search-button

May 8, 2019

15 Penyebab Kenapa Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – InIlah penyebab kenapa Wifi lemot dan cara mengatasinya.Kecepatan atau  Kecepatan internet dan Wi-Fi telah meningkat secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Kecepatan data lebih cepat pada seluruh konektor data kabel dan koneksi internet nirkabel lebih dapat diandalkan daripada sebelumnya.


Meski begitu, koneksi khusunya koneksi Wi-Fi bukan tanpa masalah. Masalah – masalah Wifi tersebut, mungkin pernah atau bahkan sering dialami oleh kamu yang sering menggunakan Wifi dirumah. Dan masalah yang paling mengganggu adalah kecepatan Wifi yang menurun alisa lemot. Karena itu, berikut adalah beberapa masalah penyebab kenapa Wifi lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab Kenapa Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kenapa Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya


1. Posisi Terlalu Jauh dari Router

Selanjutnya salah satu penyebab kenapa Wifi lemot adalah posisi perangkat yang digunakan terlalu jauh dari router. Semakin jauh jarak perangkat dari router, maka kualitas kecepatan Wifi tersebut semakin tidak dapat diandalkan. Cara mengatasinya tentu saja adalah dengan mendekatkan perangkat ke router, kami sarankan untuk mencoba masuk ke ruangan di mana router berada dan lihat apakah itu memperbaiki masalah atau tidak.

2. Posisi Router Terlalu Rendah

Penyebab kenapa Wifi lemot berikutnya adalah karena posisi router yang mungkin terlalu rendah. Yups, jika kelemotan itu adalah masalah yang konsisten atau terus terjadi, coba posisikan router yang kamu pakai lebih tinggi dari posisi sebelumnya, jauh dari perangkat lain yang dapat mengganggu, dan jika memungkinkan tempatkan di lokasi pusat di rumah mu.

3. Bandwidth Kurang

Penyebab lain kenapa Wifi lemot adalah kurangnya bandwidth. Jika ada banyak orang di rumah dan menggunakan komputer, telepon, dan televisi yang menggunakan data, kemungkinan besar kecepatan internet mu akan tersebar tipis dan terjadilah kelemotan itu. Cara mengatasinya adalah dengan memutuskan sambungan perangkat apa pun yang tidak kamu gunakan secara aktif.

Jika tidak mungkin diputuskan, kamu dapat mencoba menghubungkan satu atau lebih perangkat secara langsung ke router menggunakan kabel ethernet Cat-5 untuk membebaskan beberapa bandwidth nirkabel. Tetapi mungkin kecepatan internet tidak akan cukup cepat untuk mendukung semuanya sekaligus.

4. Frekuensi

Penyebab kenapa Wifi lemot selanjutnya, biasanya karena pengaturan frekuensi yang kurang tepat atau mungkin ketika frekuensi sudah tepat, tapi terjadi gangguan ketika ditempatkan di daerah yang ramai. Kebanyakan orang ketika pertama kali mengatur Internet, mereka membiarkan pengaturan tidak berubah di saluran frekuensi nirkabel standar seperti 1, 6 dan 11.

Hal tersebutlah yang menjadi masalah, so cara mengatasinya adalah dengan mengatur agar frekuensi dapat menyesuaikan secara otomatis. Untungnya, banyak router model baru yang mampu secara otomatis memilih frekuensi paling ramai setelah reboot. Jadi kamu hanya perlu melakukan reboot pada router atau masuk ke panel admin dan pilih secara manual saluran yang berbeda.

5. Banyak yang Online


Penyebab Kenapa Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya

Perlu kamu tau nih gengs penyebab Wifi lemot di hp itu bukan hanya karena mungkin ada yang salah dengan router atau dengan HP/ perangkat yang kamu gunakan. Tapi kadang kala atau mungkin sering, penyebab jaringan Wifi lemot di HP adalah karena ketika kamu menggunkan internet, kamu masuk atau online dijam sibuk, kecepatan internet dapat melambat untuk semua orang, terutama di daerah perkotaan yang padat. Yups, karena secara bersamaan semua orang online. So, cara mengatasi Wifi lemot di android karena ini adalah dengan mencoba untuk menjadwalkan jam online di luar jam sibuk untuk mendapatkan kecepatan terbaik.

