search-button

Jul 29, 2021

10 Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi fingerprint Oppo error, cara mengatasi sidik jari tidak terdeteksi. Sensor sidik jari sudah menjadi elemen mendasar di semua smartphone yang masuk ke pasar di waktu ini, sensor sidik jari tersebut biasanya terletak di layar, di belakang atau di samping ponsel. Fitur keamanan sidik jari atau fingerprint, tidak diragukan lagi adalah cara tercepat dan teraman untuk mengakses ponsel saat ini.


Untuk alasan ini, ketika masalah error muncul pada fingerprint ini, pengguna mungkin akan terganggu dalam penggunaan ponselnya. Ada beberapa masalah yang berasal dari sensor sidik jari dan dalam hal ini, tidak peduli di mana letaknya, fingerprint bisa tidak terbaca, salah baca, atau bahkan memiliki masalah fingerprint lainnya. Untungnya, kita punya cara mengatasi fingerprint Oppo error yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error

Cara Memperbaiki Sidik Jari Oppo Error


1. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error Karena Fingerprint Kotor

Ini adalah penyebab salah satu utamu error pada fingerprint OPPO, juga alasan kenapa fingerprint Samsung tidak berfungsi atau fingerprint ponsel lainnya tidak berfungsi. Ada dua elemen yang harus dijaga kebersihannya agar ponsel bisa mendeteksi sidik jari dengan baik. Yang pertama adalah area pembacaan sensor, dan yang kedua adalah jari yang kamu gunakan untuk membukanya.


2. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error Karena Fingerprint Basah

Demikian pula, jika sensor sidik jari OPPO atau jari yang kamu gunakan basah atau berkeringat. Itu akan menjadi penyebab OPPO tidak dapat mendeteksi sidik jari, itu juga bisa jadi penyebab fingerprint Realme 5i tidak berfungsi atau fingerprint ponsel lainnya tidak berfungsi. Meskipun fitur ini telah meningkat dari waktu ke waktu, fitur ini masih tidak merespons air dengan baik dan kesalahan membaca sering terjadi. Jadi, pastikan sensor dan jari kamu kering ya.


3. Tempatkan Jari Kamu dengan Baik

Ini adalah kesalahan klasik yang mungkin membuat kamu berpikir, masalah ini disebabkan oleh kesalahan perangkat keras. Penempatan jari yang salah bisa jadi penyebab error ini pada OPPO, penyebab ini juga bisa jadi alasan kenapa fingerprint Samsung tidak berfungsi. Untuk ini, kamu harus meletakkan jari kamu pada sensor dengan cara yang sama seperti ketika mendaftarkannya.


4. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error dengan Hapus Cache

Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error selanjutnya adalah dengan menghapus cache dari fitur Fingerprint, cara mengatasi sidik jari tidak terdeteksi ini juga bisa kamu gunakan pada ponsel lainnya. Gunakan cara ini ketika fingerprint, operasinya benar-benar tidak menentu. Dengan kata lain, terkadang terdeteksi dan terkadang tidak. Yang perlu kamu lakukan adalah menghapus cache-nya.


5. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error dengan Hapus Fingerprint yang Terdaftar


Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error


Ini adalah cara mengatasi Fingerprint Oppo error yang paling efektif, dan bisa kamu gunakan juga untuk memperbaiki fingerprint Realme 5i tidak berfungsi. Jika karena alasan tertentu sidik jari tidak terdeteksi dengan benar, kamu dapat memperbaikinya dengan menghapus semua sidik jari yang terdaftar. Untuk ini, buka Pengaturan > sidik jari yang terdaftar sebelumnya, lalu klik untuk menghapusnya. Kemudian lanjutkan untuk mendaftarkannya lagi.


6. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error dengan Mendaftarkan Jari yang Sama

Ini adalah trik atau cara mengatasi Fingerprint Oppo error yang bekerja dengan sangat baik, trik ini tentang memanfaatkan ruang pendaftaran sidik jari yang berbeda untuk mendaftarkan jari yang sama setidaknya dua kali. Dengan cara ini peluang untuk memiliki registrasi yang bagus akan meningkat dan ketepatan saat membuka kunci akan lebih besar. Cara ini bisa kamu gunakan untuk masalah fingerprint pad ponsel lainnya juga.


7. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error dengan Menggunakan Pelindung Layar Bagus

Banyak pelindung layar pihak ketiga atau yang tidak disetujui OPPO, pelindung layar tersebut diketahui menyebabkan masalah dengan sensor di layar. Jika ponsel OPPO kamu memilki fitur sidik jari di layar, solusi untuk error karena ini adalah dengan membukanya dan coba lagi. Jika berhasil tanpa masalah, maka produk pelindung layar itu memang penyebabnya. Kamu harus menggunakan pelindung layar dengan kualitas yang lebih baik.


8. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error dengan Mengurangi Cahaya Layar

Dalam hal ini, cahaya intens yang dikeluarkan oleh layar ponsel dapat mengganggu pendeteksian sidik jari pada layar itu sendiri. Masalah fingerprint karena ini biasanya terjadi sebagian besar saat mendaftarkan sidik jari, solusinya adalah dengan sedikit mengurangi kecerahan pada layar dan kamu bisa menempatkan diri di tempat tanpa sinar matahari yang terik dan coba lagi.


9. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error dengan Menggantinya Jadi PIN

Jika jari yang kamu gunakan untuk fingerprint terluka atau mengalami perubahan lainnya karena banyak hal, maka solusi untuk ini adalah dengan mengganti fitur keamanan fingerprint menjadi PIN atau dengan menggunakan fitur keamanan lainnya. Atau kamu bisa mendaftarkan sidik jari yang lain, sebagai gantinya. Cara ini berlaku untuk ponsel OPPO dengan fitur fingerprint di belakang atau di bagian layarnya. 


10. Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error dengan Perbaikan di Service Center


Cara Mengatasi Fingerprint Oppo Error


Ini adalah upaya terakhir untuk memperbaiki fingerprint yang error di OPPO kamu. Cara ini bisa kamu gunakan jika error pada fingerprint terjadi setelah ponsel OPPO kamu terjatuh atau mengalami benturan yang menyebabkan perangkat keras pada ponsel, terutama bagian fingerprint jadi rusak. Silahkan kunjungi srvice center resmi terdekat, atau kamu bisa datang ke tukang reparasi terpercaya.


Masalah pada fingerprint bisa tejadi karena banyak faktor, dan tidak semuanya kami bahas pada kumpulan cara di atas. So, jika cara – cara dari nomor satu sampai nomor sembilan tidak bisa memperbaiki fingerprint erro pada ponsel OPPO kamu, maka jalan terbaik adalah dengan meminta bantuan perbaikan pada profesional di service center terdekat. Sekian panduan cara mengatasi fingerprint Oppo error ini, have a nice day!