search-button

Sep 10, 2019

8 Penyebab HP Panas Saat di Cas dan Kenapa Malah Berkurang?

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Sebetulnya apa sih penyebab hp panas saat di cas? Trus bagaimana cara mengatasi biar baterai smartphpone kita tetap adem, awet, dingin dan tidak boros. Kamu semua pasti pernah mengalami hp panas saat dicas maupun saat digunakan bermain game. OK jadi kali ini saya bakal bahas secara mendalam lagi.

Saat ini smartphone merupakan salah satu alat yang hampir dimiliki oleh semua orang. Dengan segala kelebihan yang dimiliki tetap yang namanya sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah dengan demikian maka pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai penyebab hp panas saat dicas. Informasi kali ini akan membantu semuanya yang memiliki keluhan smartphonenya panas ketika di cas. Berikut uraian lengkapnya.
Penyebab HP Panas Saat di Cas

Penyebab Smartphone Panas Saat Di Cas

1. Tidak Menggunakan Charger Original

Penyebab pertama smartphone panas saat dicas adalah tidak menggunakan charger original ketika melakukan pengisian batrei. Perlu diketahui bahwa setiap smartphone memiliki jenis charger masing-masing. Sehingga bisa jadi ukuran ampere yang digunakan lebih besar. Dengan ukuran ampere yang lebih besar maka smartphone tidak kuat dan akhirnya smartphone yang kamu miliki cepat panas.

2. Adanya Virus

Virus atau malware biasanya menjadi salah satu penyebab hp panas saat dicas terlebih bila kita terkoneksi ke internet. Malware biasanya lebih suka “beraksi” jika smartphone kita sedang online yang secara langsung memberikan dampak yang berat pada RAM dan menyebabkan smartphone kamu jadi cepat panas dan boros.

3. Menggunakan Android Saat Dicas

Hal kedua ini sering diabaikan oleh sebagian banyak orang. Perlu kamu ketahui bahwa menggunakan smartphone ketika dicas akan menjadi penyebab smartphone panas ketika dicas. Kita sering menggunakan smartphone ketika dicas dengan chattingan bahkan internetan. Hal ini sering kita abaikan karena kita merasa enjoy dan nyaman saja sehingga kita lupa bahwa smartphone kita sedang dicas. Akibatnya smartphone menjadi panas.

Untuk itu kamu jangan lengah menggunakan smartphone, ketika di charger silahkan kamu letakkan sebentar kemudian setelah penuh silahkan gunakan kembali. Hal ini juga untuk menjaga smartphone agar selalu dalam kondisi optimal.

4. Baterai Rusak

Baterai memiliki daya kapasitas yang berbeda di setiap seri atau type smartphone. Setiap tasking yang kita lakukan terutama selama berjam-jam akan menurunkan daya baterai dengan cepat. Misalnya saaat main game online. Maka biasya para gamer mengecas smartphone sembari bermain game yang justru menjadi penyebab hp cepat panas. Hindari kebiasaan buruk semacam ini.

5. Adanya Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Terkadang kita lupa untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakangi ketika smartphone sedang dicas. Nah perlu kamu ketahui bersama bahwa ternyata tidak menutup aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang merupakan salah satu penyebab smartphone kita menjadi panas. Hal ini dikarenakan fungsi multitasking terganggu sehingga smartphone menjadi cepat panas ketika dicas.
Baca Juga :
10 Cara Mengatasi Baterai di Charge Malah Berkurang Tidak Bisa Penuh
12 Cara Jitu Mengatasi Android Cepat Panas
10 Penyebab dan Cara Agar Android Tidak Boros Baterai

6. Spesifikasi

Spesifikasi smartphone ternyata memberikan pengaruh yang signifikan dan bisa menjadi penyebab baterai cepat panas saat dicas. Misalnya jika kamu sedang melakukan berbagai multi tasking online maka semakin banyak pula RAM digunakan. Alangkah baiknya untuk mengatasi baterai cepat panas ini sebaiknya jangan melakukan tasking berat saat smartphone sedang di charge.

7. Banyak Notifikasi yang Masuk

Perlu kamu ketahui semua bahwa banyaknya notifikasi yang masuk dapat menyebabkan ponsel yang kamu miliki. Beragam notifikasi masuk seperti notifikasi WA, BBM serta beragam notifikasi lainnya. Dengan banyaknya notifikasi yang masuk maka dapat membuat smartphone kamu menjadi panas. Sebaiknya ketika di cas lebih baik kamu menonaktifkan segala notifikasi yang masuk.

8. Sulit Mendapatkan Sinyal

Semakin sulit smartphone mendapatkan jaringan terutama sinyal 4G dari operator selluler, maka semakin cepat pula hp kita mengambil daya dari baterai. Salah satu cara mengatasi hp panas saat di cas alangkah baiknya dimatikan hingga benar-benar terisi 100%.

Nah itulah beberapa penyebab smartphone panas saat dicas yang bisa dijadikan referensi ketika sedang melakukan pengisian baterai baik itu pada hp xiaomi, hp samsung, hp oppo, hp vivo, hp advan dan merk lainnya. Semoga melalui informasi ini bisa lebih menjaga smartphone ketika sedang diisi baterai.