search-button

Aug 9, 2019

10 Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call. Panggilan video WhatsApp adalah fitur yang banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang tinggal di sisi ‘dunia lain’. Karenanya ketika WA tidak bisa video call HP Xiaomi, WhatsApp tidak bisa video call di Oppo atau di HP lainnya, itu akan memberi sedikit gangguan pada kelancaran komunikasi pengguna. Tapi, jangan panik dan buru – buru ke service center dulu ! karena kamu masih bisa memperbaikinya sendiri.


Cukup pelajari dan lakukan salah satu dari beberapa cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang telah kami rangkum di panduan ini. Disetiap caranya juga disertakan kemungkinan penyebab – penyebabnya termasuk penyebab video call WA terjeda. Panduan cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call ini juga dapat kamu terapkan untuk iPhone maupun Android. Ok, langsung saja… selengkapnya ! inilah cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call.

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call


1. Masalah Pada Lawan Bicara

Sebelum menggunakan ke poin selanjutnya dari panduan cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call ini, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa yang error itu adalah WhatsApp mu bukan WhatsApp lawan bicara mu. Ketika kamu tidak bisa melakukan video call padanya, cobalah pada yang lain. Jika ternyata pada yang lain bisa, ada kemungkinkan bahwa WhatsApp mu tidak bermasalah tetapi WhatsApp lawan bicara mu.

2. Periksa Koneksi Internet

Cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call selanjutnya adalah dengan memeriksa koneksi internet di ponsel mu. Alasan paling umum mengapa video call di WhatssApp tidak berfungsi adalah ketika ponsel mu memiliki internet yang lambat. Koneksi internet yang tidak dapat diandalkan juga menyebabkan sering terputusnya sambungan dan WhatsApp tidak bisa video call Xiaomi dan di ponsel lainnya. Itu sebabnya kamu harus memastikan kamu memiliki jangkauan data yang baik.

3. Gunakan Xposed

Cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Xposed. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Permission Master - Xposed, setelah itu  instal. Kemudian, buka WhatsApp lalu buka opsi Pengaturan > Chats atau Obrolan > Chat BackUp > BackUp. Langkah selanjutnya adalah dengan mencopot aplikasi WhatsApp, setelah itu unduh dan pasang WhatsApp terbaru lalu buka Xposed. Disana klik Apps > WhatsApp > Take Pictures and Video. Beres !

4. Mulai Ulang Ponsel

Cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call selanjutnya adalah dengan memulai ulang ponsel mu. Jika kamu bingung mengapa WA tidak bisa video call HP Oppo atau di ponsel lainnya dan tidak tahu harus berbuat apa, kamu dapat mencoba menghidupkan ulang ponsel mu. Kedengarannya sederhana tetapi sebagian besar masalah panggilan dan masalah lainnya dapat diselesaikan dengan memulai ulang ponsel mu. Ini adalah hal yang sangat sederhana dan paling intuitif untuk dilakukan, gengs !

5. Konfigurasi Ulang Akun


Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call lain adalah dengan mengkonfigurasi ulang profil. Akun WhatsApp terpasang ke nomor telepon mu, dengan demikian handset dual-SIM dapat menyebabkan masalah. Tinggal buka WhatsApp lalu buka menu 3-titik dan pilih Pengaturan. Klik Akun lalu klik Hapus akun saya. Sekarang, restart perangkat dan pastikan kartu SIM yang ingin kamu gunakan aktif. Buka WhatsApp kembali dan masukkan nomor telepon, laluaktifkan akun dengan kode konfirmasi.

6. Perijinan Aplikasi

Cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call selanjutnya adalah dengan memberikan setiap izin untuk aplikasi WhatsApp. Smartphone sekarang memiliki beberapa pengaturan izin yang mengontrol aplikasi apa yang menggunakan perangkat keras dan sumber daya ponsel apa. Jika whatsapp tidak bisa video call dan telepon kamu tetapi WhatsApp orang lain bisa maka itu mungkin kamu telah menolak izin mikrofon, juga izin kamera. Untuk memperbaikinya, kamu harus memberikan izin ke WhatsApp.

7. Perbarui OS Perangkat

Belum ada cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang berhasil ? Jangan khawatir, masih ada cara lainnya. Untuk menyelesaikan masalah video call ini, kamu bisa mencoba untuk memperbarui OS perangkat mu. Yups ! Siapa tau memang telah tersedia versi terbaru untuk OS yang kamu gunakan, entah itu iOS ataupun Android OS. Coba buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > unduh dan instal pembaruan yang tersedia.

8. Hapus Cache Whatsapp

Cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang satu ini dapat mengatasi Whatsapp tidak bisa video call di iphone juga di smartphone lainnya. Perlu kamu tau, aplikasi Android membuat cache pada penyimpanan internal untuk pemuatan cepat dan manajemen memori, kadang-kadang cache ini menjadi massal dan rusak yang menyebabkan aplikasi jadi error dan juga crash. Kamu dapat menghapus cache untuk WhatsApp agar dapat mengatasi masalah ini.

9. Hapus dan Instal Ulang WhatsApp

Cara ini termasuk cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call yang drastis. Sering kali, orang – orang berhasil menyelesaikan berbagai masalah aplikasi hanya dengan menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali. Mungkin kedengarannya gila dan kamu bahkan mungkin menertawakan ide itu, tetapi percayalah cara ini layak untuk dicoba. Tetapi sebelum melakukan cara ini, jangan lupa untuk mencadangkan seluruh riwayat obrolan mu di WhatsApp ya.
Baca juga:
Whatsapp Error Hari Ini? 10 Tips Cara Mengatasinya
7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi
5 Cara Nonaktifkan Video Call Whatsapp

10. Perbarui WhatsApp


Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Video Call

Dengan memperbarui aplikasi WhatApp sebagai cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call, selalu merupakan praktik terbaik untuk membersihkan bug dan memastikan kamu dapat menikmati fitur-fitur terbaru dan mendapatkan pengalaman terbaik yang tersedia. Jika kamu menggunakan WhatsApp versi lama maka kemungkinan itu adalah alasan tidak bisa video call di Whatsapp iPhone dan smartphone lainnya.


Sekarang kamu telah tau mengapa masalah Panggilan terjadi di WhatsApp dan cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call terbaik yang mungkin untuk memperbaiki masalah semacam ini. Seperti yang kami katakan, solusi atau cara – cara mengatasi Whatsapp tidak bisa video call diatas dapat diterapkan untuk perangkat Android maupun iOS. Cobalah !