search-button

Jun 26, 2021

2 Cara Cek Laptop PC Untuk Update Ke Windows 11

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara cek laptop untuk update ke Windows 11. Sistem operasi Microsoft yang terbaru, baru saja diluncurkan. Windows 11 telah diumumkan setelah 5 tahun dan karenanya telah menjadi pembaruan yang sangat ditunggu-tunggu. Terlepas dari desain baru dan tampilan modern, Windows 11 memiliki banyak fitur baru yang menawarkan cara ampuh untuk melakukan banyak tugas.


Yang terpenting, kamu sekarang dapat menjalankan aplikasi Android hampir secara native di sistem bertenaga Windows 11 apa pun. Microsoft menawarkan Windows 11 gratis. Jadi idealnya kamu dapat mengunduh Windows secara gratis di perangkat jika menjalankan Windows 10. Tapi sebelum bisa mengunduh, cek dulu apakah laptop atau PC kamu bisa update? cara cek laptop untuk update ke Windows 11 ada di sini.

Cara Cek Laptop Untuk Update Ke Windows 11

Cara Cek Laptop/PC Untuk Update Ke Windows 11


1. Pastikan Laptop atau PC Memiliki Spesifikasi yang Ditentuntkan

Sementara Windows 11 tersedia sebagai unduhan gratis, Microsoft telah menetapkan dasar spesifikasi perangkat keras, laptop atau PC yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan semua fitur-fiturnya. Semua PC dan laptop yang ditenagai oleh prosesor generasi keenam dan ketujuh Intel tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pembaruan baru, Windows 11 juga tidak akan mendukung sistem 32-bit.

Demikian pula, jika perangkat kamu berjalan pada AMD A-series dan FX-series, bersama dengan Ryzen 1000 dan sebagian besar prosesor Ryzen 2000, itu tidak akan dapat menjalankan Windows 11. Untuk mengetahui spesifikas laptop atau PC kamu, silahkan ketikan ‘System Information’ di bilah pencarian kemudian buka. Di situ detail spesifikasi laptop atau PC kamu akan muncul pastikan spec-nya sesuai dengan ini.

  • Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan 2 atau lebih core pada prosesor 64-bit yang kompatibel atau System on a Chip (SoC)
  • RAM: 4 GB
  • Penyimpanan: 64 GB atau perangkat penyimpanan yang lebih besar
  • Firmware sistem: UEFI, mampu Boot Aman
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
  • Layar: Layar 9 inci atau lebih besar dengan resolusi HD (720P) atau lebih
  • Koneksi internet dan akun Microsoft: Koneksi internet untuk mengunduh dan mengatur perangkat. Akun Microsoft diperlukan untuk beberapa fitur


2. Jalankan Pemeriksaan Kesehatan

Jika sistem laptop atau PC kamu memenuhi kriteria yang disebutkan di atas, kamu perlu menjalankan pemeriksaan kesehatan agar sistem kamu siap untuk menginstal Windows 11. Jika perangkat kamu gagal dalam pemeriksaan kesehatan, kamu masih memiliki waktu untuk memperbarui komputer agar kompatibel dengan Windows 11 karena OS akan mulai diluncurkan sekitar akhir tahun ini.

Untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan, kamu harus mengunduh dan menginstal Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft terlebih dahulu. Setelah terinstal, jalankan programnya. Klik tombol "Check Now" berwarna biru pada banner Windows 11. Jika sistem kompatibel, kamu akan mendapatkan pop-up yang menyatakan " This PC will run Windows 11". Jika tidak didukung tetapi memenuhi persyaratan lainnya, silahkan cek BIOS untuk mengaktifkan TPM.


FYI, hampir setiap CPU modern hadir dengan dukungan TPM. Jika PC atau laptop memiliki CPU Intel maka kamu perlu beralih ke TPM dan untuk AMD kamu perlu memeriksa fTPM PSP di BIOS. Setelah selesai, kamu dapat menjalankan aplikasi pemeriksa kesehatan Microsoft untuk mengonfirmasi status. Ok gengs! Sekian panduan cara cek laptop untuk update ke Windows 11 ini, have a nice day!