search-button

Aug 20, 2019

20 Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah daftar perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus disiapkan sebelum keberangkatan. Oke ladies, perjalanan pendakian tinggal beberapa hari lagi. Tapi apa kamu sudah tau apa saja yang harus dikemas ? tidak tau ? jangan panik ! kami di sini untuk membantu kamu untuk mempersiapkan semua perlengkapan dari yang paling penting hingga sepele yang mungkin kamu butuhkan nanti.


Perlu kamu perhatikan ladies, semua perlengkapan pendakian harus diusahakan untuk tidak terlalu berat dan memakan ruang. Apalagi jika kamu berencana untuk melakukan pendakian selama berhari – hari. Well ladies, karena itu kami telah memutuskan untuk mendasarkan daftar perlengkapan mendaki gunung untuk wanita ini pada perjalanan pendakian untuk beberapa hari. Jika kamu melakukan pendakian untuk waktu yang lebih pendek atau lebih lama, silahkan sesuaikan jumlahnya ya !

Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita

Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita


1. Kaos Hiking

Perlengkapan naik gunung  pertama di daftar perlengkapan mendaki gunung untuk wanita ini adalah kaos hiking. Kamu pasti akan berkeringat di beberapa titik di perjalanan. Karena itu, memiliki membawa kaus sangat penting. Bahan kaus harus high-wicking yang ringan dan memungkinkan kulit untuk bernafas. Hindari bahan cotton/kapas, agar tidak mudah bau. Kami sarankan untuk membawa jenis kaus tergantung pada suhu dan musim, dan juga sesuaikan dengan style mu.

2. Celana Pendek / Celana Trekking

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita selanjutnya yang harus dibawa adalah celana, celana tersebut haruslah cepat kering. Kamu mungkin akan membutuhkan dua untuk perjalanan selama beberapa hari. Untuk yang tidak berhijab, kami sarankan menggunakan celana yang dapat dikonversi, artinya mereka dapat di-zip setengah untuk jadi celana pendek. Ini akan menghemat uang untuk membeli celana pendek secara terpisah.

3. Pakaian Dalam Breathable

Ini adalah perlengkapan mendaki gunung untuk wanita pemula, ya, kadang – kadang mereka lupa tentang ini. Pastikan pakaian dalam yang kamu pakai nanti dan yang akan kamu bawa berbahan wol merino 100%, sejauh ini bahan inilah yang paling nyaman. Sedikit tip, bawalah slimline cotton panty liners. Untuk jumlahnya silahkan sesuaikan dengan lamanya kamu akan mendaki, jika hanya satu hari, kami kira ini bisa tidak dibawa.

4. Pakaian Cuaca Dingin

Terlepas dari di mana kamu trekking dan style naik gunung wanita berhijab apapun yang kamu kenakan, kamu harus memakai pakaian berlapis. Pola cuaca dapat berubah dalam sekejap mata dan saat kamu naik dan turun di ketinggian, suhu juga kemungkinan akan naik turun. Ini berlaku terutama di musim dingin ketika suhu sering mencapai posisi ekstrim. Kami rekomendasikan untuk memakai tiga lapis pakaian mendaki apalagi di lingkungan yang dingin.

5. Pakaian Hujan


Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita

Jika kamu melakukan pendakian di musim hujan, kamu akan membutuhkan sesuatu yang melindungi seluruh tubuh mu dari hujan ! jadi, perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus dibawa selanjutnya adalah pakaian hujan dalam hal ini berarti jas hujan. Ada beberapa jenis, kami menyarankan jas hujan jenis ponco. Ini dapat disimpan dan dikemas dalam kantong tas yang sangat kecil. Kamu juga bisa membawa jas hujan, atau jaket hujan atletik yang lebih ringkas untuk perkiraan hujan kecil.

6. Sepatu Hiking Untuk Wanita

Ini adalah perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang paling penting, sepatu. Kami rekomendasikan sepatu mendaki gunung wanita dari Salomon, memang harga salah satu harga peralatan mendaki gunung ini mahal tapi mereka menyediakan Hiking Boots yang solid. Tapi jika terlalu mahal, kamu juga bisa menggunakan dari merk lain yang penting ukurannya tepat (tidak terlalu kencang atau longgar), tidak terlalu berat, memiliki lug dalam pada sol dan pastikan kedap air.