6. Router yang Sudah Ketinggalan Zaman

Penyebab kenapa Wifi lemot selanjutnya adalah karena model router yang kamu gunakan mungkin sudah ketinggalan zaman. Seperti yang kita tahu, sekarang ini hampir segala sesuatu memerlukan koneksi internet termasuk televisi, speaker, kulkas, printer, lampu, dan lainnya. Hal tersebut dapat menjadi beban jika semuanya terhubung ke satu router model lama, yang memiliki banyak keterbatasan. Cara mengatasi Wifi lemot di android karena ini adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

7. Tidak Ada Koneksi Internet

Penyebab kenapa Wifi lemot selanjutnya adalah karena tidak adanya koneksi internet. Memang, secara berkala sering ada gangguan yang membuat router atau modem berhenti bekerja. Tidak selalu ada penjelasan yang clear soal bagaimana itu terjadi. Nah, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menarik steker. Putuskan sambungan modem dan router dari daya dan tunggu setidaknya 30 detik sebelum memulihkan daya kembali.

8. Pemadaman Layanan yang Masif

Bagi sebagian orang ada salah satu masalah atau penyebab kenapa Wifi lemot, masalah ini umum terjadi pada banyak penyedia layanan Internet. Masalah tersebut adalah koneksi yang terputus sepenuhnya, bukan karena masalah perangkat keras pada router atau modem, tetapi karena memang ada pemadaman layanan yang masif dari penyedia layanan internet yang kamu pakai. Well, tidak banyak yang bisa dilakukan di sini. Tapi kamu dapat pergi ke cafe terdekat untuk menggunakan hotspot.

9. Pengaturan Router

Pengaturan yang kurnag tepat pada router bisa menjadi penyebab kenapa Wifi lemot. Sebagai pusat dari suatu jaringan, router broadband bertanggung jawab atas koneksi internet yang lambat jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Misalnya pengaturan MTU router yang tidak benar, itu dapat menyebabkan masalah kinerja jika disetel terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Jadi, cara mengatasinya adalah dengan memastikan pengaturan router mu tetap konsisten secara default dan mengikuti rekomendasi penyedia layanan internet yang kamu gunakan. Jika mau, kamu juga bisa merekam setiap perubahan yang kamu buat pada konfigurasi router sehingga kamu dapat membatalkannya nanti jika perlu.

10. Sinyal Router Terhalang Benda


Penyebab Kenapa Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya

Hindarilah gangguan sinyal yang memperlambat kecepatan internet mu. Wi-Fi dan jenis koneksi nirkabel lainnya sering berkinerja buruk karena adanya gangguan jalur sinyal, gangguan tersebur akan membuat perangkat terus mengirim ulang pesan untuk mengatasi tumpang tindih atau gangguan sinyal tersebut. Untuk kamu ketahui bahwa objek besar dan padat seperti perapian akan memblokir sinyal Wi-Fi lebih parah dari dinding. Meski perangkat dekat dengan router, tetapi diblokir oleh penghalang maka koneksi akan lemot bahkan tidak terhubung.

11. Waspadai Malware dan Worm Internet

Penyebab lain kenapa Wifi lemot adalah adanya Worm internet, itu adalah program perangkat lunak berbahaya yang menyebar dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui jaringan komputer. Jika ada perangkat mu yang terinfeksi oleh worm internet atau malware lain, mereka mungkin secara spontan menghasilkan lalu lintas jaringan tanpa sepengetahuan mu, dan menyebabkan koneksi internet tampak lambat. Untuk mengatasiya, kamu bisa perbarui perangkat lunak anti-virus untuk menangkap dan menghapus worm dan malware dari perangkat tersebut dan membuat internet ngebut lagi.

