search-button

Jul 10, 2018

4 Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara mengatasi touchscreen mencet sendiri di Android bisa dengan mudah diperbaiki dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya layar sentuh hp bergerak sendiri atau sudah tidak resnsif.  Pernahkah anda mengalami kejadian di mana touchscreen Android anda yang tiba-tiba mencet sendiri tanpa disentuh? Problem touchscreen ini bisa dialami oleh Android manapun, mulai dari yang murah dan sederhana sampai yang mahal dan berkualitas tinggi sekalipun.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Ada beberapa cara mengatasi touchscreen mencet sendiri di Android yang bisa kita coba. Setiap caranya tergantung pada kemungkinan penyebab problem itu terjadi. Berikut ada beberapa faktor penyebab dan cara penyelesaiannya untuk dicoba.

Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android

Cara Mengatasi Touchscreen Mencet Sendiri di Android

1. Mengatasi Kondisi Baterai atau Isinya

Salah satu penyebab masalah touchscreen yang kerap disebut sebagai ghost touch ini adalah baterai Android kita sendiri. Ghost touch dapat terjadi apabila isi baterai sudah limit. Solusi untuk penyebab ini tentunya adalah dengan segera mengisi kembali baterainya.

Jika solusi ini tidak mengatasi masalah ghost touch yang kita alami, coba perhatikan kondisi baterai anda apakah melembung atau tidak. Jika iya, pertimbangkan untuk mengganti baterai dengan yang baru. Solusi touchscreen mencet sendiri di Android ini tentu mudah dilakukan.

2. Mengatasi Kondisi Charger Android

Penyebab kedua bisa jadi adalah kondisi charger kita sendiri. Pada umumnya, ghost touch terjadi jika kita menggunakan charger yang tidak ori atau bukan bawaan dari ketika kita membeli Android. Tidak semua charger yang tidak ori dapat sesuai digunakan pada Android kita.

Jika cara mengatasi touchscreen mencet sendiri di Android ini tidak berhasil dan charger anda adalah charger ori, ini berarti charger tersebut sudah tidak layak dipakai dan perlu diganti dengan yang baru. Charger ori juga bisa menjadi penyebab ghost touch seperti ini.

3. Mengatasi Kondisi Suhu Layar Android

Tentunya kita tahu bahwa Android juga memiliki suhu normal di mana Android tersebut dapat bekerja dengan normal juga. Ketika suhu naik dan menjadikannya panas, masalah pertama yang akan kita alami adalah lagging.

Namun, tidak hanya ini saja karena ghost touch juga dapat terjadi karenanya. Untuk mengatasi penyebab ghost touch di Android yang satu ini, yang perlu kita lakukan adalah menghentikan pemakaian selama beberapa saat. Dengan melakukan hal ini, suhu panas Android kita akan turun dan kembali menjadi normal.
Baca Juga:

4. Mengatasi Pembukaan Aplikasi Berlebihan

Lagging tidak hanya terjadi karena suhu layar yang panas saja. Seperti yang umumnya kita ketahui, multitasking juga dapat menjadi salah satu terjadinya lagging. Tentu saja, multitasking juga menjadi salah satu penyebab ghost touch.

Oleh karenanya, cara mengatasi touchscreen mencet sendiri di Android juga termasuk mengurangi aplikasi yang kita buka di Android. Usahakan kita tidak membuka secara berlebihan karena hal ini jelas menyebabkan ketidakstabilan performa. Karena itulah, ghost touch dapat terjadi pada touchscreen Android kita.