search-button

Oct 22, 2020

7 Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video dengan Cepat

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video dengan Cepat. Ukuran sebuah file video bisa sangat besar dan itu bisa menjadi penghambat ketika akan diunggah, file video dengan ukuran lebih kecil akan lebih mudah diunggah. Terlebih lagi video dengan ukuran kecil akan mengurangi penggunaan bandwidth dan waktu unggahan, serta mengurangi buffering dari orang yang melihatnya.

 

Ada dua cara yang dapat diandalkan untuk mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualita videos. Kedua cara tersebut adalah cara kompres video tanpa mengurangi kualitas di PC, Yang pertama adalah membuat video jadi lebih pendek dan kedua adalah dengan menghapus audio dari video. Jika keduanya tidak bisa dilakukan, silahkan ikuti Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video dengan Cepat di bawah ini.

Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video dengan Cepat

Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video dengan Cepat

  1. Pertama, unduh VLC dengan versi yang sesuai dengan OS PC mu. Setelah selesai menginstal, klik Media > Convert / Save.
  2. Kemudian klik Add dan pilih file video yang ingin dikecilkan, selanjutnya klik Convert / Save untuk menampilkan opsi konversi.
  3. Di menu Profile dropdown, lalu pilih jenis konversi yang kamu inginkan. Untuk lebih mengurangi ukuran file video, kamu dapat mengubah resolusi video.
  4. Klik tombol Pengaturan dengan ikon kunci pas dan obeng di sebelah kanan menu Profile dropdown, lalu pilih tab Resolusi.
  5. Dari sana, sesuaikanlah skala untuk mempertahankan proporsi video saat ini, atau menyesuaikan ukuran video secara manual.
  6. Setelah selesai, klik Save. Kamu harus memasukkan lokasi penyimpanan dan nama file, tinggal klik Browse untuk menentukannya. 
  7. Setelah selesai, tekan saja tombol Start. Lalu tunggu hingga proses pengecilan video selesai.  Waktu pemrosesan tergantung pada besar video yang kamu kompres.

 

Selain menggunakan aplikasi kompres video PC VLC yang kami sarankan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi atau software lain. Cara Kompres atau Memperkecil Ukuran Video dengan Cepat diatas merupakan cara memperkecil ukuran video di PC, kemungkinan besar tidak akan bisa dilakukan di Hp. Jika ingin, kamu bisa mencari cara kompres video di Hp. Sesuaikanlah dengan OS Hp yang kamu gunakan ya. Stay safe!