search-button

Jan 9, 2020

10 Tips dan Trik HP Samsung M30s

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah sepuluh tips dan trik HP Samsung M30s. Samsung Galaxy M30s berjalan pada OneUI 1.5 di atas Android Pie, dan ditenagai dengan baterai 6.000 mAh yang sangat besar. Smartphone ini juga dilengkapi dengan layar AMOLED dan banderol agresif sebesar Rp. 3 jutaan untuk varian 4GB / 64GB. Samsung telah menyediakan banyak sekali penyesuaian dan fitur berguna pada smartphone ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna.


Beberapa fitur tersebut secara eksklusif dibuat untuk perangkat ini dan beberapa lainnya juga mungkin tersedia di perangkat lain dan telah kamu ketahui sebelumnya. Jika kamu ingin lihat atau ketahui fitur – fitur yang ada atau tersembunyi pada Samsung Galaxy M30s dan ingin tau bagaimana cara untuk memaksimalkan penggunaannya, kamu bisa lihat dan ikuti tips dan trik terperinci di bawah ini. Berikut adalah daftar tips dan trik HP Samsung M30s.

Tips dan Trik HP Samsung M30s

Tips dan Trik HP Samsung M30s


1. Aktifkan Rekaman Panggilan Otomatis

Tips dan trik HP Samsung M30s yang pertama adalah trik agar kamu tidak lupa apa yang dikatakan seseorang ketika menelepon, yaitu dengan mengaktifkan rekaman panggilan otomatis. Yup! Galaxy M30s memiliki fitur perekaman panggilan otomatis bawaan dan untuk mengaktifkannya kamu hanya perlu membuka Dialer. Lalu klik ke opsi tiga titik di sudut kanan atas, pilih Pengaturan. Klik rekaman panggilan, kemudian aktifkan perekaman Otomatis.

2. Aktifkan Mode Malam atau Mode Gelap

Tips dan trik HP Samsung M30s selanjutnya adalah trik untuk mengamankan atau membuat nyaman mata mu ketika berlama – lama menggunakan M30s. Kamu dapat mengaktifkan mode gelap pada Galaxy M30s untuk membuat layar ponsel jadi lebih nyaman dilihat dalam waktu yang lama. Untuk mengaktifkannya, silahkan buka menu Pengaturan lalu pilih opsi Tampilan. Disana kamu akan menemukan opsi Mode Malam, lalu tinggal di aktifkan saja.

3. Kustomisasi Layar Always On

Jika kamu termasuk orang yang ingin menyesuaikan tampilan Samsung Galaxy M30s mu pada mode Selalu Aktif atau Always On, maka kamu dapat menggunakan salah satu trik dari tips dan trik HP Samsung M30s ini. Triknya yaitu dengan mengaktifkan fitur Always On Display pada Samsung Galaxy M30s, tinggal buka saja Pengaturan lalu klik opsi Kunci Layar. Klik opsi Always On Display untuk mengaktifkannya, kamu juga dapat memilih opsi lainnya disana.

4. Ambil foto 48MP dengan Galaxy M30s

Secara default, pada Samsung M30s, foto tidak diambil dalam 48MP. Nah! Jika kamu ingin mengambil gambar dalam 48 megapiksel, bisa! Buka saja aplikasi kamera lalu klik ikon Rasio Aspek, setelah itu pilih opsi 3: 4H. Sekarang, setiap  foto akan diambil dalam ukuran 48MP. Jika ingin menpnaktifkannya, kamu hanya perlu mengubah rasio aspek ke perbandingan yang lebih keci atau yang kamu inginkan dengan cara yang sama. Tips dan trik HP Samsung M30s ini cocok untuk pecinta fotografi.

