search-button

Feb 26, 2020

6 Penyebab Token Listrik Gagal Isi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah enam penyebab token listrik gagal isi. Pada 2008 silam, Perusahaan Listrik Negara meluncurkan sistem listrik prabayar di kota Bandung Jawa Barat. Dan sekarang sistem listrik prabayar tersebut telah digunakan oleh hampir seluruh konsumen listrik di Indonesia. Dengan diluncurkannya sistem listrik prabayar ini, diharapkan semua pengguna dapat mengehemat listrik juga dapat merasakan kemudahannya.


Salah satu kemudahan yang ditawarkan sistem ini adalah pengisian listrik dengan pulsa listrik melalui token listrik yang bisa dibeli dimana – mana, jadi kapanpun pulsa listrik dirumah mu habis, kamu bisa segera mengisi ulang dimana pun kapan pun. Tapi, kemudahan tersebut sedikit memiliki kendala. Dan kendala yang paling sering terjadi adalah gagalnya proses pengisian token listrik. Ada beberapa penyebab token listrik gagal isi, diantaranya sebagai berikut.


Penyebab Token Listrik Gagal Isi

Penyebab Isi Pulsa Listrik Selalu Gagal


1. Meteran Bermasalah

Ketika kamu berpikir bahwa token listrik bermasalah yang menjadi penyebab token listrik gagal isi, kamu harus berpikir ulang. Sebab, ada kemungkinan bahwa meteran di rumah mu yang bermasalah. Untuk mengetahui apakah meteran bermasalah, kamu bisa melihatnya langsung di layar. Biasanya, jika sebuah meteran bermasalah, pada layarnya akan terdapat gambar telapak tangan, tulisan Cancel, Periksa atau Bloked. Jika memang ada, silahkan hubungi pihak PLN di 123.

2. Server PLN Mengalami Gangguan

Penyebab token listrik gagal isi yang kedua adalah karena server PLN sedang mengalami gangguan atau error. Seperti halnya pengisian pulsa pada ponsel, ketika operator sedang mengalami gangguan maka segala mcam proses akan mengalami gangguan. Pun dengan pengisian token pulsa pada meteran, ketika server PLN mengalami gangguan, pasti itu menyebabkan tidak bisa isi token listrik. Dan yang bisa kamu lakukan hanyalah menunggun sampai server pulih kembali.

3. Instalasi Tidak Benar

Penyebab token listrik gagal isi yang satu ini biasanya terjadi pada rumah – rumah yang baru saja memasang instalasi listrik dengan bantuan orang – orang yang bukan profesional atau bukan dari pihak PLN nya langsung. Yup! Ketika ID token listrik tidak bisa diisi, hal itu kemungkinan disebabkan pemasanagn instalasi yang tidak benar atau asal. Jika hal ini benar, segera hubungi pihak PLN untuk membantu memeriksa sebelum kejadian seperti konsleting llistrik terjadi.

4. ID Meter Salah

Penyebab token listrik gagal isi selanjutnya adalah karena ID Meter yang kamu gunakan untuk membeli token pulsa dengan ID Meter yang akan kamu isi berbeda. Perlu kamu tau gengs ketika beli token listrik gagal terus, itu karena setiap token listrik yang dibeli dengan ID Meter tertentu, hanya bisa digunakan atau diisikan ke meteran listrik dengan ID yang sama. Yup! Token listrik itum berbeda dengan voucher kuota yang bisa diisikan ke berbagai nomor ponsel.

5. KwH Melebihi Batas

Perlu kamu tau gengs, pihak PLN menerapkan batas penggunaan atau KwH untuk setiap meteran yang digunakan, seperti yang kami katakan sebelumnya di pembukaan bahwa pihak PLN berharap listrik prabayar ini dapat membuat pengguna berhemat pada konsumsi litriknya. Jadi, ada kemungkinan penyebab token listrik gagal isi adalah karena penggunaan listrik mu sudah melebihi batas yang dtentukan PLN per bulannya.

6. Kode Token Listrik Salah

Masalah isi token listrik gagal juga bisa terjadi disebabkan karena kode token listrik yang kamu masukan salah, jadi untuk menghindari penyebab token listrik gagal isi ini, kamu harus teliti melihat angka kode pada token dan pastikan masukan dengan benar. Dan jika kode yang kamu masukan telah sama dengan token dan masih gagal, ada kemungkinan kode tersebut salah dari tempat kamu membelinya. Coba tanyakan dan pastikan kode tersebut tidak salah dengan menanyakannya kepada penjual.


Demikianlah enam penyebab - penyebab token listrik gagal isi. Jika penyebab – penyebab yang kami sebutkan diatas bukanlah penyebab dari gagalnya token listrik yang kamu masukan, kami sarankan kamu menghubungi pihak PLN untuk mengetahui pasti apa penyebab dari masalah ini dan masalah seperti  token listrik tidak bisa dibeli atau token listrik diblokir. Ok, gengs! Sekian panduan penyebab token listrik gagal isi ini. Have a good day!