search-button

Apr 1, 2019

10 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi yang bisa kamu coba lakukan. Fingerprint Scanner atau Sensor adalah fitur yang banyak digunakan di hampir semua smartphone baru. Fingerprint bertindak sebagai lapisan keamanan yang tangguh untuk perangkat, teknologi fingerprint menggunakan biometrik dari jari untuk mendeteksi pengguna asli telepon. Tapi kesalahan sensor juga sering terjadi pada banyak ponsel dengan fingerprint termasuk Xiaomi. Hari ini di postingan ini kami akan memberi tahu mu cara memperbaiki fingerprint Xiaomi Redmi 4x dan semua tipe Xiaomi lainnya.


Karena masalah fingerprint sebagian besar disebabkan oleh gangguan software, maka solusi untuk memperbaiki fingerprint Xiaomi Redmi 4x tidak berfungsi dan tipe lainnya pada umumnya sama. Cara - cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi dibawah ini bisa jadi cara mengatasi fingerprint error Xiaomi Redmi 3s, cara mengatasi fingerprint error Xiaomi Redmi 4x, dan cara mengatasi fingerprint error dari banyak tipe lainnya.

10 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi


1. Hapus Cache dari Ponsel

Jika Xiaomi Redmi 4x fingerprint error, kamu bisa mencoba memperbaikinya dengan cara paling sederhana seperti menghapus cache dari ponsel. Ikutilah langkah-langkah dari cara memperbaiki sidik jari Xiaomi 4x di bawah ini yang dapat berbeda sedikit untuk Versi MIUI yang berbeda pula.

  • Buka aplikasi Updater lalu klik tombol Menu, kemudian klik Reboot ke mode Pemulihan,
  • Klik Reboot sekarang, lalu dalam mode Pemulihan pilih bahasa Indonesia/Inggris.
  • Pilih Wipe & Reset dan pilih Wipe Cache, kemudian klik Ya untuk konfirmasi,
  • Ketika proses selesai, klik Kembali kemudian pilih Reboot dan Reboot ke Sistem.

2. Opsi Pengembang

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi ini kemungkinan bisa memperbaiki setting fingerprint xiaomi yang hilang. Perbaikan sederhana ini juga dapat menyelesaikan masalah di banyak perangkat. Kamu hanya perlu membuka opsi Pengembang lalu pilih Nonaktifkan “Jangan teruskan aktivitas”. Setelah itu periksalah fingerprint, apakah itu sudah normal kembali atau belum. Jika mau, kamu juga dapat melakukan optimasi Memori (Tinggi).

Mulai ulang ponsel dan ikuti prosedur penambahan sidik jari secara teratur, kami yakin ini akan memperbaiki tidak bisa tambah sidik jari Redmi 4x. Ok, untuk opsi Pengembang, pertama buka pengaturan lalu klik tentang telepon, klik 5X dalam versi MIUI setelah itu kamu akan mendapatkan opsi pengembang di pengaturan tambahan.

3. Beralih ke Pengguna Tamu

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan beralih ke pengguna tamu. Tarik ke bawah bilah notifikasi dan di sini klik akun pengguna yang ada di kanan atas. Beralihlah ke pengguna Tamu, kamu juga dapat menemukan opsi di bawah Pengaturan Android untuk ini. Cobalah gunakan fingerprint-nya dan jka solusinya bekerja, beralihlah kembali ke akun pengguna normal mu dan kosongkan penyimpanan internal lalu tambahkan sidik jari baru. Selesai!

4. Mode Embed

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan mode Embed. Cukup ubah Pola menjadi Embed dan tambahkan sidik jari mu. Ketika diminta untuk menekan Berikutnya pada layar, Jangan Tekan! Letakkan jari mu pada pemindai dan itu akan membawa mu ke halaman berikutnya dan ikuti instruksi sampai selesai.

Seharusnya setelah ini fingerprint akan bekerja dengan baik lagi. Untuk langkah – langkah lebih lengkapnya ikuti ini, buka Pengaturan lalu pilih Kunci layar dan kemudian Daftarkan jari yang tidak dikenal. Sekarang jangan hapus sidik jari tetapi hapus kunci layar itu sendiri dan kemudian tambahkan kunci layar dan daftarkan sidik jari mu.

