search-button

Jan 28, 2021

11 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara memperbaiki keyboard laptop rusak. Terkadang tombol pada keyboard laptop bisa lepas atau error dan kadang – kadang tidak berfungsi, untuk memperbaiki tombol pada keyboard yang lepas dan memasangnya kembali ke tempatnya di keyboard atau memperbaiki keyboard yang error itu memerlukan banyak usaha, apalagi jika kamu mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

 

Dalam panduan ini, kamu akan menemukan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian atau cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Tapi perlu kamu ingat, halaman ini adalah panduan referensi umum dan mungkin tidak berlaku untuk laptop kamu, karena laptop kamu mungkin memiliki desain tombol keyboard yang berbeda. Simak cara memperbaiki keyboard laptop rusak berikut ini.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Seperti Semula

 

1. Bersihkan Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak pertama adalah dengan membersihkan keyboard laptop, bukan tidak mungkin keyboard yang kotor bisa jadi penyebab keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf. Sebelum melakukan pembersihan fisik, pastikan untuk mematikan laptop. Silahkan cari tahu cara terbaik untuk membersihkan keyboard laptop kamu, kamu bisa mencarinya dengan mudah di internet.

 

2. Memperbaiki Keycap Yang Longgar

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak kedua adalah untuk memperbaiki keycap yang longgar, keycap yang longgar bisa jadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi Windows 10. Untuk ini, kamu memerlukan tutup tombol laptop/keycap, bantalan kunci, dan penahan kunci. Jika keycap longgar tetapi masih terpasang, coba tekan keycap ke keyboard. Jika keycap dipasang kembali, pasang sampai terdengar bunyi snap saat menekan tombol ke bawah.

 

3. Copot Pemasangan Aplikasi atau Program

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak selanjutnya adalah dengan mencopot pemasangan aplikasi atau program, cara ini bisa jadi memperbaiki keyboard laptop terkunci. Aplikasi atau program yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan masalah keyboard. Jika itu menginstal driver, mereka mungkin mengganggu keyboard juga. Tentukan kapan keyboard mulai bertingkah aneh dan hapus semua perangkat lunak yang kamu instal sebelum keyboard error. Misalnya, jika kamu memasang software desktop yang mengelola keyboard baru, tetapi laptop masih menjalankan software untuk keyboard lama, keduanya mungkin bentrok.

 

4. Memperbaiki Keycap Yang Rusak

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak keempat adalah untuk memperbaiki keycap yang rusak, keycap yang rusak bisa jadi penyebab keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf. Jika tombol, keycap, bantalan tombol, atau penahan secara fisik rusak atau hilang, harus diganti, silahkan cari di mana kamu dapat menemukan pengganti untuk itu. Untuk memasangnya kembali, mulailah dengan memasukkan penahan kunci ke dalam laptop dengan benar lalu pasang penahan tombol (jangan sampai terbalik). Sekarang masukkan bantalan kunci ke dalam penahannya, terakhir pasang keycapnya.

 

5. Periksa Setelan Masukan

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak selanjutnya adalah dengan memerikas setelan masukan, setelan masukan tidak benar bisa membuat keyboard laptop tidak berfungsi windows 10. Mungkin keyboard laptop kamu bertingkah aneh karena pengaturan pengulangan dan penundaan yang salah. Cara menyesuaikan setelan tersebut bisa berbeda – beda tergantung tipe laptop yang kamu gunakan, jadi silahkan cari tahu cara yang tepat.

 

6. Memperbaiki Tombol Bilah Spasi

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak keenam adalah untuk memperbaiki tombol bilah spasi, tidak seperti tombol lain di keyboard, bilah spasi memerlukan langkah tambahan untuk mengaktifkannya kembali dengan benar. Sebelum menempatkan penutup tombol bilah spasi kembali ke laptop, bilah harus dilepaskan dengan memasukkan obeng kepala pipih di bawahnya dan menarik ke atas secara perlahan. Setelah bilah ini dibongkar, letakkan bilah spasi baru di laptop. Jangan sampai terbalik, tekan ke bawah untuk memasangnya kembali ke tempatnya.

