search-button

Aug 19, 2019

20 Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah peralatan - peralatan mendaki gunung bagi pemula yang harus dibawa. Hiking atau mendaki gunung adalah kegiatan yang sangat baik, studi menunjukkan bahwa mendaki gunung menawarkan banyak manfaat fisik dan mental. Dari mengurangi kecemasan hingga mencegah osteoporosis, hiking adalah kegiatan di luar ruangan yang memberikan manfaat bagi tubuh dengan bonus pemandangan dan kesenangan.

Tidak seperti berjalan di treadmill atau jalan beraspal, hiking melibatkan lebih banyak track, terkadang para pendaki mendapati trak atau jenis jalur yang tidak terduga. Tentu saja, hal tersebut adalah bagian dari apa yang membuatnya sangat menyenangkan dan seru ! yakan ! bagi kamu yang baru dalam kegiatan ini, kamu harus tahu bahwa ada banyak sekali peralatan yang kamu butuhkan. Berikut adalah daftar peralatan mendaki gunung bagi pemula yang harus kamu persiapkan sebelum mendaki.

Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula

Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula


1. Tenda

Peralatan mendaki gunung bagi pemula yang harus dibawa pertama adalah tenda. Tenda bukan hanya perlengkapan naik gunung untuk wanita pemula tetapi untuk semua baik wanita maupun pria. Rencanakan untuk satu tenda untuk dua orang, karena ini berbobot lebih rendah dan lebih ekonomis daripada tenda untuk satu orang. Bawalah tenda dengan peringkat tiga musim atau tenda yang bisa dipakai atau cocok untuk berbagai musim dan cuaca.

2. Ransel

Peralatan mendaki gunung bagi pemula yang harus dibawa selanjutnya adalah ransel. Jika kamu berencana menggunakan ransel pinjaman, cobalah terlebih dahulu untuk memastikannya pas. Isi dengan barang hingga sekitar 10 Kg lalu tes. Jika nyaman di pinggul dan di bahu, kemungkinan ransel tersebut baik untuk pendakian pertama mu ini. Jika kamu akan membeli ransel, mintalah spesialis mengukur tubuh mu sehingga mereka bisa menyarankan yang pas. Jangan tergoda model ultralight !

3. Kantong tidur

Peralatan mendaki gunung bagi pemula yang kami sarankan selanjutnya adalah kantong tidur atau sleeping bag atau yang sering para pendaki sebut SB. Jika kamu memutuskan untuk membeli SB, pertimbangkan pro dan kontra dari bahannya isiannya, terutama dalam hal kondisi cuaca yang mungkin kamu temui. Untuk SB pertama mu, sintetis adalah pilihan yang baik karena serbaguna dan umumnya lebih terjangkau daripada down fill.

4. Alas tidur

Alas tidur adalah peralatan mendaki gunung pemula yang sangat penting. Jika kamu akan membeli alas tidur, pertimbangkanlah manfaat dari setiap jenis alas tidur yang ada. Jika kamu termasuk seseorang yang dapat tidur nyenyak di permukaan yang sangat keras, maka alas tidur jenis closed-cell pilihan yang tepat juga dapat menghemat uang dan ringan. Dan jika kamu harus tidur dengan kenyamanan, pilihlah pad atau alas tidur jenis self-inflating yang menggembung sendiri.

5. Kompor


Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula

Kompor adalah salah satu peralatan yang harus dibawa saat naik gunung untuk pemula. Jika kamu memiliki kompor kamp pembakar tunggal yang beratnya kurang dari ½ Kg, itu bisa jadi pilihan yang baik. Jika kamu memilih untuk membeli, pertimbangkan jenis bahan bakarnya terlebih dahulu. Banyak pemula yang menggunakan kompor tabung gas karena harganya terjangkau dan mudah digunakan. Dan pastikan juga untuk membawa tabung gas-nya.

6. Filter Air

Perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung selanjutnya adalah filter air, fyi ! bahkan sumber air yang tampak murni dapat menyembunyikan hal-hal yang tidak seharunya kamu minum. Jadi adalah bijaksana untuk mengolah semua air yang kamu gunakan dari alam liar. Kamu dapat menggunakan alat filter air atau opsi ultralight dan sederhana yang kami sarankan untuk pemula, yaitu tablet atau tetes untuk memurnikan air.

