search-button

Jul 1, 2019

5 Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara screenshot panjang di Xiaomi. Well gengs, ada beberapa cara berbeda untuk mengambil tangkapan layar panjang di Xiaomi. Selain menggunakan aplikasi – aplikasi screenshot panjang, kamu juga bisa menggunakan cara original tanpa aplikasi untuk screenshot panjang di Xiaomi.


FYI, Xiaomi akhirnya meluncurkan fitur screenshot panjang atau tangkapan layar gulir baru yang memungkinkan kamu mengambil seluruh halaman sekaligus. Sistem operasi dengan fitur screenshot panjang ini perlahan diluncurkan ke lebih banyak ponsel, dan handset Xiaomi seperti Redmi Note 3 dan lainnya. Back to the topic, disini terdapat beberapa cara screenshot panjang di Xiaomi. Cekidot !

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

Cara Screenshot Panjang di Xiaomi


1. Kombinasi Tombol Daya dan Volume


Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

 Ok, langsung saja posisikan layar kebagian yang ingin kamu screenshot, lalu tekan dan tahan tombol daya dan volume turun secara bersamaan. Tahan selama beberapa detik, sampai terdengar shutter kamera disertai dengan visual pendek yang menunjukkan tangkapan layar diambil. Setelah tangkapan layar diambil, kamu akan melihat animasi di sudut kanan atas yang menunjukkan pratinjau tangkapan layar. Pilih itu, dan kamu akan melihat fitur gulir yang memungkinkan kamu memperluas tangkapan layar. Tekan Gulir, dan sistem akan terus menggulir ke bagian bawah halaman yang ditinggalkannya.

2. Screenshot Join


Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

Cara screenshot panjang di Xiaomi selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Screenshot Join. Cara screenshot menggunakan aplikasi Screenshot Join ini bisa menjadi cara screenshot panjang di Whatsapp juga. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menangkapan layar secara horizontal. Jadi, tinggal download saja aplikasinya di Play Store, lalu tinggal luncurkan aplikasi. Kamu akan melihat slot kosong untuk Gambar 1 dan Gambar 2, disini pilihlah bentuknya (horizontal atau vertikal).

3. LongShot


Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

Cara screenshot panjang di Xiaomi selanjutnya, kita ggunakan aplikasi LongShot. Dengan aplikasi LongShot ini, juga bisa menjadi cara screenshot panjang pada merek ponsel lainnya. Tinggal unduh saja aplikasi LongShot di Play Store, kemudian install di HP mu. Nah untuk cara screenshoot misalnya sebuah halaman web, cukup masukkan URL di aplikasi itu sendiri. Pilihlah titik awal dan akhir untuk tangkapan layar mu. Dan untuk screenshot sesuatu selain halaman web, kamu harus memberikan izin LongShot untuk muncul di atas aplikasi lain.

4. Stitch and Share


Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

Stitch and Share adalah aplikasi sederhana yang akan membuat tombol pintas di layar Xiaomi mu. Setelah menginstallnya, kamu hanya perlu meluncurkan aplikasi ini dan berikan izin yang diperlukan. Ada tiga opsi, termasuk long screenshot. Ketika muncul pop up, silahkan konfirmasi pilihan mu, lalu klik Mulai Sekarang. Kamu akan dibawa ke layar beranda, disana terdapat jalan pintas mengambang di layar kiri.

Buka bagian yang ingin kamu screenshot lalu klik tombol Mulai sekali, setelah itu kamu akan melihat tombol Simpan di sisi kanan layar. Gulir layar sekaligus tapi jangan terlalu cepat, setiap kali kamu menggulir, tombol simpan akan menghilang sebentar. Ini berarti aplikasi berfungsi. Saat muncul kembali, gulir lagi. Ulangi sampai kamu selesai lalu tekan tombol Simpan.
Baca juga:
15 Kelemahan dan Kelebihan HP Xiaomi yang Wajib Diketahui
12 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu 100% Akurat
10 Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi

5. Web Scroll Capture


Cara Screenshot Panjang di Xiaomi

Cara screenshot panjang di Xiaomi yang terakhir ini, kamu akan dibantu dengan aplikasi Web Scroll Capture.  Aplikasi ini setara dengan Long Screenshot di iOS, bedanya ini dapat digunakan untuk banyak merek ponsel termasuk Xiaomi. Web Scroll Capture ini hanya berfungsi pada halaman web, namun apikasi ini memiliki tiga fitur unggulan loh. Yups, kamu dapat menyimpan halaman web sebagai PDF, sebagai gambar, atau mengunduh halaman untuk dilihat secara offline.


Demikianlah cara - cara screenshot panjang di Xiaomi yang bisa kamu gunakan. Silahkan pilih yang paling gampang menurut mu ya, karena cara - cara diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Sekian ! Have a good day !