search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Halo MIUIers, apa kabar ? kami harap manteman baik-baik saja. Hari ini kita akan membahas tentang masalah ponsel Xiaomi di mana tombol Home ponsel pengguna tidak dapat beroperasi atau tidak berfungsi. So, di sini kamu akan menemukan semua kemungkinan solusi atau cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi.


Well, sebelum itu kami ingin menginformasikan bahwa masalah seperti ini dapat terjadi di perangkat mobile Xiaomi apa pun dengan versi MIUI apa pun seperti MIUI 7, MIUI 8 atau MIUI 9. Tapi, seperti yang kami katakan, kamu dapat dengan mudah memecahkan masalah tombol Home ini dengan cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi berikut ini.

Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi


Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi


1. Anti Gores

Pada dasarnya ini untuk melindungi layar dari dampak goresan, karena memang sekarang ini kita membutuhkan tambahan anti gores pada layar smartphone. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa tombol navigasi Home yang kurang responsif juga dapat terjadi karena pemasangan anti gores itu sendiri.

Terlebih lagi apabila anti gores yang terkena debu dan minyak, tentu ini akan sangat mengganggu responsifitas dari tombol navigasi. Cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi karena ini adalah dengan rajin membersihkannya, dan kami sarankan untuk memasang anti gores menutupi layar saja sedangkan untuk tombol navigasi tidak perlu.

2. Periksa Opsi Tombol di Status Bar

Cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan memeriksa apakah opsi tombol aktif atau tidak. Jika kamu mengaktifkan opsi tombol ini maka silakan nonaktifkan opsi ini dan coba lagi tombol Home apakah itu bekerja dengan sempurna atau tidak sekarang.

3. Efek Talk Back

Terkadang masalah ini terjadi karena aplikasi talk back atau komentar balik. Cukup masuk ke Pengaturan > Aplikasi Terinstal > Aplikasi Talk Back > Nonaktifkan Semua Pembaruan. Setelah itu hapus data cache melalui bantuan aplikasi keamanan dan mulai ulang perangkat Xiaomi kamu. Kemudian periksa tombol Home yang tidak berfungsi itu lagi.

4. Opsi Aksesibilitas

Mungkin kamu menghadapi masalah ini karena pengaturan aksesibilitas. Untuk cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi karena ini, tinggal buka saja Pengaturan kemudian buka Pengaturan Tambahan lalu Aksesibilitas. Lalu matikan semua opsi dan lihat apakah tombol Home berfungsi dengan baik.

5. Gunakan Bantuan Aplikasi


Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi

Jika kamu mengalami masalah tombol home tidak berfungsi di HP Xiaomi maka tidak ada salahnya jika kamu menggunakan bantuan aplikasi tombol navigasi Android. Selain untuk mempermudah, aplikasi tombol navigasi Android juga dapat kamu gunakan untuk mengecek kerusakan terjadi pada layar sentuh HP Android atau dari home button itu sendiri.

Kamu dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi seperti virtual softkey, Handy softkey ataupun button savior yang dapat kamu unduh secara gratis dari Play Store HP Android Xiaomi yang kamu miliki. Kekurangan menggunakan ini adalah ukuran layar HP Xiaomi yang kamu miliki akan sedikit berkurang karena ada tombol aplikasi tersebut di layar.

6. Hapus Aplikasi

Tidak dipungkiri setiap pengguna smartphone Xiaomi tentu akan menambah aplikasi pada perangkat Xiaomi yang dimilikinya. Namun perlu untuk kita ketahui, bahwa terdapat beberapa aplikasi yang tidak cocok dengan smartphone Xiaomi yang kamu miliki.

Aplikasi tersebut bisa mengalami crash dan menyebabkan tombol Home jadi error. Jadi, cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi karena ini adalah dengan mencopot aplikasi yang terakhir di pasang kemudian restart xiaomi yang kamu miliki.

7. Unroot dan Kembalikan Stock Rom Original

Penyebab tombol home tidak berfungsi selanjutnya dapat dikarenakan rom yang kamu instal tidak kompatibel dengan tipe HP Xiaomi yang kamu miliki. Hal ini sering kali terjadi pada pengguna xiaomi yang senang melakukan custom rom. So cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi Karena ini adalah dengan melakukan unroot HP Xiaomi lalu kembalikan rom pada bawaan ponsel Xiaomi sebelumnya.

8. Gunakan Opsi Bantuan Sementara

Jika cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi diatas tidak berhasil, kamu juga bisa menggunakan beberapa opsi bantuan sementara yang baik untuk digunakan dalam situasi ini. Bantuan tersebut berupa fitur MIUI Quick Ball, Aplikasi Screen Rotating, atau dengan menggunakan mouse USB melalui kabel OTG sebagai pengganti Navigasi.

9. Fastboot ROM Flash

Jika opsi di atas tidak bekerja maka flash Fastboot ROM mungkin bisa berhasil. Cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi karena ini adalah dengan mengunduh ROM Fastboot yang sesuai untuk perangkat kamu lalu instal alat flash MI. Buka dalam mode fastboot dan flash fastboot ROM di Perangkat Xiaomi kamu.

10. Factory Reset


Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi

Baca juga :
10 Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi Cepat Panas dan Boros (UPDATED)
2 Cara Memperbaiki Fingerprint Xiaomi Error Tidak Berfungsi
10 Tips Trik Cara Menggunakan Xiaomi Redmi Note 4

Tidak dipungkiri apabila penyebab tombol navigasi HP Xiaomi yang kamu miliki tidak aktif berasal dari data dan aplikasi yang mengalami bug dan error, maka factory reset dapat menjadi cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi karena ini. Factory reset dapat terbilang ampuh mengatasi masalah tombol Home yang error dikarenakan dengan menggunakan factory reset ponsel Xiaomi yang akan di reset seperti bawaan pabrik.


Kami sarankan untuk mencoba cara memperbaiki tombol navigasi Home Xiaomi tidak berfungsi diatas secara berurutan. Jika solusi terakhir dari panduan ini tidak berhasil maka itu berarti ada yang salah dengan hardware Xiaomi kamu. Untuk itu, kamu perlu mengganti layar untuk mengatasi masalah ini. Sekian, see you soon !