search-button

Dec 17, 2020

8 Cara Mengatasi WiFi Error di Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Mengatasi Wifi Error di Android. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan tentang error-nya WiFi di ponsel Android mereka, ketika mereka mencoba menggunakan Android-nya untuk menyambung ke jaringan Wi-Fi yang pernah disambungkan sebelumnya. Error tersebut mungkin tidak bisa diselesaikan hanya dengan memutus sambungan lalu menyambungkannya lagi.

 

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis hal yang menyebabkan WiFi error di Android mu, itulah kenapa tindakan reconect tidak selalu berhasil mengatasinya. Karena itu, kami membuat panduan Cara Mengatasi Wifi Error di Android ini untuk membantu mu menelusuri dan mencoba satu per satu cara yang mungkin akan berhasil memperbaiki WiFi Android kamu yang error.

Cara Mengatasi WiFi Error di Android

Cara Mengatasi WiFi Error di Android

 

1. Re-Aktif Wifi

Ini adalah cara yang paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki error di Wifi Android mu, yaitu dengan menonaktifkan WiFi di Android mu kemudian hidupkan kembali. Kamu bisa membiarkannya tetap non aktif untuk beberapa saat, 1 atau 2 menitan sebelum menghisupkannya kembali. Cara ini bisa kamu guankan sebagai cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di windows 10 juga.

 

2. Restart Android

Cara mengatasi Wifi error di Android selanjutnya adalah dengan merestart atau memulai ulang ponsel Android mu, cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect ini juga bisa kamu gunakan pada perangkat lainnyanya juga yang mengalami error pada WiFi-nya. Dengan memulai ulang ponsel, itu juga akan memperbaiki segala macam error lain yang mungkin terjadi juga, jadi bukan hanya mengatasi error WiFi.

 

3. Coba Atur Ulang Koneksi WiFi

Seperti yang kami katakan sebelumnya, reconnect tidak selalu menjadi tindakan yang berhasil untuk mengatasi error. Tetapi, kamu perlu mencobanya. Terkadang solusi yang paling mudah adalah solusi yang paling tepat untuk dilakukan, yakan. Coba putuskan sambungan WiFi Android kamu dengan hotspot yang tersambung sebelumnya, klik tombol Forget. Setelah itu, silahkan coba sambungkan kembali dengan memasukkan lagi password-nya.

 

4. Ubah Jaringan Nirkabel

Selanjutnya adalah mengubah pengaturan jaringan nirkabel dari DHCP ke IP Statis. Untuk ini, buka Pengaturan >  WiFi. Tekan lama pada WiFi yang terhubung sampai kamu melihat jendela opsi muncul, klik ubah konfigurasi jaringan.  Klik opsi lanjutan > DHCP > Statis. Copy alamat IP yang muncul, hapus yang ada kemudian Saat muncul, simpan informasi yang Anda lihat di bidang alamat IP statis dan hapus. Ketik ketikkan yang sama lagi dan simpan. Tambahkan informasi hanya jika kamu yakin itu benar. Jika ragu, sebaiknya hubungi ISP yang kamu pakai.

 

5. Segarkan Semua Pengaturan Jaringan Android

Jika opsi sebelumnya gagal, maka sepertinya kamu tidak punya pilihan selain menyegarkan semuanya. Termasuk Bluetooth, jaringan seluler, dan jaringan nirkabel secara bersamaan. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Cadangkan & setel ulang  > Atur ulang jaringan dan klik Atur Ulang Pengaturan. Prosesnya tidak akan memakan waktu terlalu lama, tetapi setelah selesai, coba masuk ke jaringan dan semoga, sekarang Android mu dapat terhubung.

 

6. Reset Pabrik

Jika cara - cara mengatasi Wifi error di Android diatas masih belum berhasil, kamu bisa mencoba reset pabrik pada ponsel mu. Tidak seperti cara sebelumnya yang tidak menghapus data apapun di ponsel, cara ini akan menghapus habis semua data yang ada di ponsel. Jadi, sebelum menggunakan cara ini, silahkan cadangkan terlebih dahulu semuanya.  Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara memperbaiki Wifi android Samsung dan Android lainnya.

 

7. Re-Install OS Android

Cara mengatasi Wifi error di Android selanjutnya adalah dengan menginstall ulang OS Android mu, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi WiFi tersambung tapi tidak bisa internet. For your info, error pada WiFi Android mu bisa terjadi karena kerusakan pada OS Android mu. Untuk caranya berbeda – beda tergantung brand ponsel dan versi Android yang digunakan, silahkan cari tahu ya.

 

8. Tukang Service

Cara mengatasi Wifi error di Android yang terakhir di daftar panduan ini adalah dengan membawa ponsel Android kamu ke tukang service, cara ini bisa kamu gunakan juga sebagai cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect di laptop dan perangkat lainya. Jika bisa, silahkan kunjungi tukang service atau service center resmi dari perangkat yang kamu gunakan. Jika masih punya kartu garansi, kamu bisa memperbaikinya secara gratis.

 

Ada kalanya kamu mungkin tidak pernah tahu apa yang menyebabkan masalah error pada WiFi ini, tetapi di sini kamu memiliki banyak solusi untuk mengatasinya. Mudah - mudahan, error WiFi Android mu bisa teratasi dengan cara – cara yang kami cantumkan diatas dan kamu tidak perlu membawanya ke teknisi. Sekian panduan Cara Mengatasi WiFi Error di Android ini, have a nice day!