search-button

Apr 26, 2019

10 Cara Cek Tipe Samsung Akurat dan Cepat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara cek tipe Samsung akurat dan cepat. Agak sedikit aneh memang mengetahui bahwa ada orang – orang yang tidak tahu tipe HP yang dimilikinya sendiri. Itu terjadi karena berbagai alasan, misalnya karena si pemilik membelinya dalam keadaan second atau alasan lainnya. Well apapun itu alasannya, mengetahui tipe Samsung apa yang kamu miliki adalah penting.


Terutama jika kamu ingin memperbarui atau memperbaiki ponsel Samsung mu atau membeli aksesoris untuk ponsel, seperti kasing HP atau aksesoris lain yang membutuhkan informasi tentang tipe Samsung yang kamu gunakan. Meskipun ada banyak metode untuk mengetahui tipe ponsel mu, tidak semua metode tersebut berfungsi di setiap ponsel. Jadi, telah kami pilihkan cara - cara cek tipe Samsung akurat dan cepat yang pasti berfungsi. Cekidot !

Cara Cek Tipe Samsung Akurat dan Cepat

Cara Cek Tipe Samsung Akurat dan Cepat


1. Di belakang Baterai

Cara yang pertama ini merupakan cara cek tipe HP Samsung jadul, yups ! ponsel Samsung dengan baterainya yang bisa dilepas. Jadi ponsel Samsung dengan model unibody atau baterai tertanam tidak bisa menggunakan cara ini. Ok, cara untuk megetahui tipe Samsung yang kamu miliki adalah dengan melihatnya dibelakang baterai, tepatnya di plat belakang tempat baterai. Biasanya disana vendor akan mencantumkan nama model ponsel tersebut.

2. Nomor Model

Selanjutnya adalah cara untuk kamu yang baru saja membeli HP Samsung J5 secara online, tapi kamu ragu apakah ponsel yang dikirim benar – benar J5 atau bukan. Well ! untuk cara cek tipe HP Samsung J5, bisa dengan nomor model yang tertera pada body Samsung. Jika di cara pertama kamu tidak menemukan nama tipe Samsung di plat tempat baterai dan hanya menemukan serial nomor, maka kamu masih bisa menggunakannya untuk mengetahui tipe Samsung mu. Caranya adalah dengan mengetikan nomor tersebut ditambah dengan kata Samsung di browser, setelah itu kamu akan melihat nama tipe Samsung mu disana.

3. Settings Bluetooth

Kamu bisa memanfaatkan menu settings bluetooth sebagai cara cek tipe HP Samsung lipat juga tipe lainnya. Kami yakin hampir semua ponsel Samsung memiliki konektivitas bluetooth, termasuk ponsel Samsung mu. Jadi, kamu hanya perlu membuka pengaturan bluetooth perangkat Samsung mu untuk mengetahui modelnya. FYI, setiap perangkat Bluetooth memiliki nama default dari nomor model ponselnya, sehingga kamu dapat memasangkannya dengan perangkat lain untuk melihat nomor tersebut. Setelah itu copy nama bluetooth tersebut dan masukkan ke mesin pencari, ditambah "Samsung" untuk mengetahui tipe ponsel Samsung yang kamu miliki.

4. Pengaturan Samsung

Cara cek HP Samsung selanjutnya adalah dengan melihatnya di menu Pengaturan pada Samsung mu. Jika ponsel Samsung mu menggunakan sistem operasi Android, kamu dapat mengetahui model apa tepatnya ponsel Samsung yang kamu miliki melalui pengaturan perangkat Samsung mu. Tinggal buka menu Pengaturan kemudian pilih opsi "Sistem," lalu pilih opsi "Tentang Telepon." Nah, di sana kamu akan melihat informasi lengkap tentang Samsung mu termasuk nama model atau nomor model ponsel.

