search-button

Feb 24, 2021

8 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop atau Komputer

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer, yang juga cara mengaktifkan wifi di komputer Windows 7 dan Windows lainnya. Terkadang nirkabel wifi di komputer atau laptop kamu secara tidak sengaja dimatikan, atau kamu mungkin perlu mengaktifkannya saat pertama kali menggunakan WiFi. Cara mengaktifkannya dapat berbeda menurut merek dan model laptop yang kamu gunakan.

 

Jika kamu termasuk yang belum tahu bagaimana cara untuk mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer kamu, tidak usah khawatir! Di panduan cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer di bawah ini kami telah menyusun beberapa cara paling umum untuk mengaktifkan WiFi di komputer atau laptop kamu, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara mengaktifkan wifi di komputer Windows 10 dan Windows lainnya.

Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop atau Komputer

Cara Menghidupkan WiFi di Laptop dan Komputer

 

1. Hidupkan Dari Tombol WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer pertama adalah dengan menggunakan tombol WiFi, cara ini bisa kamu coba sebagai cara mengaktifkan WiFi di laptop Windows 10 yang hilang. Beberapa laptop memiliki tombol WiFi yang dapat dinyalakan atau dimatikan. Lokasi tombol berbeda-beda, tetapi paling sering ditemukan di tepi depan atau tepat di atas keyboard. Saat diaktifkan, tombol biasanya menyala biru atau hijau.

 

2. Aktifkan WiFi dengan Tombol Fungsi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer selanjutnya adalah dengan tombol fungsi, cara ini bisa kamu coba sebagai cara mengaktifkan WiFi di laptop yang tidak connect. Untuk mengaktifkan WiFi, kamu bisa menekan tombol "Fn" dan salah satu tombol fungsi (F1-F12) secara bersamaan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan nirkabel. Kunci khusus untuk digunakan akan berbeda menurut tipe komputer.

 

3. Aktifkan WiFi di Pengaturan Komputer/Laptop

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer ketiga adalah lewat pengaturan, car ini bisa kamu coba sebagai cara memunculkan wifi yang hilang di Windows 7. Setelah memverifikasi bahwa tombol WiFi diaktifkan, lihat manual pengguna laptop untuk mengaktifkan WiFi di pengaturan komputer. Kamu akan sering menemukan ini di bagian yang disebut "Pengaturan Jaringan" atau "Pengaturan Nirkabel". Setelah dihidupkan, coba hubungkan perangkat ke WiFi.

 

4. Aktifkan WiFi di Area Pemberitahuan Windows

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer selanjutnya yaitu lewat area pemberitahuan, cara ini bisa kamu coba sebagai cara memunculkan WiFi di laptop yang hilang. Silahkan lihat di area pemberitahuan Windows untuk menemukan ikon Wi-Fi atau Internet nirkabel. Klik kanan dengan mouse pada ikon dan pilih opsi untuk mengaktifkan atau mematikan perangkat Wi-Fi di menu pop-up.

 

5. Aktifkan Lewat Open Network and Sharing Center

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer yang ke lima adalah di opsi Open Network and Sharing Center, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengaktifkan WiFi di laptop Asus. Jika tidak ada opsi Aktifkan yang tersedia di menu pop-up area pemberitahuan, mungkin ada opsi yang disebut Open Network and Sharing Center. Jika demikian, pilih opsi ini dan kemudian pilih Ubah pengaturan adaptor. Setelah ikon untuk kartu jaringan nirkabel terlihat, klik kanan dan pilih Aktifkan.

 

6. Matikan Air Plane Mode Dulu Sebelum Mengaktifkan WiFi

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer selanjutnya adalah dengan mematikan terlebih dahulu air plane mode yang mungkin aktif, setelah itu baru aktifkan WiFi dengan salah satu cara yang telah disebutkan. Ingat di Windows 8, saat kamu mengklik kanan ikon Wi-Fi, periksa untuk melihat apakah Mode Pesawat telah diaktifkan. Jika ya, matikan untuk mengaktifkan kartu jaringan nirkabel.

 

7. Mengaktifkan WiFi leat opsi di Panel Control

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer yang ketujuh adalah dengan mengaktifkannya di opsi yang ada di Panel Control. Perlu diketahui bahwa adaptor Wi-Fi juga dapat diaktifkan di Panel Kontrol, kamu hanya perlu mengklik opsi Jaringan dan Pusat Berbagi (cari di bilah search), lalu klik tautan Ubah pengaturan adaptor di panel navigasi kiri. Klik kanan adaptor Wi-Fi dan pilih Aktifkan.

 

8. Aktifkan Wi-Fi di Windows Device Manager

Cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer yang terakhir adalah lewat Device Manager, akses Device Manager dengan mengklik kanan. Pada ikon My Computer di desktop atau di menu Start Windows, pilih Properties dari menu pop-up. Klik tab Hardware di jendela yang terbuka dan klik tombol Device Manager, temukan adaptor Wi-Fi di daftar perangkat keras. Klik kanan nama adaptor dan pilih Enable dari menu pop-up.

 

Ok gengs, itulah kedelapan cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer yang bisa kamu coba di laptop atau komputer kamu. Kamu bisa mencoba satu per satu cara yang kami cantumkan diatas, sampai kamu berhasil menghidupkan WiFi di laptop atau komputer kamu. Jika tidak berhasil, silahkan coba retart laptop atau komputer kamu. Sekian panduan cara mengaktifkan WiFi di laptop atau komputer, have a nice day!