search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Tanpa Aplikasi Tambahan (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Ampuh Menghemat Baterai HP Samsung Galaxy Semua Seria Tanpa Aplikasi Tambahan. Kehadiran smartphone android memang memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam segala hal. Dengan adanya berbagai fitur dalam satu gadget tentunya melakukan berbagai hal lebih praktis dan mudah. Namun bagi handphone pintar atau smartphone ini memang memiliki kelemahan yang sudah tidak menjadi rahasia lagi. Dimana kelemahan yang dimiliki smartphone android terletak pada baterainya yang cepat habis, begitu juga pada HP Samsung android.

Berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan Samsung memang cukup diatas rata-rata. Sehingga tidak heran jika pengguna smartphone banyak yang memilih produk Samsung, tentunya kamu juga memiliki HP Samsung Android bukan? Namun apakah kamu mempunyai trik untuk menyiasati Smartphone Samsung kamu agar lebih hemat baterai? Jika kamu belum mengetahuinya, coba yuk simak beberapa tips cara menghemat baterai hp samsung android berikut ini.
Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy

Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy

1. Non Aktifkan Fitur gimik Samsung

Smartphone Samsung memang terbilang smartphone premium apalagi seri Galaxy note 5 dan lainnya. Sebagai smartphone premium memang semakin banyak fitur canggih yang diberikan. Sebut saja pada Samsung Galaxy Note 5 yang menyediakan fitur tambahan berupa briefing, gestures, atau pun smart stay.
Namun tentunya fitur yang canggih tersebut memakan banyak daya baterai. Tentunya kamu bisa mempertanyakan kepada diri kamu sendiri, apakah fitur-fitur pemakan daya tersebut benar-benar kamu butuhkan atau tidak. Pasalnya fitur tersebut ketika tetap diaktifkan walaupun tidak digunakan akan tetap memakai daya baterai dengan skala yang besar.

2. Super Amoled

Banyak smartphone Samsung yang memberikan spesifikasi layarnya berkelas amoled, salah satunya pada Samsung Note 5. Tentunya memang menjadikan smartphone tersebut memiliki kualitas super ok. Namun ketika kamu menggunakan wallpaper berwarna putih atau dengan warna terang lainnya akan menjadikan penggunaan daya baterai samsung menjadi lebih boros.

Untuk itulah salah satu cara menghemat baterai samsung galaxy dianjurkan bagi Smartphone Samsung berlayar amoled sebaiknya menerapkan prinsip “more black less white”. Dengan karta lain gunakan lah wallpaper dengan warna gelap seperti abu-abu atau hitam.
Baca juga:

3. Manfaatkan Fitur Abnormal Battery Usage

Cara menghemat baterai hp samsung android selanjutnya adalah menggunakan fitur abnormal battery usage. Fitur ini telah banyak terdapat pada generasi smartphone Samsung. Fitur ini memiliki fungsi dalam menunjukkan aplikasi mana saja yang menggunakan daya baterai secara berlebihan. Apalagi bagi kamu yang suka mendownload dan menginstall berbagai aplikasi. Tentunya perlu kamu hapus aplikasi yang sebenarnya menggunakan daya baterai secara berlebihan.

4. Hindari Auto Brightness

Banyak pengguna smartphone dan mungkin salah satunya kamu mungkin memanfaatkan fitur auto brightness. Pasalnya fitur ini memang akan mampu menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis tergantung banyak sedikitnya ketersediaan cahaya di suatu tempat ketika kamu menggunakan Hp Samsung kamu. Namun apakah kamu sadari fitur auto brightness ini merupakan salah satu penyebab hp Samsung kamu menjadi lebih boros baterai. Untuk itu ada baiknya kamu mengatur kecerahan layar secara manual saja.

5. Tweak Wifi

Generasi terbaru HP Samsung android memang telah menyediakan fitur pencari jaringan wifi secara otomatis. Tentunya ketika kamu sedang tidak membutuhkan jaringan wifi sebaiknya matikan fitur pencari wifi secara otomatis. Untuk menghemat baterai samsung galaxy dengan cara ini Kamu bisa menuju menu setting pilih wifi kemudian pilih more, always allow scanning, nah pada opsi scan only while wifi is on.

6. Gunakan Go Grayscale

Salah satu cara penghemat daya baterai hp Samsung Andorid selanjutnya adalah mengatur tampilan grayscale. Dimana fitur ini memang dibutuhkan bagi kamu yang memiliki hobi membaca. Dengan mengaktifkan go grayscale tampilan Samsung android kamu akan menjadi tampak ke abu-abuan sehingga kamu akan lebih nyaman ketika membaca dan mengurangi konsumsi daya baterai.

7. Power Saving Mode

Bagi kamu yang menggunakan HP Samsung Android dengan sistem operasi Android lolipop, kamu bisa mengandalkan fitur Power Saving mode yang bisa menghemat penggunaan daya baterai. Dengan demikian semua fungsi smartphone kamu akan lebih dibatasi mulai dari kecerahan layar, koneksi mobile, dan juga WiFi.
Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa menyettingnya di menu pengaturan pilih battery lalu aktifkan battery saver. Namun jika kamu pengguna smartphone Samsung galaxy generasi terbaru seperti Galaxy S6 Edge kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara menggunakan ultra data saving masuk ke pengaturan dan akan menjadikan tampilan HP Samsung android kamu menjadi lebih klasik.
Baca juga:

8. Non-aktifkan Fitur Smart Stay

HP Samsung Android sekelas Samsung galaxy memiliki fitur Smart stay yang mampu menjadikan layar handphone tetap menyala ketika kamu memandangnya. Namun fitur ini membuat penggunaan daya baterai semakin boros lho, untuk itu segera non aktifkan fitur smart stay ini yah.

9. Hindari Mode Wakelocks

Ketika kamu mengaktifkan mode wakelocks ini akan menjadikan smartphone Samsung kamu dipaksa untuk aktif dan mungkin menjadi penyebab kenapa samsung cepat panas. Untuk itulah kamu harus menonaktifkan mode ini dan lebih memilih mengaktifkan mode hibernasi dengan menggunakan aplikasi seperti greenify.

10. Gunakan Charger Original Samsung

Langkah penghematan daya baterai hp Samsung android selanjutnya adalah dengan menggunakan charger original Samsung. Langkah tersebut akan menjadikan daya baterai akan lebih hemat dibandingkan menggunakan charger yang bukan bawaan Samsung. Pasalnya charger original Samsung telah dibekali fitur fast charging yang menjadikan proses isi ulang menjadi lebih cepat. Disisi lain penggunaan charger original juga akan menjadikan umur baterai Samsung galaxy kamu lebih berumur panjang.
Tips menghemat baterai samsung diatas bisa kamu terapkan pada samsung galaxy j2, samsung j1, samsung j5, samsung A5, samsung C9 maupun flagship seperti galaxy S7 dan S8.
Nah itulah cara menghemat baterai hp samsung android yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Tentunya dengan cara-cara diatas diharapkan penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat dan tidak tergantung dengan penggunaan power bank.