7. Peralatan Memasak

Hemat uang mu dengan menggunakan peralatan berkemah atau barang second dari toko barang bekas lokal atau dapur rumah mu sendiri, karena harga peralatan mendaki gunung itu lumayan. Bawalah panci, wajan, piring, cangkir, dan sendok  sehingga kamu bisa memasak dan makan setiap makanan yang kamu buat. Bawalah spons kecil dan sabun yang bisa terbiodegradasi untuk mencuci piring (jauh dari kamp dan sumber air). Handuk mungil juga akan sangat berguna.

8. Peralatan Pertolongan Pertama

Peralatan pertolongan pertama adalah perlengkapan naik gunung gede dan semua gunung lainnya yang wajib dibawa. Kami sarankan untuk membeli paket P3K prebuilt, jadi kamu tidak perlu membeli satu per satu peralatan pertolongan pertama. Peralatan pertolongan pertama atau yang sering disebut adventure medical kits memiliki beragam pilihan yang harus kamu teliti berdasarkan kebutuhan pribadi mu sendiri. Yups ! yang terpenting adalah medical untuk pribadi.

9. Botol Minum

Peralatan mendaki gunung bagi pemula selanjutnya adalah botol minum, yup ! meski kedengarannya sepele, botol minum tidak boleh ketinggalan gengs ! Kami sarankan untuk membawa atau menggunakan botol berkapasitas 1 liter sebagai wadah air untuk bepergian. Pilih botol dengan desain yang ramping agar membuatnya pas di saku samping ransel mu. Pilih juga botol yang sangat ringan dan jangan tergiur dengan botol mahal padahal kualitasnya sama dengan botol dengan harga yang standar.

10. Sepatu


Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula


Ini adalah perlengkapan muncak wanita dan pria yang  banyak fokus di dunia perlengkapan hiking, tetapi sebagai backpacker pemula, kamu bisa saja pergi mendaki dengan sepasang sepatu lari yang nyaman yang sudah kamu miliki di lemari. Dr. Paul Langer, mantan presiden American Academy of Sports Podiatry, mengatakan tidak masalah menggunakan sepatu lari atau day hikers selama kamu tidak memiliki masalah kronis dengan kaki atau pergelangan kaki mu.

11. Kaus Kaki

Peralatan mendaki gunung bagi pemula selanjutnya adalah kaus kaki, well ! kamu tidak harus berhemat pada kaus kaki. Sepasang kaus kaki wol yang tahan kelembapan, meringankan bau, dan tahan lama benar-benar dapat menjadi kunci pas untuk kenyamanan kaki mu. Kaos kaki yang baik untuk mendaki haruslah membantu mencegah lepuh terbentuk, menjaga kaki hangat dan tidak bau sehingga pasangan mu tidak akan terganggu karena mengenakannya untuk tidur.

12. Trekking Poles/Tongkat Trekking

Peralatan mendaki gunung bagi pemula ini merupakan perlengkapan mendaki gunung untuk wanita, karena berdasarkan pengalaman wanita lebih mudah lelah. Tongkat trekking akan sangat membantu melewati medan yang sulit dan menghilangkan tekanan dari lutut. Tongkat dengan sistem quick locks bukan tipe twist adalah pegangan yang paling andal dan membantu menghindari lepuh. Ini adalah barang yang bisa diganti dengan tongkat buatan sendiri.

13. Pee Cloth dan Pee Funnel

Untuk wanita yang ingin buang air kecil sedikit merepotkan memang, pertimbangkan untuk menggunakan corong kencing. Kamu bisa memasangkan corong kencing dengan Pee Cloth atau kain kencing, dan pastikan itu saniter. Ucapkan selamat tinggal pada menyeret-nyeret kertas toilet pada perjalanan backpacking mu berikutnya dan sapalah cara ramah lingkungan yang bebas repot untuk buang air kecil di luar!

14. Bantal Berkemah

Peralatan mendaki gunung bagi pemula yang satu ini tergolong perlengkapan yang cukup mewah. Tapi jika kamu termasuk yang sulit tidur tanpa kenyamanan, apalagi ini adalah pendakian pertama mu, membawah bantal berkemah tidak ada salahnya. Kemewahan kecil bagus ini akan menjadi tempat yang nyaman untuk mengistirahatkan kepala mu. Setelah beberapa kali pendakian, kamu mungkin akan segera terbiasa tidur tanpa bantal.

