search-button

Jun 18, 2021

Cara Aman dan Mudah Membersihkan Keyboard Laptop (4 Langkah)

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop, lebih mudah dari cara membersihkan keyboard laptop dengan slime. Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu perusahaan IT, keyboard laptop dapat membawa 20.000 kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet. Dengan banyaknya pekerjaan, tugas, dan hiburan yang sekarang ini dilakukan secara online, penggunaan laptop jadi lebih sering dari sebelumnya.


Jika kamu sedang mencoba membersihkan remah-remah, debu, sidik jari, bulu hewan peliharaan, atau residu lengket di laptop kamu, itu bisa dilakukan dengan bantuan bahan yang ada di sekitar kamu loh. Hanya perlu beberapa menit saja untuk membersihkannya. Simak cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop ini yang bisa kamu jadikan cara membersihkan keyboard laptop Asus dan laptop dari brand lainnya.

Cara Aman dan Mudah Membersihkan Keyboard Laptop

Cara Aman dan Mudah Membersihkan Keyboard Laptop


1. Matikan Laptop

Langkah pertama dari cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop adalah dengan mematikan laptop kamu, ini juga berlaku di cara membersihkan keyboard mechanical. Dengan mematikannya, akan mencegah kamu dengan tidak sengaja menekan kombinasi tombol pintas yang menyebabkan bencana. Cabut stekernya juga, untuk mengurangi risiko korsleting jika ada uap air masuk. Kamu juga bisa mencadangkan semua yang penting jika mau.


2. Singkirkan Remah atau Kotoran Sejenisnya

Langkah selanjutnya dari cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop adalah menyingkirkan remah dan teman – temannya. Untuk membersihkan itu, coba balikkan laptop dan ketuk - ketuk bagian bawah sasis dengan lembut. Kamu juga dapat menggunakan slime pembersih ke ruang di antara tombol – tombol, atau gunakan vakum genggam kecil, atau gunakan pengering rambut, tapi jangan ke bagian atas tombolnya langsung.


3. Singkirkan Remah atau Kotoran Sejenisnya II

Jika langkah cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop nomor 2 selesai dan masih ada kotoran di bawah tombol, kamu mungkin perlu melepas tutup tombol. Untuk melakukan ini itu akan tergantung pada model laptop kamu. Dalam beberapa kasus, tidak mungkin melakukannya tanpa merusak tombol. Jika itu memungkinkan, silahkan lepas, tetapi jika tidak dan kamu tidak tahu bagaimana cara mencabut keyboard laptop, lebih baik jangan dilepas.


4. Desinfeksi Dan Hapus Noda

Langkah cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop selanjutnya, bersihkan permukaan keyboard itu sendiri untuk menghilangkan kuman dan noda. Pertama, bersihkan semuanya dengan lap disinfektan. Hindari tisu yang mengandung pemutih, atau gunakan kain lembut dengan sedikit alkohol. Bersihkan penutup tombol satu per satu, serta area di antaranya. Terakhir, keringkan area tersebut dengan kain lembut.


Cara membersihkan laptop di atas bisa kamu jadikan cara membersihkan keyboard macbook dan laptop jenis lainnya juga. Oh untuk langkah terakhir, jangan gunakan kain yang basah kuyup dan jangan menyemprotkan air atau cairan pembersih apa pun langsung ke keyboard. Kamu bisa menggunakan kain lembab mikrofiber untuk mebersihkanya. Hindarilah bahan abrasif yang dapat menggores tombol keyboard. Sekian panduan cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop ini, have a nice day!