search-button

Mar 16, 2021

8 Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Akibat WhatsApp

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp. Saat ratusan obrolan dan file media grup menumpuk atau data WhatsApp terlalu besar, WhatsApp dengan cepat mulai menempati lebih banyak penyimpanan dari yang dibayangkan. Dan pada akhirnya, WhatsApp dan aplikasi lainnya mungkin berhenti bekerja, mengingat perangkat mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk menjalankan aplikasi.

 

Saat penyimpanan ponsel kamu penuh atau hampir penuh, kemungkinan besar akan muncul tanda-tanda lag dan melambat pada kinerja ponsel. Selain itu, aplikasi tertentu mungkin berhenti berfungsi untuk saat ini. Lalu, apa yang harus dilakukan dalam masalah ini? bagaimana cara menghapus cache WhatsApp di iPhone atau ponsel lainnya supaya penyimpanan tidak penuh? Nah, berikut panduan tentang cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp.

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Akibat WhatsApp

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Akibat WhatsApp

 

1. Hapus Cache di WhatsApp

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp selanjutnya adalah dengan menghapus cache pada aplikasi WhatsApp, juga aplikasi lainnya yang mungkin memiliki cache yang bertumpuk. Kamu dapat mencoba menghapus cache dan data dari pengaturan tetapi pastikan untuk membuat cadangan obrolan kamu terlebih dahulu. Jika memang ada chat atau brolan yang penting.

 

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp di Android

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp yang pertama adalah dengan penghapusan file di WhatsApp, tinggal buka aplikasi WhatsApp di ponsel. Klik menu tiga titik di kanan atas dan pilih Pengaturan. Sekarang, buka Data and Storage Usage > Storage Usage. Di sini, klik salah satu kontak atau grup untuk melihat rincian, lalu klik Kosongkan Ruang Penyimpanan dan pilih file – file yang ingin dihapus. Setelah selesai, klik Hapus Item lalu konfirmasikan saat diminta.

 

3. Kosongkan Ruang Penyimpanan WhatsApp di iPhone

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp ini juga adalah cara membersihkan WhatsApp tanpa menghapus chat, kita akan menghapus file – file WhatsApp di iPhone. Caranya sedikit berbeda dengan Android, di iPhone, buka aplikasi WhatsApp dan buka tab Pengaturan >  Penggunaan Data dan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan. Di sini ada daftar semua percakapan WhatsApp, diurutkan berdasarkan ukuran. Klik percakapan untuk melihat detail lalu dari bagian bawah layar, klik tombol Kelola. Sekarang, pilih jenis media yang ingin dihapus lalu klik Hapus. Klik tombol Hapus di pesan pop-up sekali lagi untuk mengonfirmasi.

 

4. Berhenti Menyimpan Foto WhatsApp ke Ponsel

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp selanjutnya adalah dengan tidak menyimpan foto – foto dari WhatsApp, cara menghapus data WhatsApp di Android ini bisa kamu gunakan juga di iOS. Secara default, di Android dan iOS, WhatsApp akan secara otomatis mengunduh dan menyimpan gambar ke ponsel untuk kenyamanan akses cepat. Pengaturan ini dapat diubah, buka Pengaturan > Obrolan lalu nonaktifkan Visibilitas media. Di iOS melalui menu obrolan yang sama, pilih opsi Simpan ke rol kamera akan memungkinkan kamu mematikannya.

 

5. Gunakan Aplikasi ES file Explorer

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi ES file Explorer, kamu bisa mengunduhnya di internet. Perlu kamu tahu gengs, ini akan menghabiskan lebih banyak ruang ketika kamu mengirim gambar ke orang lain, itu akan mengkonsumsi penyimpanan data dan disembunyikan di folder tujuan aplikasi apa. Dengan menggunakan Es file Explorer kamu dapat melihat Gambar mana yang telah kamu kirim dan semua data yang disimpan. Dengan itu kamu dapat menghapus folder dan semua yang tidak kamu butuhkan yang menghabiskan lebih banyak penyimpanan.

 

6. Melakukan Backup ke Google drive

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp selanjutnya adalah dengan mencadangkan atau backup file – file WhatsApp yang ada di penyimpanan ke Googke Drive, kamu juga bisa mencadangkannya ke layanan backup lain. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu tidak bisa menghapus file – file yang ada karena begitu penting, setelah mencadangkannya ke penyimpanan online, kamu bisa menghapus yang ada di penyimpanan ponsel.

 

7. Nonaktifkan Fitur Unduh Otomatis

Selain mengosongkan ruang, kamu dapat mengikuti tip tertentu untuk membatasi penggunaan penyimpanan WhatsApp di ponsel, salah satunya adalah dengan menonaktifkan fitur unduh otomatis. Untuk ini, disarankan untuk menonaktifkan fitur unduh otomatis, setidaknya untuk video. Untuk melakukannya, buka WhatsApp dan buka Pengaturan > Penggunaan data dan penyimpanan > Unduh otomatis media. Di sini, ubah preferensi unduh otomatis menjadi tidak ada.

 

8. Bersihkan Obrolan dan Percakapan Grup WhatsApp secara Teratur

Cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp selanjutnya adalah dengan menghapus chat grup secara regular, kamu harus membiasakan diri membersihkan percakapan lama dan tidak penting serta obrolan grup di WhatsApp. Setiap dua minggu atau lebih, gulir melalui obrolan dan hapus semua chat yang tidak lagi kamu perlukan. Jika kamu tergabung dalam beberapa grup, buka obrolan grup, ketuk Lainnya di menu dan tekan Hapus Obrolan.

 

Itu adalah semua cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp dan mengatasi aplikasi – aplikasi yang berhenti bekerja. Jika tidak berhasil, kamu mungkin memerlukan memori ekternal baru agar ruang penyimpanan bertambah. Jika tidak berhasil juga, mungkin ponsel kamu error dan menampilkan jumlah penyimpanan yang salah dari sebenarnya. Sekain panduan cara mengatasi penyimpanan penuh akibat WhatsApp ini, have a nice day!