search-button

Jul 25, 2020

11 Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot dan Ngelag

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara - cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag. Seperti semua perangkat Android lainnya, Hp Samsung memang cenderung melambat seiring waktu. Berita baiknya adalah bahwa masalah ini seringkali dapat dengan mudah diselesaikan. Ada beberapa cara berbeda yang dapat kamu coba untuk mempercepat Hp Samsung mu yang lemot atau sering ngelag.


Untuk lebih nyatanya menghilangkan lemot dan ngelag pada Samsung mu, yang perlu kamu lakukan adalah melakukan beberapa tugas sederhana. Berikut ini kami akan memberi mu beberapa cara untuk mempercepat Samsung mu dan ponsel lainnya, cara – cara tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi Youtube lemot di Android. Selengkapnya cara - cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag berikut ini.


Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot dan Ngelag


Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot dan Ngelag


1. Restart

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag pertama adalah dengan merestart Hp Samsung mu, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi Hp Xiaomi, Oppo, Viva dan Hp dari brand lainnya yang lemot. Cara ini merupakan cara yang sederhana, dan tidak akan membahayakan apapun di Hp mu. Selain itu, restart juga mengatasi error – error kecil yang terjadi di Hp Samsung mu.

2. Nonaktifkan Animasi

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag selanjutnya adalah dengan menonaktifkan animasi di Hp, animasi memang menjadikan Hp terasa lebih asik tapi animasi tersebut juga akan membuat Hp menjadi lemot. Apalagi jika RAM Hp Samsung mu kecil, itu akan membuatnya semakin terbebani. Jadi silahkan nonaktifkan ya! Silahkan terapkan juga cara selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi Hp lemot Oppo.

3. Factory Reset

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag selanjutnya adalah dengan factory reset atau reset pabrik, cara ini merupakan cara paling mudah dan paling efektif. Bisa dibilinag tingkat keberhasilannya 100 %, namun jika kamu memilih untuk menggunakan cara ini, maka kamu harus bersedia kehilangan semua data yang ada di Hp mu. Tpai itu bisa diatasi dengan mencadangkannya terlebih dahulu.

4. Hapus File Besar

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag yang ke empat adalah dengan menghapus file – file besar yang tersimpan di Hp Samsung mu, lkamu juga bisa memindahkan file – file besar tersebut ke penyimpanan lain seperti Flashdisk atau penyimpanan online seperti Cloud sebagai alternatif cara mengatasi Hp lag. Cara ini bisa kamu terapkan pada Hp Samsung dengan kapasitas penyimanan yang minim.

5. Fitur Perawatan Perangkat

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur perwatan perangkat Samsung secara teratur, Yup! Ini merupkana fitur bawaan dari Samsung. Jadi kamu bisa langsung menggunakannya, fitur ini memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kinerja Hp. Untuk menggunakannya, silahakn  buka Pengaturan > Perawatan Perangkat > Optimalkan Sekarang.

6. MicroSD Class10

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag selanjutnya adalah dengan menggunakan kartu memori atau MicroSD Class10, cara ini merupakan salah satu cara mengatasi video yang lambat. Kenapa harus MicroSD Class10? Jawabannya adalah karena kartu memori ini memiliki kecepatan baca rata - rata sampai 80mbps – 100mbps. Dengan kecepatan itu, Hp Samsung mu tidak akan lemot lagi dalam menampilkan file.

7. RAM Booster (Memory Cleaner)

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag selanjutnya adalh dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, aplikasi seperti RAM Booster (Memory Cleaner) ini akan membantu mu untuk mengatasi Hp Samsung mu yang lemot dan sering ngelag dengan mudah. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan secara dan mengoptimal kerja RAM, kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

8. Hentikan Aplikasi Di Latar belakang

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag yang ke delapan adalah dengan mengentikan aplikasi – aplikasi yang berjalan di latar belakang, cara ini juga bisa menjadi cara mengatasi Youtube lag di Android. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan membebani RAM dan membuat Hp Samsung mu jadi lambat dan mebuat aplikasi yang sedang kamu gunakan tehenti atau lag, so silahakn bersihkan.

9. Kurangi Penerapan Widget

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag selanjutnya adalah dengan mengurangi penarapan atau penggunaan widget, dengan mengaktifkan widget itu artinya kamu membuat Hp Samsung mu terus menerus bekerja. Hal tersebut dapat membuar kecepatan kerja Hp menurun, karena itu gunakanlah seminimal mungkin widget atau jika bisa jangan gunakan sama sekali.

10. Perbarui OS

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag selanjutnya adalah dengan memperbarui OS Hp Samsung mu, cara ini juga bisa kamu jadkikan sebagai cara mengatasi Hp lemot Xiaomi dan Hp dari brand lainnya. Pembaruan OS ini akan menjaga bahkan meningkatkan performa Hp Samsung mu gengs, kamu bisa mengecek jika ada pembaruan untuk OS Hp mu. Jika benar ada, silahkan segera perbarui.

11. Bersihkan Cache

Cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag terakhir adalah dengan membersihkan cache, cache ini merupakan file sampah yang dihasilkan oleh aplikasi – aplikasi yang kamu gunakan. Tentu saja semakin lama file – file cache tersebut akan terus bertambah dan menumpuk di penyimpanan Hp Samsung mu, penumpukan itulah yang akan membuat Hp mu jadi lemot. so silahkan bersihkan.


Demikianlah panduan 11 cara mengatasi Hp Samsung lemot dan ngelag yang bisa kamu coba, cara – cara tersebut juga merupakan cara mengatasi Hp lemot untuk berbagai tipe Samsung juga cara mengatasi Hp dari berbagai brand lainnya yang lemot. Intinya, Hp yang lemot itu paling besar dipengaruhi oleh RAM, jadi perhatikanlah baik – baik RAM Hp Samsung yang kamu gunakan. Have a nice day!