5. Reset Ponsel


10 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

Jika tidak ada satu pun cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi di atas yang berfungsi maka gunakan cara mudah ini dengan mengatur ulang atau reset perangkat. Kami sarankan kamu untuk mengatur ulang perangkat dari mode pemulihan. Caranya mudah, tinggal buka aplikasi Updater lalu klik tombol Menu Reboot ke mode Pemulihan. Sekarang klik Reboot dan dalam mode Pemulihan pilih bahasa, setelah itu klik Wipe & Reset dan pilih Wipe All Data.

6. Hapus Beberapa File

Bukalah File Manager dan buka data / sistem /, di sini hapus dua file dengan ekstensi key “kunci” dan tiga file dengan kata ”kunci pengaturan” dalam nama lengkapnya. Setelah itu mulai ulang perangkat dan sekarang tambahkan lagi data sidik jari mu. Kamu juga dapat menghapus file-file /data/system/users/0/fpdata/user.db dan /data/system/users/0/settings_fingerprint.xml di Ponsel Xiaomi mu. Cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi ini diperuntukan untuk pengguna Xiaomi yang sudah melakukan root pada ponselnya.

7. Bersihkan Sidik Jari mu

Cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan membersihakn sidik jadi di jari mu juga membersihkan panel fingerprint di Xiaomi mu. Kita semua tau bahawa sensor pada fingerprint punya teknologi yang sangat sensitif ketika membaca sidik jari. Karena itu ketika kamu akan menempelkan sidik jarimu ke panel scanner fingerprint untuk dibaca, pastikan bahwa sidik jarimu bersih dari kotoran seperti debu, begitupun dengan panel scanner fingerprint-nya.

8. Upgrade ROM MIUI

Ada kemungkinan fingerprint Xiaomi mu rusak itu karena kesalahan sisitem yang tidak kamu sadari, satu – satunya cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi ini adalah dengan memperbarui ROM MIUI. Dalam kurun waktu tertentu Developer akan merilis versi ROM MIUI terbaru untuk memperbaiki bugs pada perangkat Xiaomi dan juga untuk menambahkan banyak fitur baru yang belum ada di versi ROM MIUI sebelumnya.

9. Flash ROM ke ROM Resmi

Jika cara - cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi sebelumnya yang telah kamu coba tidak berhasil, cobalah cara kesembilan ini. Caranya dengan melakukan flash ROM ke ROM resmi jika ROM yang kamu gunakan saat ini memang bukan resmi. Memang banyak perangkat Xiaomi yang beredar dipasaran saat ini menggunakan ROM distributor di dalamnya, dan ROM tersebut memiliki banyak kekurangan yang memunginkan terjadinya berbagai masalah seperti fingerprint yang error.
Baca juga:
3 Cara Menjadikan Xiaomi Sebagai Modem Wifi
15 Cara Mengatasi Download Tertunda Di Play Store Xiaomi
10 Cara Mengatasi “Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti” Di Xiaomi

10. Service Center Xiaomi


Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi


Jika cara - cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi diatas tidak ada satupun yang berhasil, maka pilihan terakhir adalah membawa perangkat Xiaomi mu ke service center. Sangat mungkin penyebab dari masalah fingerprint yang kamu hadapi saat ini adalah karena ada hardware yang rusak yang harus diperbaiki oleh teknisi ahli. Silahkan cari service center Xiaomi resmi yang paling dekat dengan tempat tinggal mu di situs Xiaomi.


Kami sarankan untuk melakukan restart setiap kali kamu selesai mencoba cara – cara mengatasi fingerprint Xiaomi tidak berfungsi diatas, setelah itu periksa kondisi fingerprint mu sebelum mencoba cara lainnya. Kami harap postingan ini bermanfaat untuk mu, silahkan bagikan juga postingan ini jika ada cara yang berhasil memperbaiki kerusakan fingerprint pada Xiaomi mu. Have a good day !