search-button

Jan 8, 2020

10 Cara Hemat Baterai Samsung M30s

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah sepuluh cara hemat baterai Samsung M30s. Sebagai pengguna Samsung M30s, tentu yang diinginkan adalah daya baterai yang cukup untuk bertahan sepanjang hari. Faktanya, faktor utama jumlah masa pakai baterai yang dimiliki ponsel itu bergantung pada bagaimana kamu menggunakannya dan jenis baterai yang digunakan. Setiap baterai dapat kehilangan kapasitas dan voltase pengisian seiring bertambahnya jumlah siklus pengisian dan pemakaian.


Melalui beberapa langkah sederhana yang telah kami rangkum di panduan cara hemat baterai Samsung M30s ini, pengguna dapat memperpanjang usia perangkat mereka. Cara ini juga bisa menjadi cara menghemat baterai Samsung Galaxy J1, cara menghemat baterai Samsung J2 Prime, juga cara menghemat baterai Samsung tipe lainnya. erikut adalah beberapa strategi yang berguna untuk menghemat baterai ponsel mu.

Cara Hemat Baterai Samsung M30s

Cara Hemat Baterai Samsung M30s


1. Hindari 0%

Cara hemat baterai Samsung M30s yang pertama ini merupakan cara menghemat baterai Samsung tanpa aplikasi, cara ini juga merupakan cara yang bersifat panjang atau berkelanjutan untuk usia baterai yang lebih awet. Caranya adalah dengan menjaga agar baterai tidak dicharge dalam keadaan daya pada 0%, jagalah baterai ponsel setidaknya terisi 30%. Hal ini juga dilakukan untuk membuat ponsel tidak mati secara langsung pada keadaan baterai masih ada dari 30%-0%.

2. Hindari Pengisian Cepat

cara hemat baterai Samsung M30s selanjutnya bisa menjadi cara menghemat baterai Samsung S9 Plus, caranya adalah dengan tidak terlalu sering menggunakan mode pengisian cepat. Opsi pengisian daya cepat memungkinkan pengguna untuk mengisi daya dalam hitungan menit. Ini nyaman ketika kita sedang terburu-buru, tetapi sebaiknya harus dihindari. Karena pengisian baterai terlalu cepat dapat mengurangi kapasitas penyimpanannya.

3. Jaga Suhunya

Cara hemat baterai Samsung M30s yang ketiga ini bisa menjadi cara menghemat baterai Samsung S9 Plus dan juga Samsung tipe lainnya, caranya adalah dengan menjaga suhu ponsel. Kisaran suhu di mana baterai dapat disimpan untuk mempertahankan kapasitas pengisian jangka panjang yang optimal adalah antara 0 ℃ dan 45 ℃. Di bawah 0 ℃ di atas atas 45 ℃, akan membuat jumlah daya yang tersedia akan berkurang.

4. Kurangi Kecerahan Layar

Untuk menerapkan cara hemat baterai Samsung M30s ini kamu tidak perlu aplikasi penghemat baterai Samsung, karena dengan cara ini kamu hanya perlu mengatur kecerahan layar lewat pengaturan ponsel. Tidak seperti perangkat dengan layar OLED yang dapat menggunakan opsi " light on dark ", kamu perlu mengaturnya secara manual. Cara termudah untuk menghemat masa pakai baterai ini, bisa mempertahankan fungsi penuh ponsel.

5. Matikan Jaringan Seluler atau Batasi Waktu Bicara

Cara hemat baterai Samsung M30s ini bisa menjadi cara menghemat baterai Samsung Galaxy J1 juga Samsung tipe lainnya, caranya adalah dengan mematikan jaringan seluler atau batasi waktu bicara. Koneksi ke jaringan seluler menggunakan modul sistem global untuk komunikasi seluler (GSM). GSM adalah komponen pengkonsumsi daya yang paling dominan dalam ponsel, sehingga akan sangat menghemat daya jika kamu mematikannya jika tidak digunakan atau membatasi waktu panggilan.

6. Sebisa Mungkin Gunakan Wi-Fi

Cara hemat baterai Samsung M30s yang keenam ini merupakan cara menghemat baterai Samsung tanpa aplikasi, caranya adalah dengan sebisa mungkin menggunakan jaringan Wi-Fi. Perlu kamu tau gengs, dengan menggunakan jaringan Wi-Fi itu lebih dapat menghemat daya hingga 40% daripada menggunakan jaringan seluler 4G pada ponsel untuk menjelajah internet. Jika tersedia Wi-Fi, silahkan matikan data seluler dan gunakan Wi-Fi untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai.

7. Batasi Konten Video

Cara hemat baterai Samsung M30s selanjutnya adalah dengan membatasi konten video yang kamu lihat di ponsel secara online. Cara ini juga bisa menjadi cara menghemat baterai Samsung J2 Prime dan juga menghemat baterai Samsung tipe lainnya. Perlu kamu tau gengs, pemrosesan video adalah salah satu operasi yang paling memakan daya pada perangkat seluler. Karena itu, ada baiknya untuk menghemat daya ponsel mu, kurangilah atau batasi konten video yang kamu tonton.

8. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara hemat baterai Samsung M30s selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode hemat baterai. Semua perangkat seluler modern memiliki mode hemat baterai cerdas, termasuk Samsung M30s. Fitur perangkat lunak ini memodifikasi CPU untuk berbagai aplikasi, kecerahan layar, pemberitahuan, dan berbagai opsi perangkat keras untuk mengurangi konsumsi energi. Untuk cara mengaktifkan mode hemat daya Samsung, kamu hanya perlu menekan ikon mode hemat baterai di panel notifikasi.

9. Aktifkan Mode Pesawat

Cara hemat baterai Samsung M30s ini bisa menjadi cara menghemat daya Samsung J2 Prme juga Samsung tipe lainnya. Untuk ini, kamu tidak perlu aplikasi penghemat baterai samsung j2 prime ataupun aplikasi penghemat baterai Samsung lainnya. kamu hanya perlu mengaktifkan mode pesawat ketika kamu tidak menggunakan ponsel. Saat mengaktifkannya, perangkat hanya akan menggunakan hingga 5% dari konsumsi daya biasanya dengan layar mati.
Baca juga:
15 Kelemahan dan Kelebihan HP Samsung yang Wajib Diketahui
15 Cara Mengembalikan File Terhapus di Samsung
10 Cara Cek Kerusakan HP Samsung Semua Model

10. Mengurangi Batas Waktu Layar Aktif (Kunci Otomatis)

Jika kamu membiarkan layar menyala tanpa menggunakannya, layar akan mati secara otomatis setelah jangka waktu tertentu, biasanya satu atau dua menit. Kamu dapat menghemat daya dengan mengurangi waktu Timeout Layar. Secara default, biasanya Auto-Lock-nya 2 menit. Nah! Kamu bisa mengaturnya pada 1 menit atau bahkan 30 detik. Cara ini mungkin akan sedikit mengganggu untuk kamu yang suka membaca berita ponsel, karena kamu harus sering menyentuh layar untuk menjaganya tetap hidup.


Untuk menghemat daya baterai ponsel kamu memerlukan kombinasi pembatasan penggunaan perangkat keras dan lunak yang haus daya, serta penanganan perangkat seluler sehingga memaksimalkan penggunaan daya dan meminimalkan pemborosan baterai. Dengan mengadopsi strategi atau cara hemat baterai Samsung M30s sederhana ini, pengguna dapat memperpanjang usia baterai hingga lebih dari 40% juga mempertahankan kapasitas baterai yang lebih konsisten sepanjang masa pakai ponsel. Sekian! Have a good day!