search-button

Feb 8, 2021

6 Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara memperbaiki Flashdisk yang rusak. Di halaman ini, kamu dapat mempelajari cara memperbaiki flash drive USB atau yang sering kita sebut dengan flashdisk yang rusak. Sebelum ke langkah – langkah untuk memperbaiki flashdisk yang rusak, kamu harus mengenali jenis kerusakan flashdisk kamu terlebih dahulu. Apakah itu kerusakan fisik atau non-fisik.

 

Apakah komputer kamu masih dapat mengenali USB yang rusak atau tidak dapat dideteksi sama sekali, untuk itu kamu bisa mengujinya dengan menyambungkannya ke komputer. Setelah itu, kamu bisa mencoba satu persatu cara memperbaiki flashdisk yang rusak yang telah kami susun dibawah ini. Cara ini bisa kamu jadikan sebagai cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca atau cara memperbaiki flashdisk rusak 0 byte.

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

 

1. Utilitas Windows

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak pertama ini adalah untuk memperbaiki perangkat USB rusak tetapi masih dapat dikenali, cara ini bisa dilakukan jika flashdisk tidak benar-benar rusak secara fisik dan komputer masih menetapkannya sebagai huruf drive. Silahkan hubungkan flashdisk ke PC lalu buka Komputer Saya > Drive USB, klik kanan flashdisk dan buka Properties-nya. Klik pada tab Tool > Check, lalu biarkan proses pemindaian selesai, lalu tutup jendela pemindaian. Selanjutnya klik kanan ikon flash drive USB di desktop dan klik Eject, kemudian lepaskan drive dari port USB.

 

2. CHKDSK CMD

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini pada dasarnya adalah proses yang sama seperti di atas, tetapi ini akan memberi kamu lebih banyak umpan balik pada akhirnya yang akan membantu kamu menentukan apakah masalah telah diperbaiki atau belum. Pertama colokkan flashdisk ke komputer, sekarang buka menu start dan ketik "cmd" di bilah pencarian lalu tekan enter.Cari program bernama cmd. Exe dalam daftar program, klik kanan "cmd. Exe".

Jalankan sebagai administrator dan ketik "chkdsk / X / f G:" atau "chkdsk G: / f" ganti G: dengan huruf drive yang sesuai dengan drive USB kamu. Setelah ini, operasi chkdsk kemudian akan mulai memperbaiki drive USB yang rusak. Operasi ini akan membuat Windows memeriksa dan memperbaiki sistem file pada flash drive. Jika proses perbaikan berhasil, ini akan menunjukkan "Windows has made corrections to the file system" di jendela perintah.

 

3. Alat Perbaikan Pihak Ketiga

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini bisa kamu gunakan jika kamu tidak memiliki pengetahuan teknis dan ingin meminimalkan risiko data, menggunakan perangkat lunak pihak ketiga bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Untuk ini, kamu bisa menggunakan salah satu alat perbaikan pihak ketiga bernama EaseUS Tools M. Itu adalah alat pemasangan komputer praktis yang aman dan ringan, ini adalah alternatif sempurna untuk perintah CHKDSK. Gunakan alat satu-klik ini untuk menyelesaikan masalah flasdisk kamu.

 

4. Instal Ulang Driver

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini bisa kamu lakukan jika flashdisk kamu rusak secara fisik dan tidak dapat dideteksi atau dikenali, untuk ini kamu perlu menginstal ulang driver baru. Silahkan tekan tombol Win + X dan klik Device Manager di kommputer kamu, kemudian klik Expand Disk Drives lalu klik kanan pada nama disk yang dapat dilepas, dan klik Uninstall. Klik OK. Putuskan sambungan kartu SD dari komputer lalu mulai ulang komputer kamu. Setelah beberapa saat, hubungkan kembali flashdisk komputer. Setelah ini, Windows akan menginstal driver terbaru secara otomatis dan membuat flashdisk dapat dideteksi.

 

5. Perbaiki Flashdisk Secara Manual

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak selanjutnya adalah dengan memperbaiki flashdisk secara manual, kamu perlu mengetahui beberapa sebelum melakukan tindakan ini. Diantaranya, memperbaiki flash drive secara fisik kemungkinan tidak akan berhasil kecuali kamu memiliki pengalaman profesional dalam memperbaiki flash drive yang rusak secara fisik. Jadi silahkan pelajari terlebih dahulu cara mempebaikinya secara manual, jika tidak paham jangan coba – coba.

 

6. Perbaiki Flashdisk di Tukang Service

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak selanjutnya adalah dengan memperbaikinya di tukang service, cara ini bisa kamu lakukan apabila tidak ada satu pun cara diatas yang berhasil memperbaiki flashdisk kamu yang rusak. Jika flashdisk kamu rusak, satu-satunya pilihan yang tersisa dan layak dicoba adalah membawa flashdisk kamu ke layanan perbaikan manualyang ada lingkungan kamu.

 

Gengs, itulah keenam cara memperbaiki flashdisk yang rusak yang bisa kamu upayakan. Cara – cara di atas merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir kerusakan pada data yang ada di flashdisk. Jika cara – cara diatas tidak ada yang berhasil memperbaiki flashdisk kamu yang rusak, mungkin ini sudah saatnya kamu untuk membeli flashdisk baru dan merelakan data – data yang ada di flashdisk lama. Stay health ya!