search-button

May 7, 2021

2 Cara Mengganti DNS Android dan iOS

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengganti DNS Android dan iOS, lebih mudah dari cara ganti DNS Indihome. Jika perangkat Android atau iOS kamu terhubung ke VPN tetapi tidak dapat menjelajahi internet, ini berarti perangkat kamu mengalami masalah dengan pengaturan DNS. Ini mudah diperbaiki dan kami telah menyusun instruksi untuk perangkat Android dan iOS yang mungkin kamu gunakan.


Pilih intruksi tergantung pada sistem operasi yang kamu jalankan dan gunakan petunjuk untuk mengubah pengaturan DNS kamu. Kami merekomendasikan untuk menggunakan OpenDNS daripada server DNS lainnya untuk iPhone DNS settings cellular juga Android (OpenDNS: 208.67.222.222 + 208.67.220.220, GoogleDNS: 8.8.4.4 + 8.8.8.8). Simak panduan cara mengganti DNS Android dan iOS berikut ini.

Cara Mengganti DNS Android dan iOS

Cara Setting DNS Server


1. Cara Mengganti DNS Android

Di panduan cara mengganti DNS Android dan iOS yang pertama ini, kita akan mengubah DNS Android, cara ini lebih mudah dari cara mengganti DNS Windows 10. Kita aka mengubah server DNS dari koneksi VPN, saat menggunakan cara ini, server DNS yang kamu masukkan hanya akan digunakan saat koneksi VPN yang kamu atur aktif. Langsung saja ikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Buka Pengaturan > Lainnya > VPN, saat menghubungkan melalui PPTP atau L2TP dari perangkat Android, kamu harus memiliki setidaknya 1 koneksi yang tercantum di sini.
  • Jika sudah ada, klik dan tahan koneksi VPN kamu lalu pilih Edit profil. Centang Tampilkan opsi lanjutan, di sini masukkan server DNS kamu, pisahkan dengan spasi.
  • Klik Simpan, saat terhubung dengan profil VPN ini, perangkat Android kamu akan menggunakan server DNS yang kamu masukkan. Selesai!


2. Cara Mengganti DNS iOS

Di panduan cara mengganti DNS Android dan iOS yang kedua ini, adalah cara untuk iOS, cara ini lebih mudah dari setting DNS Windows 10. Dalam contoh ini kita akan mengatur perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan lainnya untuk menggunakan server DNS Google (8.8.8.8 + 8.8.4.4). Ini akan memberikan potensi peningkatan kecepatan, dan ini hanya dapat dilakukan saat menggunakan koneksi WiFi saja.

  • Langsung  saja Buka pengaturan pada perangkat iOS kamu dan arahkan ke pengaturan WiFi.
  • Pilih jaringan WLAN yang kamu sambungkan dan klik "i" biru di sebelahnya.
  • Di sini, ubah pengaturan DNS ke server DNS Google dengan mengklik baris DNS.
  • Di bidang DNS ini, masukkan 8.8.8.8, 8.8.4.4 (jangan lupa koma dan spasi-nya!)
  • Kembali ke layar sebelumnya dan klik tombol Rumah atau Home, beres!


Perhatikan bahwa setiap penyedia server DNS memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal-hal seperti kecepatan, privasi, logging, keamanan, dan hal lainnya. Jika kamu khawatir tentang kebocoran DNS dan siapa yang dapat melihat kueri DNS yang dikirim dari perangkat kamu, coba cari tahu cara untuk menghentikan kebocoran DNS. Harap diperhatikan juga Saat menghubungkan ke layanan VPN, kamu secara otomatis menggunakan OpenDNS.

Mengubah pengaturan DNS pada adaptor LAN / WLAN, tidak akan mempengaruhi hal ini, karena pengaturan DNS yang diterapkan hanya mempengaruhi koneksi normal atau non-VPN serta mencegah kemungkinan kebocoran DNS selama penggunaan VPN, itu pun jika terjadi fallback. Ok gengs, sampai sini ngerti ya. Sekian panduan cara mengganti DNS Android dan iOS ini, selamat puasa!