12. Hentikan Background Berbandwidth

Selain daro router, penyebab kenapa Wifi lemot bisa jadi dari perangkat seperti komputer atau HP yang kamu gunakan. FYI, beberapa aplikasi atau software dapat menjalankan proses latar belakang yang tersembunyi di balik aplikasi lain atau diminimalkan ke baki sistem, di mana mereka diam-diam mengkonsumsi sumber daya jaringan.

Tidak seperti worm internet, aplikasi ini dirancang untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat dan tidak boleh dihapus dari perangkat. Aplikasi dan software yang berjalan di background tersebut membutuhkan bandwidth yang signifikan dan membatasi bandwidth untuk aplikasi yang sedang kamu gunakan. Cara untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan mebghentikannya.

13. Router & Peralatan Jaringannya

Penyebab kenapa Wifi lemot lainnya adalah ketika salah satu komponen router atau modem rusak atau salah pemasangan. Jadi ketika Wiif tidak mendukung lalu lintas jaringan dengan baik pada kecepatan penuh, itu mungkin karena adanya kesalahan teknis tertentu pada peralatan jaringan dan itu memengaruhi kinerja secara negatif meskipun koneksi masih tetap ada.

Untuk mengatasi masalah peralatan yang berpotensi rusak atau salah pemasangan tersebut, kamu dapat mengatur ulang dan mengkonfigurasi ulang atau menukar kabel sambungan router, lalu mengujinya dan lihat apakah ada yang harus diperbarui, diperbaiki, atau diganti.

14. Perangkat Overtax

Sesekali kamu bisa menjalankan tes kecepatan untuk memeriksa kualitas koneksi internet yang kamu pakai. Tes ini dapat mengungkapkan apakah koneksi keluar komputer lokal mu terganggu atau tidak. Jika kamu mendapatkan hasil yang layak pada tes kecepatan tetapi koneksi komputer terasa lambat, masalahnya mungkin ada di perangkat komputer atau HP mu. Misalnya sesi pengunduhan yang aktif dalam rangka pembaruan perangkat.

FYI, jika perangkat berjalan di atas 80% pemanfaatan yang konsisten untuk memori sistem, input / output disk, atau siklus CPU, komputer mungkin kesulitan untuk mempertahankan kinerja yang optimal. Dan hasilnya adalah perlambatan jaringan, jadi bukan karena jaringan bermasalah, tetapi karena komputer overtax. Jadi cara mengatasinya adalah dengan menghentikan kegiatan lain selama kamu mengerjakan kegiatan utama, intinya operasikan satu per satu ya.
Baca juga:
16 Modem Wifi 4G Murah Terbaik dan Tercepat
10 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android Biar Ngebut
7 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Nyala atau Hidup (UPDATED)

15. Hubungi Penyedia Layanan Internet


Penyebab Kenapa Wifi Lemot dan Cara Mengatasinya

Kecepatan internet pada akhirnya tergantung pada penyedia layanan yang kamu gunakan. ISP mu dapat mengubah konfigurasi jaringannya atau mengalami kesulitan teknis yang secara tidak sengaja menyebabkan koneksi internet jadi berjalan lambat. ISP juga dapat dengan sengaja memasang filter atau kontrol pada jaringan yang menurunkan kinerja jaringan mu. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan internet yang kamu pakai, jika kamu menduga ISP bertanggung jawab atas koneksi internet yang lambat.


Demikianlah beberapa penyebab kenapa Wifi lemot dan cara mengatasinya. Semoga panduan diatas dapat berhasil membuat wifi kamu jadi tidak lemot lagi ya gengs. Sekedar mengingatkan saja, hal terpenting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kecepatan internet yang baik adalah, tempat kamu terkoneksi dan provider penyedia layanan internet yang kamu gunakan. Selamat berpuasa … 