search-button

Oct 8, 2020

8 Cara Atasi Flashdisk Tidak Terbaca

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara atasi flashdisk tidak terbaca. Kerusakan flashdisk akan mengakibatkan masalah tidak dapat diaksesnya semua data yang ada pada flashdisk. USB flash drive atau flashdisk yang tidak dapat dibaca biasanya memiliki masalah seperti corrupt, bisa juga flashdisk memiliki masalah lainnya. Ketika flashdisk menjadi tidak dapat dibaca, kamu perlu menentukan terlebih dahulu apa penyebab sebenarnya.

 

Apakah flashdisk tidak terbaca disebabkan oleh kerusakan fisik atau kerusakan non-fisik, dengan mengetahuinya, kamu akan bisa menentukan cara terbaik untuk memperbaiki flashdisk mu yang tidak terbaca. Di halaman ini, kami telah mengumpulkan delapan cara atasi flashdisk tidak terbaca. Kamu bisa memilih dan mencoba salah satu cara yang kami cantumkan dibawah ini untuk memperbaiki flashdisk mu.

Cara Atasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Atasi Flashdisk Tidak Terbaca

 

1. Coba di Port Lain

Cara atasi flashdisk tidak terbaca ini merpukan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca tanpa diformat, yup! Tanpa diformat, karena kamu hanya perlu mencoba untuk mencba flashdisk mu dengan menyambungkannya di port UCB lain di laptop mu. Jika terbaca setelah ganti port, maka itu artinya, port yang kamu gunakan sebelumnya memang mengalami kerusakan.

 

2. Bersihkan Port USB

Cara atasi flashdisk tidak terbaca yang kedua adalah dengan membersihkan port USB, cara ini bisa kamu gunakan ketika flashdisk tidak terbaca di Windows 10 atau di Windows versi lainnya. Ada kemungkinan, penyebab flashdisk tidak terbaca itu karena port USB yang kamu gunakan itu kotor. Karena itu, silahkan siapkan tisu atau lap bersih untuk membersihkan port USB yang akan kamu gunakan.

 

3. Bersihkan Konektor Flashdisk

Cara atasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya adalah dengan membersihkan konektor flashdisk, mungkin saja kotoran yang ada di konektor flashdisk menjadi penghalang dan menyebabkan flashdisk jadi tidak terbaca. Jadi, sama seperti ketika kamu membersihkan posrt USB di laptop mu, kamu juga bisa membersihkan konektor flashdisk mu dengan menggunakan tisu atau lap bersih.

 

4. Coba Di PC Lain

Cara atasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya adalah dengan mencobanya di PC lain, hal ini berguna untuk mengetahui apakah flashdisk tidak terdeteksi di PC kamu saja atau memang di PC lainnya. Jika di PC tidak terdeteksi atau terbaca juga, maka kemungkinan besar flashdisk kamu yang bermasalah. Tapi jika di PC lain terbaca, ada kemungkinan PC kamu atau port PC mu yang bermasalah.

 

5. Sambungkan Dengan Port Eksternal

Cara atasi flashdisk tidak terbaca yang ke empat adalah dengan menggunakan port eksternal, jika memang port pada laptop mu sudah tidak berfungsi dengan baik. Cara ini bisa kamu caba sebagai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sama sekali gengs. Jika kamu tidak punya port ekternal, kamu bisa membelinya langsung di toko – toko elektronik atau kamu bisa membelinya secara online, banyak kok.

 

6. CMD

Cara atasi flashdisk tidak terbaca yang pertama adalah dengan menggunakan CMD, kamu memerlukan sebuah PC untuk menggunakan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan CMD ini. Sekarang, sambungkan flashdisk ke PC lalu tekan tombol Windows+X. Setelah itu, akan muncul menu special start. Disana ketikan perintah ini satu persatu (diskpart, list disk, select disk X,  clean, create partition primary, format fs=fat32 quick, active, assign, exit), pisahkan dengan menekan tombol enter. Misalnya, ketik diskpasrt lalu tekan tombol enter dan seterusnya. Untuk seleect disx X, sesuaikan dengan nama atau huruf flashdisk mu.

 

7. CMD 2

Cara atasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya masih menggunakan CMD, bedanya cara ini merupakan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca karena virus. Pertama, silahkan scan terlebih dahulu flashdisk dengan menggunakan antivirus lalu delete file yang terdeteksi virus, jangan diformat. Setelah itu, klik Start > All Program > Accessories > Command Prompt. Ketikkan huruf Flashdisk mu lalu tekan Enter, lalu ketikkan (attrib -s -h *.* /s /d) dan tekan enter, tanda kurungnya jangan dibawa ya. Sekarang, file yang ada di flashdisk sudah ada lagi.

 

8. HDD Low Level Format

Cara atasi flashdisk tidak terbaca yang terakhir adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama HDD Low Level Format, cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini bisa kamu gunakan ketika kamu baru saja menggunakan flashdisk untuk install OS. Jadi, silahkan unduh HDD Low Level Format di PC mu. Kamu bisa mendapatnkan HDD Low Level Format di situs resminya langsung.

 

Gengs! Cara - cara atasi flashdisk tidak terbaca diatas bisa kamu gunakan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca di Windows 7 dan di Windows versi lainnya. Silahkan coba satu persatu cara yang kami cantumkan diatas, jika masih tidak berhasil juga, mungkin ada kerusakan secara fisik pada flashdisk mu, Kalau sudah bergitu, kami sarankan untuk meminta bantuan pada profesional atau beli saja flashdisk baru.  Stay safe!