search-button

Jun 12, 2021

7 Cara Cek Suhu Laptop

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara cek suhu laptop, dengan atau tanpa hwmonitor. Menjaga suhu laptop kamu tetap terkendali adalah salah satu dasar untuk merawat laptop kamu. Laptop yang panas dapat menyebabkan pelambatan, yang dapat memengaruhi kecepatan clock laptop kamu dan karenanya memperlambatnya. Ini juga dapat menyebabkan laptop crash dan menyebabkan laptop rusak lebih cepat.


Untuk membantu kamu memeriksa atau mengecek suhu laptop kamu, kami akan menunjukkan kepada kamu alat terbaik yang dapat kamu gunakan untuk memantaunya. Alat – alat yang kami rekomendasikan ini, bisa jadi cara yang lebih baik dari cara cek suhu laptop tanpa aplikasi. Ketika kamu sudah tahu suhu laptop kamu, kamu bisa mencari tahu cara menurunkan suhu laptop. Simak, cara cek suhu laptop ini!

Cara Cek Suhu Laptop

Cara Cek Suhu Laptop dan Cara Cek Suhu CPU


1. Fanny

Fanny adalah cara cek suhu laptop berbentuk aplikasi Notification Center Widget dan Menu Bar gratis untuk memantau Mac. Desainnya ringkas yang memungkinkan kamu mengawasi kipas sistem dan suhu CPU atau GPU tanpa mengacaukan ruang kerja kamu. Dengan alat ini, kamau akan mendapatkan informasi tentang kecepatan saat ini, kecepatan target, kecepatan minimum, kecepatan maksimum, kipas, dan suhu CPU/GPU dengan mudah.


2. Throttlestop

Cara cek suhu laptop yang pertama adalah dengan menggunakan Throttlestop, cara ini bisa lebih mudah dari cek suhu PC Windows 10 tanpa aplikasi. Throttlestop adalah alat ringan yang memungkinkan untuk undervolt laptop kamu hanya dengan mendinginkan suhu dan mencegah pelambatan, yang pada gilirannya memungkinkan laptop kamu berfungsi lebih efektif. Kamu dapat menggunakan Throttlestop sebagai pemantau suhu laptop kamu.


3. Speccy

Suite all-in-one lainnya, Speccy, hadir sebagai paket bagus dari berbagai diagnostik sistem, termasuk sebagai cara cek suhu laptop Windows 10. Segera setelah kamu membuka Speccy, kamu akan diperlihatkan semua suhu yang relevan yang perlu kamu ketahui untuk laptop yang sehat. Ini juga bagus untuk menggali informasi di sistem laptop kamu, jadi pastikan kamu mengingat aplikasi ini, jika kamu memerlukan informasi tentang sistem operasi laptop.


4. HWMonitor

Cara cek suhu laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan HWMonitor. Alat ini melakukan lebih dari sekadar memantau suhu laptop kamu, tetapi pada satu layar, kamu juga akan menemukan semua informasi yang dibutuhkan dan banyak lagi. Di panel HWMonitor utama, kamu dapat menggulir ke bawah untuk melihat laptop kamu terdaftar dengan semua informasinya. Kamu akan melihat voltase setiap inti, jumlah RAM yang digunakan dan lainnya.


5. Core Temp

Jika kamu ingin sesuatu yang sedikit lebih fokus pada prosesor itu sendiri, Core Temp adalah pilihan yang baik ketika kamu mencari cara cek suhu laptop atau di perangkat Windows 10 kamu. Ini memberi kamu semua yang mungkin ingin kamu ketahui tentang prosesor laptop. Alat ini bahkan akan memberi tahu kamu tentang batas T Junction prosesor laptop. Kamu juga bisa melihat suhu di System Stray, dengan mengaktifkannya secara default.


6. MSI Afterburner

Cara cek suhu laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan MSI Afterburner, ini dirancang dengan mempertimbangkan laptop para gamer juga loh. Dan bagi mereka yang ingin melakukan overclock PC atau laptop mereka, MSI Afterburner berfungsi ganda sebagai alat yang sangat baik untuk memantau suhu laptop. Setelah kamu menginstal dan membuka Afterburner, kamu akan melihat grafik di layar beranda yang menunjukkan detail suhu laptop.


7. Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor adalah cara cek suhu laptop bagus untuk mendapatkan semua statistik yang kamu butuhkan di satu tempat. Alat ini akan dapat memberi tahu kamu berapa suhu laptop kamu, voltase yang digunakan, dan bahkan seberapa cepat kipas sistem kamu bekerja. Ini menjadikannya alat yang kuat yang memungkinkan kamu untuk mengawasi semua suhu sistem laptop kamu.


Ketika cara - cara cek suhu laptop di atas berhasil menunjukan kepada kamu suhu laptop yang sebenarnya, dan ternyata itu sangat tinggi, jangan panik. Ada banyak solusi yang dapat kamu gunakan untuk menurunkan suhu laptop ke tingkat yang lebih masuk akal. Caranya ada banyak sekali, namun beberapa diantarnya bisa kamu ketahui pada artikel 11 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas ini. Sekian panduan cara cek suhu laptop ini, have a nice day!