search-button

Sep 19, 2020

8 Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Status Di WhatsApp

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp. WhatsApp tampaknya telah digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, terlepas dari segala fitur dan kelebihan yang ditawarkannya. WhatsApp masih merupakan aplikasi yang kadang mengalami error dan masalah – masalah yang menyulitkan penggunaanya. Dari mulai error kecil sampai error yang membutuhkan penanganan khusus.

 

Salah satu error yang sering terjadi dan yang mungkin sedang kamu alami adalah error ketika kamu tiba – tiba tidak bisa update status WhatsApp mu, ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa WhatsApp tidak berfungsi seperti seharusnya. Untungnya, error tersebut masih bisa diperbaiki. Cukup ikuti cara - cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp di bawah ini untuk memperbaiki kembali aplikasi.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Status Di WhatsApp

Cara Mengatasi Tidak Bisa Update Status Di WhatsApp

 

1. Pastikan Sumber Masalah

Sebelum mengulik cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp, ada baiknya kamu memastikan dulu sumber masalahnya. Kamu bisa memeriksa apakah masalahnya mungkin dari pusat WhatsApp, kamu bisa browsing dan lihat apa ada laporan atau berita jika WhatsApp sedang down atau tidak. Jika memang iya, maka ketika tidak bisa update status whatsapp di iPhone atau di Android pun tidak banyak yang dapat kamu lakukan selain menunggu hingga WhatsApp memperbaiki masalah tersebut.

 

2. Periksa Koneksi Internet Ponsel Mu

Cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp yang kedua adalah dengan memeriksa koneksi internet atau sinyal diponsel mu, kamu bisa mencoba mematikan koneksi internet mu dan kemudian hidupkan kembali lalu coba update status mu. Jika masih tidak bisa, coba buka aplikasi lain seperti Youtube jika tidak terbuka maka artinya alasan kenapa WhatsApp tidak bisa mengirim pesan dan status memang sinyal yang bermasalah. Untuk ini, silahkan pindah ke tempat dengan sinyal yang lebih baik atau ganti provider mu.

 

3. Paksa Berhenti

Cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp selanjutnya adalah dengan memaksanya berhenti atau force stop, cara ini bisa kamu gunakan ketika tidak bisa update status WA di iPhone atau di Android. Penghentian paksa atau force stop ini, pada dasarnya mematikan proses Linux untuk aplikasi. Untuk ini, buka pengaturan dan klik Aplikasi. Kemudian gulir ke bawah hingga kamu menemukan WhatsApp, buka, lalu klik tombol Paksa berhenti.

 

4. Hapus Cache

Jika WhatsApp masih tidak berfungsi, cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menghapus cache di perangkat mu. Dengan membersihkan cache, kamu akan menghapus file sementara yang disimpan aplikasi. Cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi error ketika video tidak bisa jadi status WA. Untuk ini, buka Pengaturan>Aplikasi>WhatsApp>Penyimpanan>Hapus cache.

 

5. Perbarui WhatsApp

Cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp selanjutnya adalah dengan memperbarui aplikasi WhatsApp di ponsel mu, cara mengatasi status WA error ini adalah yang paling mudah. Masalah terkait WhatsApp mu dapat disebabkan oleh bug di aplikasi. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memperbaruinya ke versi terbaru di Play Store, disana klik Aplikasi & game saya, lalu klik tombol Perbarui di sebelah WhatsApp (jika tersedia pembaruan).

 

6. Instal Ulang WhatsApp

Jika cara – cara diatas tidak bisa mengatasi masalah tidak bisa update status di WhatsApp dan tidak berhasil untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa download, maka cara terbaik adalah menghapus aplikasi dari ponsel mu dan kemudian memasangnya kembali. Kami yakin kamu tahu cara melakukannya, tetapi jika kamu seorang pemula Android, kamu dapat melihat panduannya di Google.

 

7. Matikan VPN

Cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp selanjutnya adalah dengan mematikan VPN yang mungkin sedang kamu aktifkan, cara ini juga bisa kamu gunakan ketika WhatsApp tidak bisa buka gambar dan video. Fyi, VPN bisa menjadi alasan mengapa WhatsApp tidak berfungsi seperti seharunya. Jadi, jika kamu mengaktifkan VPN saat mencoba mengakses WhatsApp, matikan saja dan lihat apakah WhatsApp mu kembali normal.

 

8. Downgrade WhatsApp

Cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp yang terakhir adalah dengan menurunkan versi atau downgrade aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan, cara ini bisa kamu lakukan ketika mungkin aplikasi kamu jadi error sesaat setelah update versi. Kamu bisa mengunduh aplikasi WhatsApp lebih rendah antara 1 atau 3 versi dibawah versi terbaru, kamu bisa mengunduhnya di Google.

 

Ok gengs, demikianlah panduan delapan cara mengatasi tidak bisa update status di WhatsApp, semoga salah satu dari cara – cara yang telah kami sebutkan diatas bisa menyelesaikan masalah WhatsApp yang sedang kamu alami sekarang ini. Cara – cara yang kami sebutkan diatas bisa kamu gunakan pada berbagai tipe ponsel dari iPhone sampai ponsel berbagai brand yang ditenagai Android. Stay safe!