search-button

Mar 1, 2021

8 Cara Menghilangkan Virus Flashdisk Secara Portable

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menghilangkan virus flashdisk secara portable atau cara menghilangkan virus di flashdisk dengan cmd. Flashdisk adalah perangkat penyimpanan yang dapat dilepas dan dapat kamu sambungkan ke komputer melalui port universal serial bus atau USB. Flashdisk yang juga sering disebut sebagai thumb drive, pen drive atau flash drive ini mungkin terinfeksi virus dan malware sama yang menginfeksi komputer.

 

Komputer bisa terinfeksi ketika mengunjungi situs web yang meragukan atau menginstal program freeware yang dipenuhi malware. Ketika itulah flashdisk terinfeksi saat disambungkan ke komputer, menghapus virus dari flashdisk mungkin adalah hal yang tidak diketahui banyak orang. Karena itu, kami membuat cara menghilangkan virus flashdisk secara portable ini. Yup, ini adalah cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk secara permanen.

Cara Menghilangkan Virus Flashdisk Secara Portable

Cara Menghapus Virus di Flashdisk

 

1. Sambungkan Flashdisk ke Komputer

Colokkan flashdisk kamu yang terinfeksi virus dan tunggu komputer untuk mendeteksinya. Saat sistem operasi menampilkan jendela yang menanyakan apa yang ingin kamu lakukan dengan flashdisk tersebut, klik "Batal" atau “Cancel” untuk menutupnya.

 

2. Jalankan Command Prompt

Klik tombol "Start", lalu "Run" untuk menjalankan kotak perintah. Kemudian ketik "cmd" dan tekan "Enter" untuk memulai Command Prompt. Langkah ini akan membuka jendela dengan latar belakang hitam dan "C:" di sebelah kursor yang berkedip.

 

3. Temukan flashdisk di Command Prompt

Klik tombol “My Computer”, lalu klik kanan ikon flashdisk. Cari tahu huruf drive mana yang ditujukan untuk flashdisk yang terinfeksi virus. Kemudian kembali ke jendela Command Prompt dan ketik huruf flash drive bersama dengan titik dua. Jika itu adalah drive "E", ketik "E:". Lalu, tekan "Enter".

 

4. Cari Tahu Apa itu Virus

Ketik "dir / w / a" di Command Prompt dan tekan "Enter". Ini akan membuka daftar file yang ada di dalam flash drive. Cari file yang tidak dikenal atau rusak di flashdisk. Sebagian besar virus memiliki nama seperti "svchost.exe", "Ravmon.exe", "Autorun.inf", dan "Heap41a". Jenis virus yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk menghapusnya, tetapi kami selalu dapat mencoba cara paling dasar untuk menghapusnya terlebih dahulu.

 

5. Nonaktifkan File yang Terinfeksi

Ketik "attrib -r-a-s-h" di Command Prompt dan kemudian tekan "Enter". Ini akan menonaktifkan semua file yang terinfeksi, termasuk semua file yang dikaitkan dengan file dengan kata “hidden”, “read only”, “archive”, dan “system”.

 

6. Hapus File

Setelah dinonaktifkan, kamu harus menghapus semua file yang terinfeksi. Di Command Prompt, ketik "del samplefilename". Gantikan "samplefilename" dengan nama sebenarnya dari file yang terinfeksi. Kemudian, tekan "Enter," ini akan menghapusnya dari flashdisk. Tutup Command Prompt.

 

7. Pindai USB dengan Anti-Virus

Buka anti-virus yang ada di komputer kamu dan gunakan untuk melakukan scan virus pada flashdisk. Ini akan memulai pemindaian menyeluruh dan ini akan menampilkan laporan jika ada lagi file atau virus yang terinfeksi di dalam flashdisk.

 

8. Periksa USB di Komputer Lain

Keluarkan flashdisk dengan aman, lalu sambungkan ke komputer lain. Ulangi dua langkah pertama menggunakan Command Prompt untuk memeriksa apakah virus sudah tidak ada stsu masih ada.

 

Bonus: Salah satu jenis virus USB yang paling umum adalah virus shortcut atau pintasan dan virus ini juga akan menghasilkan file aplikasi bernama “shortcut.exe”. Jika kamu membuka aplikasi ini, itu akan melepaskan dan mengaktifkan virus ke komputer juga flashdisk apabila disambungkan. Kamu dapat menghapusnya secara manual, tinggal sambungkan flashdisk ke PC dan klik kanan Command Prompt dan pilih "Run as Administrator". Ketik huruf drive USB dan tekan "Enter". Setelah itu, ketik "del * .lnk" dan tekan "Enter." Ketik “attrib -s -r -h *. * /S.d/l/” dan tekan “Enter”. Beres! Sekian panduan cara menghilangkan virus flashdisk secara portable ini, have a nice day!