5. Aplikasi Ganda

Tips dan trik HP Samsung M30s selanjutnya adalah trik untuk mengaktifkan Messenger Ganda pada Samsung Galaxy M30s. Fitur ini memberikan opsi untuk menggunakan dua akun WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainnya. Untuk mengaktifkannya buka Pengaturan lalu klik opsi Fitur lanjutan. Klik Dual Messenger lalu pilih aplikasi yang akan dijadikan dua, setelah itu klik Konfirmasi untuk melanjutkan. Klik Instal, beres!

6. Mengoptimalkan dan Memperpanjang Masa Pakai Baterai

Tips dan trik HP Samsung M30s selanjutnya adalah tips untuk mengoptimalkan dan memperpanjang masa pakai baterai. Untuk itu buka Pengaturan lalu pilih opsi Pemeliharaan Perangkat, klik Baterai. Disana kamu akan melihat semua aplikasi yang berjalan dan berapa banyak persentase dari setiap aplikasi mengkonsumsi baterai. Klik "Hemat Daya" untuk menutup semua aplikasi tersebut dan menghemat baterai.

7. Mode Layar

Tips dan trik HP Samsung M30s selanjutnya adalah trik untuk mengatur nuansa tampilan pada layar. Galaxy M30s mencakup dua mode layar yang berbeda yaitu Vivid dan Natural. Mode vivid dapat disesuaikan ke mode Vivid Cool dan Vivid Warm. Untuk mengaktifkannya, kamu harus memilih mode Tajam, sesuaikan penggeser di bagian bawah sesuai dengan kenyamanan mu. Untuk mengubah mode Layar, Buka Pengaturan lalu pilih Tampilan, kemudian klik Mode Layar.

8. Ukuran dan Gaya Font

Salah satu fitur utama dari OneUI Samsung adalah penyesuaian font. Muncul dengan tiga font berbeda yaitu Default (Samsung), SamsungOne, dan Gothic Bold. Untuk mengubah font di Galaxy M30s, buka Pengaturan Goto > Tampilan > Ukuran & Gaya font. Ubah gaya font dari tiga opsi yang tersedia termasuk font default atau unduh lebih banyak font dari Galaxy Store. kamu juga dapat mengubah ukuran font dengan menyesuaikan bilah geser dan membuatnya tebal dengan mengetuk font Bold.

9. Kustomisasi Bilah Navigasi

Tips dan trik HP Samsung M30s selanjutnya adalah trik untuk merubah bolah navigasi. Yup! Bilah navigasi dapat dengan mudah dialihkan ke Tombol Navigasi atau gerakan layar penuh. Mode isyarat layar penuh menghilangkan bilah bawah dan kamu mendapatkan lebih banyak ruang pada layar untuk aplikasi – aplikasi koleksi mu. Untuk menyesuaikan bilah navigasi, buka saja Pengaturan lalu pilih Bilah navigasi.
Baca juga:
10 Cara Hemat Baterai Samsung M30s
2 Cara Menjadikan HP Samsung Sebagai Modem Wifi di Komputer
5 Cara Menggunakan VPN di Samsung Cepat dan Gratis

10. Flash Notifikasi

Pemberitahuan Flash atau Flash Notifikasi adalah salah satu fitur aksesibilitas paling berguna dari Galaxy M30s. Setelah diaktifkan, kamera ponsel kamu akan berkedip atau layar akan berkedip ketika kamu menerima pemberitahuan dari aplikasi. Untuk mengaktifkan pemberitahuan flash ini, silahkan buka Pengaturan > Aksesibilitas > Pendengaran > Pengaturan Lanjut > Pemberitahuan Flash lalu aktifkan Flash Kamera atau Flash Layar.


Itulah kesepuluh tips dan trik HP Samsung M30s yang bisa kamu terapkan untuk penggunaan maksimal Samsung Galaxy M30s mu. Well, sebenarnya masih banyak fitur Samsung Galaxy M30s dan juga tips dan trik untuk menggunakannya. Jadi, silahkan eksplore sendiri apa saja kelebihan dan yang bisa kamu aktifkan di Samsung Galaxy M30s mu agar membuatnya lebih menyenangkan dan lebih optimal digunakan. Have a good day!