search-button

Jul 28, 2021

8 Cara Memperbaiki Keyboard HP Samsung

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara memperbaiki keyboard HP Samsung, semudah cara mengganti bahasa keyboard Samsung. Keyboard di layar merupakan bagian integral dari penggunaan ponsel atau tablet Samsung seri mana pun, karena keyboard memungkinkan penggunannya membalas pesan, menelusuri web, dan melakukan tugas penting lainnya. Jika keyboard tidak berfungsi, seperti macet atau tidak responsif, itu bisa jadi masalah.


Kamu harus mencari tahu cara mengembalikan keyboard Samsung seperti semula sesegera mungkin, jika tidak sebagian besar aktifitas dengan ponsel akan terganggu. Menggunakan keyboard default, membersihkan cache, dan memeriksa pembaruan perangkat lunak adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, masih ada cara memperbaiki keyboard HP Samsung lainnya yang bisa kamu coba.

Cara Memperbaiki Keyboard HP Samsung

Cara Mengatasi Keyboard HP Samsung Error


1. Periksa Pembaruan Perangkat Lunak

Cara memperbaiki keyboard HP Samsung yang paling mudah adalah dengan memperbarui software ponsel, dengan ini kamu tidak perlu lagi mencari tahu cara reset tab samsung lupa password atau Hp Samsung. Jadi, langsung buka Pengaturan, klik Pembaruan perangkat lunak, lalu klik Unduh dan instal atau Periksa pembaruan. Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk di layar untuk memperbarui perangkat. Jika tidak ada, coba cara ke dua.


2. Gunakan Keyboard Default Samsung

Cara memperbaiki keyboard HP Samsung yang ke dua adalah dengan menggunakan kambali keyboard bawaan Samsung, aplikasi keyboard pihak ketiga yang rusak mungkin jadi alasan kenapa keyboard Hp tidak berfungsi. Untuk ini, silahkan buka Pengaturan lalu klik Manajemen Umum. Setelah itu, klik Daftar keyboard dan default lalu klik Papan ketik bawaan/Keyboard Default. Terakhit, pilih Papan Ketik Samsung/Keyboard Samsung.


3. Copot Pemasangan Aplikasi dalam Safe Mode

Cara memperbaiki keyboard HP Samsung selanjutnya adalah dengan mencopot aplikasi keyboard pihak ketiga, cara untuk ini semudah cara setting keyboard Samsung A51. Seperti yang disebutkan sebelumnya, terkadang aplikasi pihak ketiga dapat menyebabkan kesalahan atau bug. Jika keyboard itu tidak berfungsi, kamu dapat memeriksanya menggunakan mode Aman. Jika iya, silahkan langsung copot.


4. Optimalkan dengan Battery and Device Care


Cara Memperbaiki Keyboard HP Samsung


Cara memperbaiki keyboard HP Samsung yang ke tiga adalah dengan mengoptimalkan kinerja ponsel dengan fitur Battery and Device Care pada ponsel, lemot atau error pada ponsel bisa jadi penyebab kenapa keyboard samsung terhenti. Untuk ini, silahkan tutup semua aplikasi yang berjalan di ponsel atau tablet Samsung kamu. Kemudian, buka Pengaturan dan klik Battery and Device Care lalu klik Optimize Now.


5. Mulai Ulang/Restart Perangkat

Cara memperbaiki keyboard HP Samsung yang ke enam adalah dengan memulai ulang perangkat Samsung kamu, cara ini bisa dilakukan ketika keyboard samsung hilang. Memulai ulang perangkat dapat membantu menyelesaikan masalah kecil dan bug, caranya akan sedikit berbeda tergantung pada model yang kamu gunakan. Pada ponsel dengan tombol Daya, kamu hanya perlu menekan dan tahan tombol Daya hingga menu Daya ditampilkan dan klik Restart.


6. Hapus Cache dan Data Keyboard

Cara memperbaiki keyboard HP Samsung yang selanjutnya adalah dengan menghapus cache dan data pada aplikasi Keyboard bawaan, cara menghapusnya semudah cara setting keyboard Android Samsung. Langsung saja buka Pengaturan > Aplikasi. Ketuk ikon sortir lalu klik sakelar di sebelah Tampilkan aplikasi sistem, lalu klik OK. Cari atau gulir ke Samsung Keyboard, lalu klik Paksa berhenti. Pada layar yang sama, klik Penyimpanan lalu klik Hapus data, lalu ketuk OK .


7. Atur Ulang Perangkat ke Setelan Pabrik

Jika keyboard masih tidak berfungsi, setelah mencoba cara - cara memperbaiki keyboard HP Samsung di atas, kamu dapat mencoba melakukan reset data pabrik pada perangkat. Cara ini bisa jadi cara reset tab Samsung lupa password juga, tapi perlu diketahui bahwa ini akan sepenuhnya mengatur ulang perangkat dan menghapus semua data. Jadi, pastikan untuk mencadangkan data – data pada perangkat sebelum melakukannya.


8. Perbaiki di Service Center


Cara Memperbaiki Keyboard HP Samsung


Cara memperbaiki keyboard HP Samsung yang terakhir adalah dengan memperbaikinya di service center, kami sarankan untuk datang ke service center resmi Samsung. Jika, perangkat Samsung kamu masih memiliki garansi, kamu bisa klaim garansi itu di sevice center resmi dan mendapatkan pelayanan gratis. Jika tidak, juga tidak apa – apa. Kamu juga bisa mengunjungi service center tidak resmi yang terpercaya di sekitar kamu.


Itulah cara – cara memperbaiki keyboard HP Samsung yang bisa kamu coba, jika kamu tidak ingin beresiko kehilangan semua data yang ada di perangkat Samsung kamu, setelah mencoba cara dari nomor satau sampai nomor lima, kamu bisa langsung daja ke nomor terkahir. Yup! silahkan langsung saja bawa ke service center terdekat, jangan coba menggunakan nomor enam atau tujuh. Sekian panduan cara memperbaiki keyboard HP Samsung ini, have a nice day!