 

7. Periksa Pengaturan Bahasa di Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak selanjutnya adalah dengan memastikan bahasa yang digunakan benar, cara ini bisa jadi cara mengembalikan fungsi keyboard seperti semula. Untuk melakukannya di Windows Klik to Start > Pengaturan > Time & Language lalu pilih Bahasa yang terdaftar di sebelah kiri dan verifikasi bahwa Windows diatur ke bahasa yang benar. Setelah menginstal, klik Options untuk memilih jenis keyboard. Untuk MacOS, klik ikon roda gigi di Dock > Language & Region lalu verifikasi bahasa pilihan kamu.

 

8. Perbaikan Perangkat Lunak : Mulai Ulang Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak ke delapan adalah untuk memperbaiki jika software error, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengaktifkan keyboard laptop. Ini harus menjadi langkah pertama kamu dalam menyelesaikan masalah keyboard, jika secara fisik keyboard tidak rusak. Terkadang konflik muncul di sisi perangkat lunak yang menyebabkan driver keyboard menjadi tidak responsif, seperti konflik dengan driver atau aplikasi lain. Mem-boot ulang dapat membantu menyelesaikan konflik atau kesalahan itu.

9. Periksa Pengaturan Wilayah di Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak selanjutnya adalah dengan memerikas pengaturan wilayah atau bahasa di laptop kamu, ini adalah cara memperbaiki keyboard laptop yang error. Apakah pengaturan wilayah di laptop berubah? Untuk mengetahuinya, di Windows silahkan klik Start > Pengaturan > Time & Language lalu pilih Wilayah yang terdaftar di sebelah kiri dan verifikasi bahwa Windows diatur ke wilayah yang benar. Untuk MacOS, klik ikon roda gigi Preferensi Sistem yang terletak di Dock > Language & Region lalu verifikasi wilayah atau klik panah atas / bawah berwarna biru untuk mengubahnya.

 

10. Perbaikan Perangkat Lunak : Perbarui Driver

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak ke sepuluh adalah dengan memperbarui driver laptop, cara ini bisa memperbaiki keyboard laptop error huruf tertukar. Jika boot ulang tidak berhasil, coba perbarui driver laptop. Biasanya, saat  menyambungkan keyboard, sistem operasi menginstal driver yang kompatibel. Di laptop, driver ini sudah diinstal kecuali jika kamu menghubungkan keyboard eksternal. Driver ini mungkin rusak, menyebabkan masalah komunikasi antara laptop dan periferal. Silahkan perbarui dengan versi terbarunya.

 

11. Perbaikan Perangkat Lunak : Instal Ulang Driver

Cara memperbaiki keyboard laptop rusak selanjutnya adalah dengan menginstall atau memasang ulang driver, cara ini bisa memperbaiki keyboard laptop terkunci. Seperti masalah pada poin kesepuluh, driver mungkin rusak sehingga menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan benar. Jika mempebarui driver pada laptop tidak berhasil, mungkin kamu harus menghapusnya sepenuhnya dan menginstal ulang versi baru.

 

Jika keyboard masih tidak berfungsi setelah memasangnya kembali atau mengganti tutup tombol, bantalan tombol, atau penahan kunci dan upaya – upaya lainnya telah dilakukan, itu mungkin karena papan sirkuit untuk keyboard tidak berfungsi lagi. Jika ada masalah dengan papan sirkuit, kamu perlu mengganti seluruh keyboard, termasuk papan sirkuit, untuk memperbaikinya. Untuk mengganti seluruh keyboard, hubungi produsen laptop untuk mengetahui apakah kamu dapat membelinya langsung dari mereka. Jika tidak, bawa laptop ke bengkel komputer. Sekian panduan cara memperbaiki keyboard laptop rusak ini, have a nice day!