7. Sandal Trekking Untuk Wanita

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita selanjutnya adalah sandal trekking. Sepatu hiking memang sangat bagus untuk perjalanan tetapi ketika kamu tiba di perkemahan, kamu akan menginginkan sesuatu yang sedikit lebih ringan dan nyaman untuk dipakai. Kami menyarankan kamu untuk membawa sepasang sandal trekking yang tahan lama atau sepatu trekking ringan dasar. Yups, untuk hari-hari ketika kamu ingin kaki mu bernapas sedikit, pilih sandal trekking yang tahan lama.

8. Kaus Kaki Trekking

Kaus kaki hiking adalah suatu keharusan, ya ! bukan hanya perlengkapan mendaki gunung untuk wanita tapi juga untuk semua. Inga, jangan yang berbahan cotton/kapas! Pilihlah kaus kaki termal jika kamu berada di jalur yang lebih dingin, dengan bahan smartwool ini akan hangat dan nyaman. Atau pilihlah kaus kaki tahan air, jika kamu akan berencana pergi selama musim hujan, menjaga kaki tetap kering adalah penting.

9. Pelindung kaki/ Gaiters

Pelindung kaki/ Gaiters adalah salah satu perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus dibawa, ini sangat bagus dalam melindungi betis mu sampai ke sepatu bot dari hujan, lumpur dan debu. Ada banyak pelindung kaki di luar sana di pasaran tetapi hampir semua memiliki fungsi yang sama persis, oleh karena itu, kami sarankan untuk membeli pelindung kaki kelas menengah, seperti Outdoor Research Rocky Mountain High Gaiters for Women atau dari merk lainnya.

10. Sarung Tangan


Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita

Menjaga agar semua ekstremitas mu hangat selama pendakian sangat penting dan ini tentu saja berlaku untuk para ladies. Bahkan di iklim yang lebih panas, sarung tangan masih dibutuhkan di malam hari dan selama musim dingin. Yang kamu butuhkan adalah sarung tangan luar yang tahan lama, hangat dan tahan air. Juga sarung tangan bagian dalam yang breathable dan cepat kering. Bahan bulu yang ringan sangat penting untuk ini.

11. Tongkat Trekking

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita mungkin tidak terlihat begitu penting, tetapi satu set tiang trekking yang baik akan sangat bagus mengurangi tekanan pada sendi mu, terutama ketika turun. Para peneliti percaya bahwa tongkat trekking mengambil 20% dari tekanan pada persendian mu ! Saat membeli, carilah tongkat yang ringan dan mudah disetel. Black Diamond Alpine Carbon Cork trekking dianggap sebagai yang terbaik untuk wanita dan pria, but kamu bisa menggunakan merk lain juga.

12. Topi Matahari/Kerudung

Ke mana pun kamu pergi, matahari hampir pasti akan muncul. Karena itu, kamu perlu melindungi kepala dan wajah dari panas matahari. Ini sangat penting dalam iklim panas di mana matahari dapat menjadi sangat panas. Topi atau kerudung mu harus ringan, breathable dan mudah dilipat dan dikemas. Sebagai wanita berhijab kamu juga bisa membawa keduanya dan mengenakan keduanya sebagai pakaian pendaki wanita berhijab jika ingin.

13. Beanie/Head Band

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus kamu bawa selanjutnya adalah beanie atau head band atau yang sering kita sebut kupluk. Beanies sangat bagus untuk pendakian ke ketinggian atau pendakian pada saat cuaca dingin. Head band ini juga bisa berguna di malam hari jika kantong tidur kamu tidak cukup membuat kepala mu tetap hangat. North Face dan Berghaus membuat beanies dan head band yang luar biasa, tapi kamu juga bisa menggunakan kupluk biasa juga.

14. Kacamata Trekking

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita ini sering diabaikan tapi ladies kamu perlu tau, bahwa intensitas UV sering sangat tinggi saat trekking, terutama di dataran tinggi. Kami menyarankan kamu untuk membawa sepasang kacamata pelindung UV 100%. Merek terkemuka dalam kacamata trekking adalah Julbo, tetapi kamu dapat mencari merek kacamata hitam bagus lainnya. Model Vermont, Blackfin atau Oakley juga merupakan pilihan bagus.