5. Kotak/Kardus Samsung


Cara Cek Tipe Samsung Akurat dan Cepat

Dengan memanfaatkan kotak pembelian Samsung, kamu bisa mengetahui tipe ponsel Samsung mu, ini juga bisa menjadi cara mengecek tipe tab Samsung mu. Jika kamu masih memiliki kotak ponsel atau tab Samsung mu, kamu akan menemukan nama tipe ponsel atau tab itu tercantum di suatu bagian kotak di sana. Mungkin nama tipe tersebut ada di dalam kotak, atau pada stiker yang ditempatkan di kotak tersebut.

6. Buku Manual Samsung

Gengs, dari poin sebelumnya kami telah membertahukan bahwa kamu bisa mengetahui tipe Samsung  mu dari kotak Samsung itu sendiri. Nah, di poin ini kami beritahukan bahwa kamu juga bisa mengetahui tipe Samsung mu dari buku manual Samsung. Yups ! Ini adalah alternatif untuk cari tipe HP Samsung, karena buku pedoman ponsel atau buku manual kemungkinan mencantumkan jenis ponsel yang kamu miliki.

7. Situs Web

Dengan mengunjungi situs web Samsung, tidak hanya jadi cara untuk mengetahui tipe Samsung mu tapi juga bisa menjadi cara cek tahun pembuatan HP Samsung mu loh. So ! silahkan kunjungi situs web Samsung dan masuk ke akun mu atau jika belum memiliki akun, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Setelah itu kamu akan dapat menemukan informasi lengkap mengenai ponsel Samsung mu, termasuk modelnya atau tipe Samsung yang sedang kamu cari tahu.

8.  Menyamakan Ponsel

Dari daftar cara cek tipe Samsung akurat dan cepat ini, mungkin poin ini merupakan poin yang paling membutuhkan kesabaran dan ketelitian jika kamu gunakan. Karena untuk mengetahui tipe Samsung yang kamu miliki dengan cara ini, kamu harus menyamakan model ponsel mu dengan model ponsel – ponsel Samsung lainnya satu persatu. Kamu bisa mengakses situs resmi Samsung lalu membuka bagian produk, setelah itu silahkan samakan model ponsel mu dengan model ponsel – ponsel Samsung yang ditampilkan.

9. Kode Rahasia

Seperti banyak merk ponsel lainnya, Samsung juga memiliki kode rahasia yang bisa digunakan untuk mengetahui tipe Samsung yang kamu milki. Ini juga bisa menjadi cara cek spesifikasi HP Samsung dengan kode, bukan hanya spesifikasi tapi juga nomor IMEI, mereset HP dan lainnya. Kode tersebut adalah *#1234# dan yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui tipe ponsel Samsung adalah membuka dialpad pada telepon, lalu masukkan kode *#1234# kemudian klik tombol panggil. Setelah itu, akan muncul kode tipe HP Samsung mu, salin kode tersebut lalu paste di kolom pencarian browser dan klik Search.
Baca juga:
15 Kelemahan dan Kelebihan HP Samsung yang Wajib Diketahui
15 Cara Mengembalikan File Terhapus di Samsung
10 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Tanpa Aplikasi Tambahan

10. Aplikasi Pihak Ketiga


Cara Cek Tipe Samsung Akurat dan Cepat

Ini adalah cara terakhir dari daftar cara cek tipe Samsung akurat dan cepat, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Di Play Store dan juga di banyak browser terdapat banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang memiliki fungsi untuk menampilkan informasi lengkap tentang Samsung mu, termasuk tipenya. Aplikasi yang memilki fungsi penampil informasi detail sebuah perangkat misalnya seperti CPU-Z atau yang lainnya.


Cara - cara cek tipe Samsung akurat dan cepat diatas juga bisa digunakan untuk mengecek tipe ponsel dari vendor lainnya gengs. So, jika ada teman mu yang memiliki perangkat dari vendor lain, dan mengalami masalah yang sama dengan mu yaitu tidak tau tipenya. Kamu bisa merekomendasikan cara – cara tersebut. Ok, see you soon !