search-button

Aug 7, 2021

5 Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi flashdisk write protected, cara menghilangkan write protected pada flashdisk di Windows 10 dan di perangkat lainnya. Jika kamu tiba – tiba mendapatkan pesan " The disk is write protected. Remove the write protection or use another disk" ketika kamu akan menyimpan file ke flashdisk, maka file tersebut tidak akan tersimpan seperti seharusnya.


Masalah seperti ini akan sangat mengganggu, mengingat kamu tidak akan bisa menggunakan penyimpanan flashdisk yang seharusnya. Tapi tenang! Masalah seperti ini masih tergolong masalah ringan yang bisa kamu perbaiki sendiri di rumah. Dan dalam artikel ini, kamu akan mengathui cara mengatasi flashdisk write protected, kamu juga akan mengetahui cara flashdisk write protected tanpa format.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected


1. Periksa Flashdisk Jika Ada Virus

Cara mengatasi flashdisk write protected yang pertama adalah dengan memeriksa jika ada virus pada flashdisk, kamu bisa menggunakan virus scanner yang ada di PC kamu. Virus sering mengisi flashdisk dengan file yang dapat membuat flshdisk merespons dengan kesalahan Write Protected. Jika memang ada, silahkan bersihkan. Dengan menghapusnya, itu dapat menjadi flashdisk write protected unlock.


2. Periksa Fisik Flashdisk

Cara mengatasi flashdisk write protected selanjutnya adalah dengan memeriksa fisik flashdisk, ini adalah cara mengatasi flashdisk write protected tanpa format yang lebih sederhana. Beberapa model flashdisk memiliki sakelar mekanis yang membuatnya bisa masuk ke mode Write Protect. Jika memang ada, maka cukup pindahkan sakelar ke posisi tidak terkunci dan coba salin file lagi.


3. Pastikan Flashdisk Tidak Penuh

Cara mengatasi flashdisk write protected yang ke tiga adalah dengan memastikan flashdisk masih punya cukup ruang untuk menyimpan file, karena mungkin pesan kesalahan Write Protected muncul karena flashdisk  penuh. Ini adalah salah satu cara menghilangkan write protected pada flashdisk di Windows 10 dan di Windows lainnya, langsung saja buka Windows Explorer, dan telusuri ke My PC, klik kanan flashdisk > Properties.


4. Hapus File Individu Dengan Write Protection

Cara mengatasi flashdisk write protected selanjutnya adalah dengan menghapus file individu dengan write protection, ini adalah cara flashdisk write protected unlock yang mudah. Terkadang satu file “only-read” dapat menyebabkan pesan tersebut. Untuk ini, silahkan jelajahi flashdisk kamu, dan temukan file tersebut. Klik kanan, dan pilih Properties. Di bagian bawah panel, di bawah Atribut, pastikan opsi Read-only tidak dicentang.


5. DiskPart Command Prompt Utility


Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected


Cara mengatasi flashdisk write protected yang terakhir dari daftar ini adalah dengan menggunakan DiskPart Command Prompt Utility, alat ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara membuka flashdisk yang terkunci. Jika kamu sudah akrab dengan Command Prompt, kamu bisa menggunakan cara ini. Jika tidak, kamu bisa mempelajari terlebuh dahulu tentang penggunaan  Command Promt untuk memperbaiki flashdisk.


Gengs, untuk cara terkahir, silahkan gunakan jika kamu benar – benar sudah terbiasa menggunakan Command Prompt. Jika tidak, jangan dicoba. Lebih baik menggunakan cara – cara sebelumnya. Jika cara = cara tersebut tidak membantu, kami sarankan untuk membawa flashdisk kamu ke tukang servis terdekat. Sekian panduan cara mengatasi flashdisk write protected ini, have a nice day!