15. Headlamp


Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita

Trekking di malam hari harus dihindari karena pijakan berbahaya, namun, kadang-kadang itu tidak dapat membantu seperti saat malam puncak di gunung. Untuk menghindari kecelakaan, pilihan terbaik untuk trekker adalah headlamp. Headlamp tidak hanya berguna saat trekking, tetapi juga bagus untuk berkeliling di malam hari, terutama untuk pergi buang air di tengah malam. So, headlamp adalah rekomendasi perlengkapan mendaki gunung untuk wanita selanjutnya dalam daftar ini.

16. Kantung tidur

Kantong tidur merupakan salah satu perlengkapan mendaki gunung untuk wanita sangat penting. Trek gunung sering dingin di malam hari dan tetap hangat itu sangat penting. Kecuali trekking di iklim yang sangat hangat, belilah SB dengan isian bulu bebek atau angsa. Namun, ini lebih mahal daripada kantong tidur sintetis. Jika kamu memilih opsi sintetis, pastikan ia memiliki peringkat kehangatan yang cukup tinggi. Kantong tidur dengan ritsleting dua arah juga akan menambah insulasi yang lebih besar.

17. Bantal Inflatable Dan Ear Plugs

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang kamu butuhkan setelah mendaki seharian adalah ketenangan di malam hari dan terhindar dari kebisingan pendaki lain dan suara-suara lain di luar sana. Karena itu, kami sangat menyarankan membawa satu set ear plugs atau penyumbat telinga untuk tidur yang nyaman. Jika kamu benar-benar butuh kenyamanan ekstra, kamu bisa membawa bantal tiup untuk trekking. Namun, ini akan mengurangi ruang di tas mu, bahkan ketika kempis dan terlipat.

18. Tas dan Rain Cover

Jika kamu berencana melakukan trekking dengan agen, maka pilihan terbaik adalah membawa duffel bag berukuran besar yang dibuat dari bahan laminasi dan tahan air. Kami sarankan tas ransel 60-90L. Jika kamu trekking tanpa agensi, maka kamu perlu tas yang pas di punggung seperti ransel 50-65L. Jika kamu memiliki porter yang membawa barang-barang mu, bawalah daypack kecil. Jangan lupa penutup hujan untuk tas ransel mu yang mudah dibawa pergi dan pastikan untuk membeli yang cocok!

19. Kantong Kering/Dry Bag

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita selanjutnya adalah dry bag atau kantong kering. Sama seperti kamu mungkin membutuhkan kaus kaki tahan air, membawa kantong kering atau dry bag kecil bukanlah ide yang buruk ketika melakukan petualangan hiking. Kantong kering adalah cara yang baik untuk menjaga barang-barang berharga tetap kering dan aman di dalam tas. Kamu juga bisa menggunakan kantong plastik sampah sebagai opsi hemat.
Baca juga:
20 Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula
10 Tips Belanja Online di Lazada Aman dan Cermat
15 Lensa Kamera HP Tambahan Terbaik 2019

20. Perlengkapan Toilet


Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita

Harap ingat untuk membawa perlengkapan mendaki gunung untuk wanita ini seperti deodoran, sikat gigi, pasta gigi, dan pembalut untuk jaga - jaga. Ingatlah selalu untuk menggunakan air murni untuk menggosok gigi! Kami menyarankan juga untuk membawa setidaknya dua gulungan kertas toilet. Ini biasanya dapat dibeli di dekat lokasi start pendakian mu, namun, tidak ada jaminan kualitas. Jadi lebih baik persiapkan semua dari rumah.


Sebenarnya masih ada banyak lagi perlengkapan mendaki gunung untuk wanita yang harus dibawa, termasuk hydration pack, handuk kecil, waterproof zip bags, gembok kecil, P3K standar, obat – obatan pribadi, shewee, pisau lipat, sunscreen, lipbalm, hand sanitiser, dan tisu basah. Tapi kami khawatir artikel ini terlalu panjang, jadi kami cukupkan di 20 perlengkapan mendaki gunung untuk wanita seperti diatas. Happy hiking !