search-button

Jan 14, 2021

5 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak. Akhir-akhir ini banyak pembicaraan tentang baterai dan pengisian daya ponsel, tetapi baterai laptop termasuk ke dalam kelas tersendiri dan perlu diperhatikan juga. Baterai laptop adalah salah satu komponen terpenting loh, itu sebabnya kamu harus mengetahui cara mengecas laptop yang benar.

 

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, baterai laptop membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Tapi sayangnya, belum banyak yang tahu cara merawat baterai laptop gaming dan laptop biasa, kekurangan inilah alasan mengapa banyak pemilik laptop harus mengganti baterai mereka lebih cepat dari waktu seharusnya. Disini ada beberpa Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak yang bisa kamu terapkan.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Baterai Laptop Yang Benar

 

1. Laptop dicahrge Sepanjang Waktu

Cara merawat baterai laptop yang benar yang pertama adalah degan tidak selalu membiarkan laptop dalam keadaan dicharge. Haruskah kita menyambungkan Laptop dengan pengisi daya Sepanjang Waktu? jawabannya adalah "Tidak". Untuk penggunaan baterai yang optimal dan untuk memaksimalkan masa pakai baterai laptop kamu, menjaga agar tetap terisi antara 40% dan 80% telah dianggap optimal. Dengan begini baterai tidak akan cepat rusak dan kamu tidak perlu menxari tahu cara kalibrasi baterai laptop ketika baterai rusak.

 

2. Menguras Baterai Sepenuhnya Sebelum Mengisi Ulang

Cara merawat baterai laptop yang benar selanjutnya adalah dengan tidak selalu menunggu baterai sampai habis sepenuhnya sebelum dicharge. Ini adalah tindakan ‘Tidak juga’ untuk dilakukan, membiarkan baterai benar-benar kosong akan mengurangi masa pakainya. Jadi, segera charge ketika bateraai mencai 40 %. Dengan begitu baterai laptop tidak akan mudah rusak dan kamu tidak perlu mencari tahu cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi karena rusak. Fyi, sebagian besar baterai laptop generasi terakhir adalah lithium-ion atau lithium polymer yang dirancang untuk dapat menahan banyak siklus pengisian daya.

 

3. Perhatikan Suhu Baterai Laptop

Cara merawat baterai laptop yang benar yang ketiga adalah dengan tidak membiarkan suhu laptop jadi terlalu panas. Tidak semua laptop dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas untuk pendinginan dan kipas pendingin internal bisa rusak setelah beberapa tahun, cara merawat baterai laptop tanam adalah dengan tidak menggunakan laptop sampai suhunya terlalu panas. Kamu juga bisa menggunakan pendingin eksternal seperti kipasa pad pendingin untuk laptop atau alat pendingin lainnya.

 

4. Awasi Kesehatan Baterai

Cara merawat baterai laptop yang benar selanjutnya adalah dengan mengawasi kesehatan baterai laptop mu, semua baterai kehilangan kapasitas pengisian dari waktu ke waktu meski kamu tahu berapa lama ngecas laptop baru dulu dan menerapkannya. Dengan memantau kesehatan baterai sesekali selalu bisa membantu menabah umur baterai. Untuk melihat apakah baterai laptop kamu mendekati akhir masa pakainya, tahan tombol Option dan klik ikon baterai di bilah menu untuk menampilkan status baterai.

 

5. Tutup Aplikasi Tertentu Yang Menggunakan Banyak Daya

Cara merawat baterai laptop yang benar terakhir adalah dengan menutup aplikasi – aplikasi tertentu yang menggunakan terlalu banyak daya, beberapa aplikasi dan proses yang berjalan di sistem akan menghabiskan masa pakai baterai lebih cepat, kamu harus mengethui aplikasi yang jarang digunakan tetapi mengonsumsi daya berlebih, setelah mengetahuinya, kamu bisa menutupnya.

 

Itulah kelima Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak, itu hanya sebagian cara saja. Masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai laptop kamu, kelima cara diatas merupakan dasarnya saja. Kamu bisa menggunakan cara – cara diatas pada berbagai macam brand laptop yang mungkin kamu pakai, sekian panduan Cara Merawat Baterai Laptop Yang Benar ini. Stay safe!