search-button

Oct 3, 2020

8 Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Panduan lengkap cara mengatasi touchscreen Android yang error. Setiap pengguna mungkin menyentuh layar ponsel Android mereka ratusan kali dalam satu harnyai. Touchscreen ponsel Andorid mu dibentuk dengan kaca yang halus, maka tidak mengherankan jika layar sentuh ponsel touchsreen adalah salah satu komponen paling umum dan sering mengalami masalah atau error.

 

Touchscreen yang error tidak selalu disebabkan oleh kegagalan perangkat keras, ada banyak penyebab lainnya. Jika touchscreen ponsel mu sering gagal merespons, tidak berfungsi sama sekali atau error, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan sebelum mendapatkan bantuan profesional. Berikut beberapa cara mengatasi touchscreen Android yang error yang bisa kamu coba sendiri.

 

Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

 

 

Cara Mengatasi Touchscreen Android Error

 

1. Reboot

Cara mengatasi touchscreen Android yang error yang pertama adalah dengan memulai ulang atau reboot ponel mu, cara ini bisa kamu gunakaan sebagai cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian. Tindakan reboot ini, seringkali jauh lebih efektif daripada yang kamu pikirkan. Memulai ulang ponsel mu akan menyegarkan semua layanan latar belakang, yang bisa saja mogok dan menyebabkan masalah.

 

2. Safe Mode

Cara mengatasi touchscreen Android yang error selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode aman pada Android mu, cara ini bisa kamu jadikan sebagai cara mengatasi touchscreen error Samsung J2 Prime dan ponsel Android lainnya. Mode aman Android memungkinkan mu menggunakan ponsel hanya dengan software bawaannya, jika touchscreen berfungsi normal dalam mode aman, kemungkinan besar aplikasi pihak ketiga adalah penyebabnya di sini.

 

3. Aplikasi Penguji Layar

Cara mengatasi touchscreen Android yang error yang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi penguji layar, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri. Kamu bisa menemukan berbagai aplikasi penguji layar di Play Store yang dapat kamu instal untuk mendiagnosis touchscreen mu. Ini dirancang untuk menunjukkan dengan tepat apa yang sebenarnya salah dengan touchscreen ponsel mu.

 

4. Lepaskan Pelindung Layar

Cara mengatasi touchscreen Android yang error selanjutnya adalah dengan melepaskan pelinfung layar ponsel mu, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh. Jika kamu menerapkan pelindung layar pada ponsel mu sebagai pengaman tambahan terhadap tetesan air atau goresan, kamu harus tau bahwa itu dapat menghalangi sinyal sentuh tangan mu untuk mencapai panel layar.

 

5. Aplikasi Perbaikan Layar

Cara mengatasi touchscreen Android yang error yang kelima adaalh dengan menggunakan aplikasi perbaikan layar, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara memperbaiki layar android tidak merespon. Untuk tampilan yang berfungsi sebagian, kamu mungkin dapat meningkatkan latensi layar dengan aplikasi pihak ketiga perbaikan layar sentuh. Aplikasi tersebut dapat mengkalibrasi layar ponsel mu dan mengurangi waktu respons.

 

6. Akses Suara

Cara mengatasi touchscreen Android yang error ini mungkin lebih ke solusi sementara yang bisa kamu lakukan ketika touch screen rusak, yaitu dengan mengaktifkan kontrol suara ada ponsel mu. Aplikasi Google Voice Access secara proaktif dapat mendengarkan perintah kamu dan menetapkan nomor untuk setiap tindakan yang tersedia di layar. Alih-alih menyentuh ikon aplikasi atau elemen menu, kamu hanya perlu memanggil digit yang telah ditetapkan.

 

7. Eva Facial Mouse

Cara mengatasi touchscreen Android yang error ini juga masih solusi sementara seperti cara sebelumnya, ketika touchscreen error kamu bisa menggunakan aplikasi Eva Facial Mouse. Aplikasi ini melakukan persis seperti namanya, ia akan menambahkan kursor virtual pada layar ponsel mu yang dapat kamu manipulasi dengan wajah mu. Untuk memindahkan kursor, kamu hanya perlu menggerakkan kepala ke arah yang kamu inginkan.

 

8. Pasangkan Keyboard dan Mouse Eksternal

Cara mengatasi touchscreen Android yang error terakhir ini bisa kamu terapkan jika kebetulan kamu punya keyboard atau mouse eksternal yang bisa kamu pasangkan dengan ponsel Android mu. Jika kamu tidak dapat menginstal aplikasi apa pun karena masalah layar, menghubungkan keyboard dan mouse eksternal mungkin bisa membantu. Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasang dongle untuk memasangkan keduanya di ponsel mu.

 

Ok gengs, demikianlah cara – cara mengatasi touchscreen Android yang error yang bisa kamu lakukan sediri sebelum membawanya ke tukang service. Cara – cara yang kami cantumkan diatas bisa kamu gunakan pada berbagai brand ponsel Android gengs, tinggal sesuaikan saja dengan fiturnya. Yup! Ketahui fitur ponsel Android mu, kemudian pilih cara yang paling tepat untuk mempebaikinya. Happy weekend!