search-button

Sep 10, 2019

15 Cara Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah BerhentI" Di Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di xiaomi. Banyak sekali dari kita yang memilih Xiaomi sebagai ponsel andalan. Bukan tanpa sebab, Xiaomi selalu menghadirkan produk-produk unggulan yang tak kalah dengan merk ternama lain ditambah dengan harganya yang masih bisa kita jangkau.


Terlepas dari itu, ada saja kekurangan yang ditemukan oleh pengguna dari Vendor ini. Misalnya ketika kita membuka aplikasi tiba-tiba muncul pesan “sayangnya aplikasi telah berhenti”. Yups hal itu sering terjadi, untuk memperbaiknya mari kita simak cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi.

Cara Mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di Xiaomi 0


Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Di Xiaomi


1. Cari Signal Yang Bagus

Sebelum menyalahkan Xiaomi kamu, mari kita lihat kondisi signal dari provider yang kamu pakai dan kondisi signal ditempat kamu menggunakannya. Jika emang jelek berarti inilah yang menyebabkan pesan “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi kamu muncul. So ganti provider atau cari tempat bersignal bagus adalah solusinya.

2. Hapus Cache

Pasti diantara teman-teman sudah sering mendengar ini. Tapi memang benar, penumpukan cache dapat menimbulkan berbagai masalah seperti lemotnya Xiaomi kamu sampai munculnya pesan “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi kamu. Kamu bisa membersihkannya secara manual atau mengunduh aplikasi pembersih cache.

3. Hapus Data Aplikasi

Cara selanjutnya mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi kamu adalah dengan menghapus data pada aplikasi tersebut. Dengan melakukan ini, artinya kamu bersedia untuk kehilangan semua data yang ada pada aplikasi.

4. Bersihkan Latar Belakang

Ketika kamu membuka banyak aplikasi sekaligus, secara otomatis aplikasi-aplikasi tersebut akan terus berjalan dilatarbelkang meski kamu sudah tidak membukanya. Dan hal tersebut dapat membebani RAM Xiaomi kamu dan menyebabkan error tersebut. Karena itu coba bersihkan latar belakng dari aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Kompatibel


Cara Mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di Xiaomi 1


Setiap aplikasi memiliki masing-masing minimum kriteria OS yang dapat menjalankannya dengan lancar. Nah mungkin aplikasi tersebut tidak kompatibel atau tidak sesuia dengan OS di Xiaomi kamu, sehingga membuatnya error. Lebih baik dihapus saja ya, dan cari aplikasi yang serupa tapi kompatibel.

6. Perbarui  Aplikasi

Boleh hemat kuota, tapi kalau sampai buat update aplikasi aja gak ngasih itu mah keterlaluan. Aplikasi yang belum di update atau versi lama, dapat menyebabkan masalah ini muncul. So hematnya di kurangi ya teman-teman.

7. Gunakan Versi Aplikasi Yang Lebih Lama

Jika sebelumnya saya menyarankan untuk memperbarui aplikasi untuk mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti. Kali ini saya menyarankankan untuk memundurkan satu versi aplikasi kamu ke yang lebih lama.

Ini dilakukan ketika error terjadi sesaat setalah kamu memperbarui aplikasi tersebut. Kenapa ? ya mungkin aplikasi yang versi baru tidak kompatibel dengan Xiaomi kamu.

8. Reinstal Aplikasi

Mungkin saja terjadi kesalahan ketika kamu mengistal aplikasi, sehingga menyebabkann errornya aplikasi tersebut. Saya sarankan untuk mencopot aplikasi kemudian instal kembali, atau jika kamu mengunduhnya dari situs yang tidak terpercaya, sebaiknya unduh ulang dari situs terpercaya.

9. Copot Aplikasi BETA

Aplikasi BETA merupakan sebutan untuk aplikasi yang masih belum layak atau masih dalam tahap uji. Coba deh cek aplikasi yang sering memunculkan pesan “sayangnya aplikasi telah berhenti”, jika memang aplikasi BETA, lebih baik copot saja.

10. Restart Xiaomi


Cara Mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di Xiaomi 2


Ini merupakan cara termudah mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi kamu. Dengan melakukan ini kamu tidak akan kehilangan data apapun kok, yang kamu dapat adalah kondisi  Xiaomi kamu yang lebih segar.

11. Bersihkan Cache Partition

Para pengguna Xiaomi mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. Yup kamu bisa menemukan fitur ini di MIUI. Dan untuk melakukanya, kamu harus masuk dulu ke mode recovery dengan menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan kemudian tinggal pilih wipe cache partition.

12. Unduh OBB Lewat Aplikasinya

Ketika teman-teman mengunduh OBB tidak pada aplikasinya atau dari situs random. Akan terjadi ketidak cocokan atau file OBB berbeda patch dengan aplikasinya. So unduhlah file OBB dari aplikasinya langsung ya.

13. Perbarui MIUI

Cara lain untuk mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi kamu adalah dengan memperbarui MIUI Xiaomi kamu. Saya sarankan untuk memperbarui MIUI pada kedaan signal yang bagus atau kamu bisa numpang wifi di café terdekat ;).

14. Perbarui OS Android

Seperti yang saya katakana sebelumnya, tidak kompatibelnya aplikasi dengan OS Xiaomi akan menyebabkan masalah ini. Jadi selain mencopot pemasangannya, coba cek dulu apakah OS Xiaomi kamu memiliki versi baru, jika iya silahkan unduh.

15. Factory Reset/Reboot


Cara Mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di Xiaomi 3


Baca Juga :
10 Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi Cepat Panas dan Boros
Cara Membuat Akun Mi dan Mi Cloud di HP Xiaomi
Cara Menampilkan Kontak Xiaomi Semua Seri

Ini merupakan cara terakhir mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi kamu. Dengan melakukan ini kamu bersedia kehilangan semua data, aplikasi, music pokoknya semua file yang kamu masukan di Xiaomi kamu.


Silahkan coba satu persatu ya teman-teman, sampai kamu menemukan solusi yang tepat untuk error yang kamu hadapi. Sekian cara mengatasi “sayangnya aplikasi telah berhenti” di Xiaomi kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ^,^.