search-button

Sep 23, 2021

13 Cara Menghindari Pencurian Data

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menghindari pencurian data, bisa digunakan sebagai cara mengatasi pencurian data perusahaan. Pencurian data karena breaches, kebocoran, eksposur, dan penyebab lain dari sistem keamanan itu umum di lanskap digital saat ini. Akibat dan konsekuensi akhir dari ini bisa sangat luas dan secara permanen merusak reputasi perusahaan (jika yang dicuri adalah data perusahaan).


Hari ini kita akan berbicara tentang cara menghentikan pencurian data, khususnya langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk membantu mengurangi potensi dampaknya. Banyak dari cara di daftar ini adalah praktik keamanan yang terbukti selaras dengan standar dan persyaratan industri keamanan digital. Simak cara - cara menghindari pencurian data ini, untuk mengatasi pencurian data pribadi atau perusahaan.

Cara Menghindari Pencurian Data

Cara Menghindari Pencurian Data


1. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Locating Semua Data Sensitif


Cara Menghindari Pencurian Data


Cara mengatasi hacker, dikenal sebagai data discovery, proses ini akan memungkinkan kamu untuk menentukan sejauh mana data sensitif yang dimiliki dan itu bertanggung jawab untuk melindunginya. Dengan menggunakan alat untuk discovery dan klasifikasi data, kamu dapat menyederhanakan proses ini dan membantu memetakan informasi sensitif di perangkat kamu. Setelah kamu memetakan semua data sensitif, kamu dapat mulai mengidentifikasi item yang berpotensi memengaruhi keamanan data tersebut.


2. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Hapus Data Sensitif Dari Sistem

No data, no theft! Pada kenyataannya, tidak ada satu pun cara yang dijamin untuk mencegah intersepsi data, tetapi dengan meminimalkan jumlah data yang kamu simpan, kamu dapat meminimalkan potensi dampak pencurian. Untuk ini, kamu bisa menggunakan fitur Tokenisasi dari Cloud jika kamu menggunakannya. Fitur ini adalah metode yang terbukti untuk mencegah pencurian data dan pelanggaran data. Fitur ini, semudah cara mengetahui data kita dicuri.


3. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Memastikan Semua Sistem Dilindungi Kata Sandi

Mewajibkan kata sandi untuk mengakses data dan memastikan kata sandi tersebut cukup kuat dan kompleks adalah kontrol keamanan penting lainnya untuk mencegah pencurian data. Kata sandi harus berisi berbagai jenis karakter huruf, angka, dan simbol jika diizinkan, dan yang terbaik adalah frasa atau rangkaian kata yang tidak mudah ditebak. Ini akan mencegah orang yang mencari cara meretas data seseorang.


4. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Membatasi Akses

Ini adalah cara melindungi data pribadi di internet. Jika terlalu banyak orang yang diberikan akses ke data atau sistem sensitif, risiko seseorang secara keliru atau sengaja mencuri data tersebut akan meningkat. Lebih banyak akun dengan akses juga menghadirkan lebih banyak titik masuk potensial bagi peretas, jadi sebaiknya batasi akses hanya untuk orang yang memerlukan data tersebut.


5. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Menerapkan Firewall

Cara ini semudah cara menghilangkan hack di hp, dengan pemasangan firewall dan router yang efektif dapat membantu mengamankan jaringan kamu. Dengan menerapkan mekanisme keamanan yang sesuai, mekanisme ini akan melindungi sistem internal kamu dengan melacak dan memantau lalu lintas jaringan dan menentukan siapa atau apa yang diizinkan untuk mengakses data kamu.


6. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Memastikan Jaringan Nirkabel Aman

Kamu tidak perlu software untuk menjaga keamanan komputer, karena keamanan jaringan adalah prioritas utama untuk menghentikan pencurian data. Langkah pertama di sini adalah dengan menggunakan jaringan pribadi dengan kata sandi yang cukup kuat dan rumit. Penting juga untuk tidak menggunakan router perangkat seluler, atau hotspot yang tidak aman, terutama yang memiliki koneksi publik.


7. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Otentikasi Dua Faktor


Cara Menghindari Pencurian Data


Otentikasi dua faktor adalah bentuk keamanan tambahan yang populer dan efektif yang memerlukan berbagai bentuk identifikasi untuk mengonfirmasi identitas pengguna. Ini sering memanfaatkan faktor pengetahuan atau sesuatu yang diketahui pengguna, faktor kepemilikan , dan faktor bawaan  untuk memverifikasi identitas yang diklaim pengguna. Dalam praktiknya, ini bisa berupa pertanyaan rahasia, token keamanan, dan data biometrik.


8. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus terbaru dapat membantu mendeteksi dan menghapus berbagai jenis malware, mencegahnya mencoba menembus sistem perangkat kamu atau mengganggu jaringan yang kamu gunakan. Meskipun, perangkat lunak antivirus bukanlah solusi sempurna untuk menghentikan pencurian data, kamu masih bisa menggunakannya. Pilih yang paling terpercaya.


9. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Menjaga Kebijakan Keamanan Informasi untuk Pihak Ketiga

Sebagian besar perusahaan memiliki semacam IT atau kebijakan keamanan informasi untuk karyawan. Aturan umum termasuk tidak menggunakan perangkat pribadi untuk bekerja, berhati-hati saat mengklik tautan yang disematkan dalam email, menjaga ruang kerja yang bersih dari informasi sensitif atau rahasia, dan pedoman serupa lainnya. Selain praktik terbaik ini, kamu juga harus mengontrol dan memantau izin karyawan untuk sistem tertentu.


10. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Hanya Simpan Data yang Benar-Benar Dibutuhkan

Jika ada data yang tidak menambah bermanfaat bagi perusahaan kamu, maka kamu mungkin tidak boleh menyimpannya. Ini dilakukan untuk mengevaluasi risiko menyimpan data sensitif versus utilitasnya untuk analitik dan tujuan bisnis lainnya. Jika kamu memutuskan untuk menyimpan data tersebut, pastikan kamu melindunginya sesuai dengan praktik terbaik industri dan memenuhi kewajiban kepatuhan peraturan yang relevan.


11. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Membatasi pergerakan informasi.

Jangan izinkan pemindahan informasi pribadi kamu, termasuk nama, nomor KTP, data Pekerjaan atau medis, kamu ke media portabel, seperti laptop atau perangkat seluler. Data ini harus dilindungi dengan baik. Jangan sekali – kali memasukan data – data tersebut ke media sosial kamu dalam bentuk tulisan atau gambar. Meskipun banyak media sosial yang mengatakan menjamin keamanan data kamu, lebih baik tidak usah diunggah,


12. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Mengidentifikasi Area Yang Menyimpan, Mengirimkan, Mengumpulkan, Atau Memproses Data Sensitif

Profesional keamanan berpendapat bahwa kamu tidak dapat mengamankan apa yang kamu tidak tahu itu ada. Setiap strategi pencegahan pencurian data perlu menyertakan pembelajaran di mana kamu menyimpan, mengirimkan, mengumpulkan, atau memproses data sensitif. Sebagai bagian dari proses identifikasi, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi pendeteksian aset yang dapat membantu kamu menemukan dan membuat katalog seperti On-Premises Servers atau Virtual Machines (VMs).


13. Cara Menghindari Pencurian Data Dengan Mengidentifikasi Pengguna Dengan Akses Ke Data Sensitif


Cara Menghindari Pencurian Data


Meskipun mengidentifikasi pengguna mungkin tampak mudah, banyak perusahaan kesulitan karena "pengguna atau user" dapat menggabungkan berbagai jenis identitas. Saat kamu mencoba cara pencegahan pencurian data, kamu harus mengelompokan user, seperti kelompok Pengguna Standar, Pengguna Istimewa, Kontraktor, Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) da lain – lain dalam mengakses data.


Meskipun ada cara menghindari pencurian data, tetapi tidak ada satu pun cara yang pasti atau sangat mudah untuk menghentikan pencurian data. Karena itu, sangat penting untuk mrmiliki backup plan yang terperinci untuk mencegah memperlambat peretas dan meminimalkan dampak negatif. efek dari pencurian data. Sekian panduan cara - cara menghindari pencurian  ini, have a nice day gengs!