search-button

Nov 10, 2020

8 Cara Mengatasi TouchWiz Terhenti di Samsung Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android. Masalah atau error pada TouchWiz ini biasanya ditandai dengan munculnya pesan error, biasanya berbunyi “Sayangnya, Touchwiz telah berhenti” atau “Sayangnya, Touchwiz Home telah berhenti.” Kedua pesan kesalahan tersebut memang tampak serupa tetapi sebenarnya tidak.

 

Kedua pesan terebut muncul disebabkan oleh error yang berbeda, tentu saja cara mengatasinya pun akan berbeda. Karena mungkin kamu tidak tau apa penyebab pastinya, di panduan ini kami menuliskan cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android dengan penyebab yang berbeda – beda. Kamu bisa mencoba satu per satu cara yang kami cantumkan sampai TouchWiz normal lagi.

Cara Mengatasi TouchWiz Terhenti di Samsung Android

Cara Mengatasi TouchWiz Terhenti di Samsung Android

 

1. Hapus Cache Touchwiz

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android pertama adalah dengan menghapus cache Touchwiz, karena error tersebut secara khusus menyebutkan Touchwiz sebagai layanan yang lumpuh. Untuk ini, silahkan buka aplikasi Pengaturan di ponsel Samsung mu kemudian gulir ke Aplikasi. Klik Manajer aplikasi, geser ke kanan ke bagian Semua. Disana klik Touchwiz kemudian klik Hapus cache.

 

2. Hapus Data Touchwiz

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android selanjutnya adalah dengan menghapus data Touchwiz, ini akan menghapus semua data yang kamu input ke Touchwiz gaes. Jadi, Touchwiz mungkin akan seperti baru lagi ketika nanti kamu menggunakannya lagi. Caranya hampir sama dengan cara menghapus cache, namun dilangkah terakhir, kamu harus memilih Hapus Data setelah memilih Hapus Cache.

 

3. Restart Ponsel

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android ketiga adalah dengan merestart atau memulai ulang ponsel Samsung mu, cara ini bisa kamu lakukan untuk memulihkan error – error kecil lainnya yang mungkin terjadi pada ponsel Samsung mu. Untuk caranya tergantung pada tipe ponsel Samsung yang kamu gunakan, jadai silahkan googling untuk mengetahui cara restart ponsel Samsung sesuai dengan tipenya.

 

4. Force Close Touchwiz

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android selanjutnya adalah dengan force close atau menghentikan paksa aplikasi TouchWiz, cara ini akan mengentikan aplikasi TouchWiz ini untuk sementara. Untuk langkah – langkahnya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka Setelan atau Settings kemudian buka bagian Aplikasi. Disana silahkan cari aplikasi TouchWiz Home kemudian tekan tombol Paksa berhenti atau Force Close.

 

5. Boot dalam Safe Mode

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android kelima adalah dengan boot ponsel Samsung mu ke mode safe atau safe mode, ini untuk mengetahui apakah error pada TouchWiz karena aplikasi lain atau bukan. Untuk itu, silahkan matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol Daya. Saat logo muncu, lepaskan tombol Daya lalu tekan dan tahan tombol Volume turun hingga restart ponsel selesai. Mode aman akan ditampilkan di sudut kiri bawah layar, lepaskan tombol Volume turun saat kamu melihat Safe Mode.

 

6. Install Launcher lain

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android selanjutnya adalah dengan memasang atau install launcher lain di Samsung mu, cara ini dilakukan sebagai tindakan jika TouchWiz yang terpasang di ponsel Samsung mu benar – benar rusak. Untuk ini, kamu hanya perlu mengunduh launcher yang sesuai dengan ponsel Samsung mu. Kamu bisa mengunduhnya dengan bebas di Internet.

 

7. Hapus Partisi Cache

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android ketujuh adalah dengan menghapus semua partisi cache yang ada di Samsung mu, untuk itu silahkan matikan ponsel mu dulu lalu tekan dan tahan tombol Volume Naik, tombol Home, dan tombol Daya secara bersamaan. Saat ponsel bergetar, lepaskan tombol Daya tetapi terus tekan dan tahan tombol Volume Naik dan tombol Rumah.

Saat layar Pemulihan Sistem Android muncul, lepaskan tombol Volume Naik dan Home. Sekarang tekan tombol Volume Turun untuk menuju opsi 'wipe cache partition’ dan tekan tombol Daya untuk memilihnya. Saat partisi wipe cache selesai, pilih 'Reboot system now'.

 

8. Master Reset

Cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android terakhir adalah dengan master riset atau factory reset, cara ini akan menghapus semua file yang ada. Jadi, silahkan backup dulu semuanya. Langsung saja, matikan ponsel mu kemudian tekan dan tahan tombol Volume Naik, tombol Home, dan tombol Daya secara bersamaan. Lepaskan tombol Daya ketika ponsel bergetar, tetapi terus tekan dan tahan dua tombol lainnya.

Lepaskan tombol Volume Naik dan Home ketika layar Pemulihan Sistem Android muncul, sekarang pilih opsi  'wipe data / factory reset' lalu pilih ‘Yes — delete all user data’. Saat master reset selesai, pilih 'Reboot system now' disorot.

 

Ok gaes! itulah delapan cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android yang bisa kamu coba, pastikan untuk mencoba satu per satu sampai TouchWiz di ponsel Samsung mu kembali normal ya. Jika masih belum berhasil, kami sarankan untuk membawa ponsel Samsung mu ke service center terdekat. Sekian panduan cara mengtasi TouchWiz terhenti di Samsung Android ini. Stay safe!