search-button

Jan 27, 2021

3 Cara Cek Baterai Handphone Samsung

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara cek baterai handphone Samsung. Seiring waktu, sebagian besar pengguna ponsel cerdas termasuk pengguna Samsung mengalami beberapa tingkat masalah dengan baterai perangkat mereka. Karena baterai terus digunakan, performa baterai akan menurun seiring waktu. Setelah beberapa tahun, baterai tidak akan bisa bertahan selama ketika baterai masih baru.

 

Mengetahui hal ini, kamu mungkin ingin menjaga kesehatan baterai ponsel Samsung kamu semaksimal mungkin. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara memantau kesehatan baterai Android termasuk Samsung agar perangkat kamu berjalan dengan baik selama mungkin. Silahkan simak cara cek baterai handphone Samsung yang juga bisa kamu terapkan pada handphone dari brand lainnya ini.

Cara Cek Baterai Handphone Samsung

Cara Cek Kesehatan Baterai Handphone Samsung

 

1. Pengaturan

Cara cek baterai handphone Samsung pertama adalah lewat Pengaturan, tapi Samsung dengan OS Android tidak menyediakan cara bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai. Android hanya menyediakan beberapa informasi baterai dasar dalam pengaturannya, untuk itu silahkan kunjungi Pengaturan > Baterai > Penggunaan baterai di menu tiga titik di kanan atas. Di sini, ada daftar aplikasi yang menghabiskan paling banyak baterai. Klik tombol menu tiga titik > Tampilkan penggunaan perangkat lengkap untuk melihat lebih detail.

 

2. Tinjau Kesehatan Baterai Melalui Kode Telepon

Cara cek baterai handphone Samsung selanjutnya adalah dengan kode telepon, Android memiliki beberapa kode tersembunyi yang dapat kamu masukkan ke aplikasi Telepon untuk mengakses menu pengujian. Salah satunya menampilkan berbagai info tentang perangkat, termasuk kesehatan baterai. Kamu dapat mencari tahu kode telepon yang bisa menampilkan kesehatan baterai Samsung kamu di internet, kodenya mungkin berbeda – beda untuk masing – masing tipe perangkat.

 

3. Cara Memeriksa Kesehatan Baterai di Samsung Dengan AccuBattery

AccuBattery adalah salah satu aplikasi dengan peringkat terbaik untuk mendapatkan informasi tambahan tentang baterai perangkat Android kamu. Meskipun tidak dapat memberikan data sebanyak aplikasi yang hanya dapat di-root, ini adalah pemeriksa kesehatan baterai terbaik untuk pengguna Android yang belum di-root. Kamu dapat mengunduh aplikasi AccuBattery untuk Android secara gratis di Play Store, kamu juga bisa meningkatkan kemampuannya dengan menggunakan versi premium.

 

Meskipun ini tidak memungkinkan kamu mengelola kesehatan baterai, setidaknya kamu dapat mengidentifikasi hal – hal yang membuat baterai jadi tidak sehat seperti aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai dan membatasi penggunaannya. Pada akhirnya, ini akan menjaga baterai kamu pada kapasitas yang kuat lebih lama. Sekian panduan cara cek baterai handphone Samsung ini! Have a great day!