search-button

Oct 27, 2020

8 Cara Mengatasi TouchWiz Terhenti di Samsung Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD,COM – Inilah panduan cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android. Apakah ponsel Samsung mu sedang bermasalah sekarang ini? Apa baru - baru ini sering terjadi hang yang menyebabkan kamu tidak dapat menggunakan ponsel Samsung mu dengan lancar? Dan notifikasi "Touchwiz Home tidak merespons" muncul dan memberi opsi untuk menekan "tunggu" atau "ok" tetapi tidak dapat menekan opsi apa pun karena layar beku?

 

Setelah itu terjadi, biasanya layar kemudian akan mati dan hanya dapat menyalakannya hingga beberapa menit kemudian. Ini mungkin akan sangat mengganggu, karena itu harus segera diperbaiki. Dibawah ini kami terlah merangkum beberapa cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android, kamu bisa mencoba salah satu atau semua cara yang kami cantumkan untuk memperbaiki ponsel Samsung mu.

Cara Mengatasi TouchWiz Terhenti di Samsung Android

Cara Mengatasi TouchWiz Terhenti di Samsung Android

 

1. Force Close

Cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android yang pertama adalah dengan menutup secara paksa atau force close aplikasi TouchWiz, cara ini juga bisa kamu lakukan pada aplikasi lain yang mungkin bermasalah. Untuk menutupnya secara paksa, silahkan buka Pengaturan di ponsel mu. Buka bagian Aplikasi, disana temukanlah aplikasi TouchWiz. Jika sudah ditemukan klik pada aplikasi kemudian tekan tombol Force Close.

 

2. Cache TouchWiz

Setiap aplikasi yang ada dan yang kamu gunakan di ponsel Samsung atau Android mu yang lain, pastiah menghasilkan file cache. File cache ini bisa kita ibaratkan sebagai sampah dari aplikasi, jika terus diproduksi dan tidak dibuang atau dihapus akan menyebabkan berbagai masalah. Karena itu, silahkan bersihkan cache aplikasi TouchWiz. Tinggal buka Pengaturan > Aplikasi > TouchWiz > Bersihkan Cache.

 

3. Data TouchWiz

Jika cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android dengan menghapus cache masih belum berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan cara ini. Caranya adalah dengan menghapus data pada aplikasi TouchWiz, caranya hampir sama dengan cara menghapus cache pada TouchWiz. Tinggal buka bagian Pengaturan > Aplikasi > TouchWiz kemudian tekan tombol Hapus Data.

 

4. Restart

Mungkin yang menyebabkan error atau masalah ini bukan aplikasinya, mungkin saja penyebabnya adalah dari ponsel Samsung atau Android mu sendiri. Jika memang benar, maka cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android karena ini adalah dengan melakukan restart pada ponsel. Cara ini juga bisa mengatasi berbagai masalah error lainnya yang mungkin terjadi pada posnel mu.

 

5. Safe Mode

Cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android yang ke lima adalah dengan boot ponsel ke mode aman. Untuk itu, matikan ponsel lalu hidupkan lagi sambil menekan tombol volume bawah. Saat ponsel melakukan booting, lepaskan tombol volume bawah. Jika berhasil, di kiri bawah layar, kamu akan menemukan notifikasi "Safe Mode". Sekarang buka Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi > TouchWizHome > Hapus data dan cache lalu restart ponsel mu.

 

6. Cache Partition

Jika cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android sebelumnya tidak berhasil, coba cara kedua ini yang mengharuskan kamu untuk menghapus cache ponsel. Pertama, matikan ponsel kemudian tekan dan tahan secara bersamaan tombol volume atas, home, dan daya. Saat ponsel melakukan boot, lepaskan ketiganya. Pada opsi yang tersedia, pilihlah Wipe Cache Partition dan saat penghapusan selesai, reboot ponsel mu.

 

7. Factory Reset

Cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android ini merupakan cara yang harus kamu gunakan setelah cara – cara lain, karena cara ini cukup ektream. Dengan melakukan factory reset, kamu akan mengembalikan kondisi ponsel Samsung mu ke kondisi pabrik. Semua data dan apapun yang kamu simpan di ponsel akan dihapus, jadi silahkan cadangakn semuanya sebelum kamu memulai proses factory reset ini.

 

8. Launcher Lain

Jika dengan melakukan factory reset atau reset pabrik masih belum berhasil memperbaiki error yang terjadi, maka cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti Launcher original ponsel dengan Laucher yang lain. kamu bisa mengunduh berbagai launcher diluar sana yang cocok dengan ponsel mu dan menggunakannya.

 

Ok gengs! Itulah kedelapan cara mengatasi TouchWiz terhenti di Samsung Android yang bisa kamu coba. Kami yakin, salah satu cara yang kami cantumkan diatas bisa mengatasi masalah yang terjadi pada ponsel mu. Ingat ya! Cobalah dari cara pertama dulu, karena cara – cara diatas kami urutkan berdasarkan resiko kehilangan data terkecil sampai terbesar. Sekian! Stay safe ya gengs!