15. Camilan


Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula

Bawalah camilan kecil dan sedikit makan untuk menjaga tingkat energi dan konsentrasi kamu. Makanan berkalori tinggi sama dengan berat badan rendah tetapi itu tidak berarti kamu hanya harus makan gula! Kacang dan campuran trail adalah pilihan yang baik. Kamu juga bisa membawa makan siang yang lebih berat dalam perjalanan yang lebih lama, dan nikmatilah pemandangan saat kamu beristirahat dengan makan siang mu.

16. Kompas dan Peta

Peralatan mendaki gunung bagi pemula yang harus dibawa selanjutnya adalah kompas dan peta. Saat pertama kali memulai pendakian, kamu harus memilih jalur yang ditandai dengan baik dan mudah dinavigasi. Pelajarilah dasar-dasar navigasi dan tingkatkan keterampilan navigasi mu sambil jalan. Keterampilan kompas dan peta dasar merupakan bagian dari ini, tetapi ada juga banyak hal yang harus dipelajari sebelum kamu mulai menggunakan kompas dan peta.

17. Kantong Sampah

Peralatan mendaki gunung bagi pemula yang wajib dibawa selanjutnya adalah kantong sampah. Jangan pernah menjadi oang yg membuang sampah sembarangan, setiap benda yang kamu bawa naik harus kamu bawa turun juga (ya kecuali makanan dan air). Masukan setiap sampah yang kamu hasilkan ke dalam kantong sampah yang kamu bawa, jikapun kamu menemukan sampah orang lain, tak ada salahnya untuk memungutnya juga.

18. Pisau Lipat

Pisau lipat adalah peralatan mendaki gunung bagi pemula selanjutnya yang harus dibawa, karena pisau selalu berguna dalam perjalanan mendaki. Pilihlah pisau yang multi fungsi, seperti pisau lipat yang dilengkapi lampu LED, starter api, pemotong sabuk pengaman, dan pemutus kaca (mudah-mudahan kamu tidak akan membutuhkan dua yang terakhir). Pilih juga pisau lipat yang tidak terlalu berat untuk dibawa – bawa.

19. Headlamp

Peralatan mendaki gunung bagi pemula selanjutnya adalah headlamp yang akan sangat berguna ketika kamu melakukan pendakian pada kondisi kurang cahaya atau berkabut, untuk hiking malam hari, memasak makan malam, atau membaca di dalam tenda mu. Pilihlah headlamp yang tahan air, kuat, yang dapat menyesuaikan sudut dan pencahayaan. Ada beberapa jenis headlamp, ada yang bisa diisi ulang dayanya dan ada pula yang menggunakan baterai ganti.
Baca juga:
5 Peralatan Membuat Vlog Youtube Ini Wajib Kamu Persiapkan
15 Power Bank Murah 100 Ribuan
15 Aplikasi GPS Android Offline Terbaik dan Gratis

20. Uang Cash


Peralatan Mendaki Gunung Bagi Pemula

Hal terakhir yang harus kamu bawa ketika akan mendaki adalah uang cash, tentu salah satunya adalah untuk biaya pendakian. Selain dari itu, dengan membawa uang cash kamu juga bisa membeli peralatan seperti botol air atau juga mungkin makanan yang tidak terduga kamu tinggalkan. Dengan uang tunai, kamu juga dapat melakukan hal-hal seperti memberikan sumbangan untuk pemeliharaan jejak atau membeli makanan dari sesama pendaki.


Kami harap artikel peralatan mendaki gunung bagi pemula ini, dapat membantu dan membimbing kamu tentang seberapa sedikit yang perlu atau perlu kamu ketahui sebelum memulai pendakian. Sebelum mendaki, pastikan kebugaran kamu dalam tingkat maksimal atau setidaknya tidak sakit. Nah, sekarang kamu sudah mendapatkan saran perlengkapan pendakian pemula yang kamu butuhkan. Ingat ! kamu dapat meminjam dari teman sebelum membeli ! Selamat jalan!