search-button

Sep 23, 2019

10 Cara Mengatasi Telkomsel Lemot Agar Internet Cepat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini gengs cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat lagi. Di dunia digital ini setiap pekerjaan baik pembayaran tagihan, pengisian ulang, belanja, komunikasi, hiburan, dan lainnya, coba dilakukan secara online oleh mayoritas orang. Untuk melakukan semua itu, kebutuhan yang paling penting dan mendasar adalah Internet. Internet adalah jaringan yang luas dan membantu dalam melakukan begitu banyak tugas, sehingga kecepatan internet sangat penting.


Salah satu penyedia jaringan untuk terhubung ke internet yang banyak digunakan adalah Telkomsel. Meski dikenal dengan kecepatannya, Telkomsel juga kerap mengalami yang namanya lemot. Tentu ini mengganggu, seperti ketika membayar tagihan yang harus menggunakan OTP. Tetapi karena internet yang lambat, OTP tersebut malah kedaluwarsa dan kamu tidak dapat membayar tagihan. Karena itu, kami telah membuat panduan cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat berikuti ini.

Cara Mengatasi Telkomsel Lemot Agar Internet Cepat

Cara Mengatasi Telkomsel Lemot Agar Internet Cepat


1. Restart HP

Kenapa telkomsel lemot hari ini? mungkin masalahnya bukan di Telkomsel, ada kemungkinan itu terjadi karena ada sedikit masalah pada perangkat yang kamu gunakan. Jadi, cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat lagi karena masalah pada perangkat adalah dengan me-restart perangkat atau HP mu. Cara ini sederhana tetapi sering berhasil, terutama jika kamu belum mematikannya untuk sementara waktu, memulai ulang HP akan memperbaiki kecepatan data seluler yang lambat.

2. Ubah Lokasi

Ketika sinyal Telkomsel hilang dan membuat internetan jadi lemot, maka cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat lagi ubah lokasi. Banyak faktor yang dapat memengaruhi koneksi data, ini termasuk cuaca, kemacetan jaringan, dan bahkan aktivitas matahari tetapi yang paling berpengaruh adalah geografi dan bangunan. Coba pindah ke tempat lain, kamu mungkin harus meninggalkan gedung tempat kamu berada.

3. Hentikan Aplikasi Penyedot Bandwidth

Cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat selanjutnya adalah dengan menghentikan aplikasi – aplikasi yang berjalan di background dan menghabiskan bandwidht. Layanan sinkronisasi file seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive mungkin berjalan dan memindahkan data di latar belakang, yang dapat menghabiskan bandwidth dan memperlambat koneksi internet. Jadi, silahkan hentikan aplikasi – aplikasi tersebut dengan memilih opsi Force Stop pada setiap aplikasi.

4. Nonaktifkan Akses Aplikasi ke Koneksi Data

Terkadang aplikasi yang bermasalah dapat membuat jaringan telkomsel lemot di Android. Dalam kasus seperti itu, cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat adalah dengan melakukan sedikit investigasi untuk melihat jika ada sesuatu yang salah dengan salah satu aplikasi yang ada. Setelah itu kamu dapat menonaktifkan akses aplikasi tersebut ke koneksi data dengan mengakses Pengaturan > Jaringan & internet > Jaringan seluler > Penggunaan data > Aplikasi, lalu geser slider Data latar belakang.

5. Perbarui Aplikasi

Jika cara mempercepat internet Telkomsel lemot diatas tidak bekerja, ada cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat lainnya yang bisa kamu coba. Kamu harus memeriksa pembaruan aplikasi, karena pengembang aplikasi menerbitkan pembaruan untuk mengatasi bug seperti lemot ini, setiap saat. Jadi untuk mengatasinya, kamu harus membuka App Store atau Google Play dan mengunduh perbaikan dalam pembaruan.

6. Putuskan Koneksi Dari VPN

Ketika jaringan Telkomsel lemot di Android, salah satu cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat adalah dengan memutuskan koneksi dari VPN. VPN memberikan anonimitas dan privasi, tetapi juga dapat memperlambat kecepatan saat menggunakan server jarak jauh. Dengan demikian, jika HP mu terhubung ke VPN, silahkan putuskan sambungan dan coba lagi. Kemungkinannya adalah, kamu akan melihat peningkatan langsung segera setelah itu. Jika tidak, lanjut ke cara selanjutnya.

7. Periksa Kemungkinan Jaringan Down

Terkadang apapun cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP Android yang kamu lakukan, tidak akan berhasil ketika internet lemot yang kamu alami disebabkan karena jaringan dari Telkomsel - nya yang down. Fase down dapat terjadi setiap saat, dan ini sering menyebabkan penurunan kecepatan atau bahkan koneksi terputus. Jadi, cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat karena ini adalah menunggu sampai jaringan pulih kembali.

8. Optimalkan Browser

Untuk memecahkan masalah internet dengan cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat ini bisa memakan waktu dan jika kamu sangat perlu untuk browsing, kamu bisa mengoptimalkan browser yang kamu kunjungi. Coba browser penghematan data seperti Opera Mini, atau cari fitur seperti Opera Turbo atau Mode Lite Chrome khusus Android. Kamu juga dapat menggunakan versi situs web yang dioptimalkan untuk seluler alih-alih tampilan desktop yang berat.

9. Atur Ulang APN

Untuk yang masih bertanya kenapa Telkomsel lemot 2019, jawabannya adalah mungkin karena pengaturan APN di HP mu untuk Telkomsel tidak benar. Jadi, silahkan buka menu Pengaturan > Lainnya > Jaringan Seluler > Setelan Jaringan > Pilih SIM Telkomsel > Nama Titik Akses, setelah itu pilih menu bertanda plus lalu pilih Edit Titik Akses. Terakhir tinggal isikan setting APN super cepat Telkomsel terbaru dan sesuai dengan paket yang kamu gunakan.
Baca juga:
Cara Tukar Poin Telkomsel ke Paket Internet (3 Langkah)
Cara Mengaktifkan 4G Telkomsel di Android
3 Cara Cek Saldo E-toll di HP Tanpa NFC

10. Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat selanjutnya adalah dengan menyetel ulang pengaturan jaringan HP mu. Untuk mengatur ulang pengaturan jaringan pada iPhone, buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Setel Ulang Pengaturan Jaringan, setelah itu masukan kode telepon jika kamu memilikinya, lalu penyetelan ulang akan dimulai. Pada HP Android, buka Pengaturan > Sistem > Opsi atur ulang > Setel ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth.


Perlu diketahui gengs! untuk pengguna paket unlimited, jika kamu melewati batas besar kuota yang ditetapkan oleh Telkomsel, maka Telkomsel biasanya akan memperlambat koneksi. Dan perlambatan tersebut tidak bisa dipercepat oleh kebanyakan cara – cara diatas, tho mungkin kamu bisa mengakalinya dengan  cara nomor delapan atau dengan menggunakan jaringan Wi-Fi yang ada disekitar mu. Ok, demikianlah panduan cara mengatasi Telkomsel lemot agar internet cepat ini. Good luck !