturan > Jaringan & Internet > Jaringan seluler > Lanjutan > Nama titik akses, lalu klik ikon +. Pada tahap ini, kamu harus menghubungi penyedia jaringan operator untuk mendapatkan setelan APN yang diperlukan atau cari di Internet.

 

Sebenarnya, masih ada trik atau cara lain untuk memperbaiki masalah ini. Tapi, kami kira cara – cara yang kami cantumkan diatas cukup dan mungkin akan bisa memperbaikinya. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, cara - cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca, terdeteksi, error di Android diatas, bisa kamu terapkan b=pada semua ponsel dengan operasi sistem Android. Sekian! Have a nice day!