search-button

Apr 1, 2021

5 Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10. Jika kamu baru menggunakan Windows 10 dalam beberapa waktu terkahir ini, kamu mungkin memperhatikan bahwa menekan tombol F8 atau SHIFT + F8 pada keyboard PC atau laptop kamu untuk masuk ke Safe Mode tidak lagi berfungsi. Metode atau cara masuk safe mode Windows 7 atau seri di bawah seri 10 ini memang berhenti berfungsi.

 

Cara masuk safe mode Windows 8 atau seri lainnya di bawah seri 10 itu berhenti, karena prosedur start Windows 10 menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Namun, bukan berarti Windows 10 tidak memiliki fitur Safe Mode lagi. Hanya saja untuk mendapatkannya kamu harus mengikuti prosedur lain. Karena itu kami membuat panduan cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10 ini!

Cara Mudah Masuk Safe Mode di Windows 10

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

 

1. Gunakan Shift + Restart pada layar Sign In Windows 10

Cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10 ini adalah jalan ke cara masuk safe mode windows 10 lewat cmd, bisa dilakukan jika kamu tidak dapat masuk ke Windows 10 tetapi kamu dapat masuk ke layar Sign In. Untuk ini, silahkan tekan dan tahan tombol SHIFT pada keyboard. Dengan tombol ini masih ditekan, klik tombol Power dan, di menu yang terbuka, klik Restart > Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings/See more recovery options.

Setelah itu, pilih opsi Startup Settings, kemudian pilih opsi Restart. Setelah Windows 10 di-restart sekali lagi, kamu dapat memilih opsi boot mana yang ingin diaktifkan Standar Safe Mode dengan menekan tombol 4 atau F4, Safe Mode with Networking dengan menekan 5 atau F5 dan Safe Mode with Command Prompt dengan menekan 6 atau F6.

 

2. Hentikan proses boot normal Windows 10 tiga kali berturut-turut

Cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10 ini adalah cara tidak langsung, atau cara masuk safe mode windows 10 dari booting. Jika Windows 10 gagal melakukan booting secara normal tiga kali lipat, keempat kalinya Windows masuk secara default dalam mode Automatic Repair. Dengan menggunakan mode ini, kamu dapat boot ke Safe Mode. Untuk memicu mode Automatic Repair, kamu harus menghentikan proses boot normal tiga kali berturut-turut.

Caranya, gunakan tombol Reset atau Power pada perangkat Windows 10 kamu untuk menghentikannya selama boot, sebelum selesai memuat Windows 10. Jika kamu menggunakan tombol Power, kamu mungkin harus terus menekannya setidaknya selama 4 detik untuk mematikan secara paksa. Saat Windows 10 memasuki mode Automatic Repair, akan muncul tulisan Preparing Automatic Repair kemudian pilih akun yang memiliki izin administrator.

Sekarang, tunggu hingga Windows 10 mencoba membuat diagnosis otomatis untuk perangkat kamu. Setelah itu pada layar Automatic Repair > Advanced options > Troubleshoot > Advanced options > Startup Settings > Restart. Setelah itu, silahkan pilih safe mode yang kamu ingin aktifkan, caranya sama dengan cara nomor satu.

 

3. Gunakan drive instalasi Windows 10 dan Command Prompt

Cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10 yang satu ini akan menggunakan bantuan alat lain. Jika kamu memiliki DVD setup Windows 10 atau falshdisk USB, atau jika kamu dapat membuatnya sekarang, kamu dapat menggunakannya untuk mem-boot perangkat kamu ke Safe Mode. Untuk ini, kamu harus membuat drive instalasi Windows 10, kemudian gunakan untuk mem-boot PC Windows 10 dan tunggu installation environment dimuat.

Selanjutnya, pilih bahasa dan tata letak keyboard yang kamu inginkan dan klik Next > Repair your computer > Troubleshoot > Advanced options > Command Prompt untuk advanced troubleshooting. Di jendela Command Prompt, ketik perintah: bcdedit /set {default} safeboot minimal lalu tekan Enter, setelah muncul tulisan The operation completed successfully muncul, tutup Command Prompt dan pilih Continue di layar berikutnya.

Setelah perangkat reboot, perangkat Windows 10 kamu akan masuk ke Safe Mode. Selanjutnya, silahkan masuk dengan akun pengguna yang memiliki izin administrator, dan lakukan perubahan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mempelajari cara keluar safe mode Windows 10 juga ya.

 

4. Boot dari drive pemulihan USB flash Windows 10

Pernah dengar Windows 10 safe mode from bios? cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10 ini hampir mirip dengan itu, untuk ini kamu dapat membuat drive USB pemulihan sistem atau system recovery USB drive di perangkat lain. Setelah selesai membuat drive pemulihan USB, gunakan itu untuk mem-boot perangkat dan silahkan muat kontennya jika diminta. Pilih tata letak keyboard, kemudian pada layar Choose an option, masuk ke Troubleshoot.

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk boot ke Safe Mode sama dengan yang kami tunjukkan di metode pertama dari panduan ini, yaitu mengikuti jalur ini Advanced options > Startup Settings > Restart. Kemudian, tekan tombol 4 atau F4 pada keyboard untuk boot ke Safe Mode standar, tekan 5 atau F5 untuk boot ke Safe Mode with Networking, atau tekan 6 atau F6 untuk masuk ke Safe Mode dengan Command Prompt.

 

5. Gunakan System Configuration tool (msconfig.exe) untuk mengaktifkan Safe Mode

Cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10 terakhir ini bisa kamu gunakan juga sebagai cara masuk safe mode asus, cara ini bisa dilakukan jika kamu dapat masuk ke Windows 10. Ini adalah salah satu metode termudah untuk boot ke Safe Mode, yaitu dengan menggunakan System Configuration tool. Banyak pengguna mengetahui alat ini dengan nama filenya: msconfig.exe. Di bidang pencarian dari bilah tugas, masukkan kata System Configuration.

Kemudian klik shortcut System Configuration, di jendela System Configuration, klik tab Boot. Di bagian Opsi boot, pilih opsi Safe boot. Terakhir, klik OK. Setelah ini, perangkat perlu me-restart agar pengaturan baru diterapkan. Jika masih ada pekerjaan yang harus bersekan di perangkat, silahkan pilih Exit without restart. Jika tidak, kamu dapat me-restart sekarang, dan perangkat akan secara otomatis melakukan booting ke Safe Mode.

 

Windows 10 adalah sistem operasi cepat dengan proses boot cepat, masuk ke Safe Mode mungkin tidak berfungsi seperti cara masuk safe mode Windows 7 lewat bios atau di sistem operasi Windows yang lebih lama. Tetapi, metode yang kami cantumkan ini mirip dengan yang ada di Windows 8.1. Silahkan coba cara - cara mudah masuk Safe Mode di Windows 10 diatas dan sesuaikan dengan kondisi perangkat kamu. Good luck!